Selera Humor Bisa Jadi Tameng Penghalau Stres, Ini Alasannya


Orang dengan selera humor lebih kebal terhadap stres. Hal ini didukung fakta ilmiah. sense of humor bisa menjadi tameng pelindung menghadapi pemicu stres dalam kehidupan sehari-hari.

(0)
23 Feb 2021|Azelia Trifiana
Memiliki selera humor yang tinggi akan melindungi Anda dari stresMemiliki selera humor yang tinggi akan melindungi Anda dari stres
Orang dengan selera humor yang baik jauh lebih tangguh melawan stres. Ini fakta. Bisa dibilang, sense of humor bisa menjadi tameng pelindung menghadapi pemicu stres yang akan selalu ada setiap harinya.Untuk memulainya, bisa dengan memasukkan humor dalam tantangan yang dihadapi setiap harinya. Siapa tahu jika sudah terlatih, Anda bisa melihat berbagai hal lewat sudut pandang berbeda.

Manfaat memiliki selera humor

Menyelipkan humor pada setiap aspek kehidupan akan berdampak baik pada kesehatan, baik fisik maupun mental. Apa saja manfaat dari hal ini?

1. Mencegah depresi

Apabila dibuat analogi, selera humor adalah sistem imun untuk pikiran atau mental. Menurut penelitian, orang yang berisiko mengalami depresi bisa terjebak kembali dalam episode depresi apabila ada pemicu negatif. Siklus ini terus berulang.Meski demikian, mengubah sudut pandang dari suatu kejadian negatif dengan menyelipkan rasa humor dapat menjadi penyaring. Ini sangat penting bagi aspek emosional seseorang agar tidak mudah mengalami depresi.

2. Meningkatkan kualitas hidup

Apabila ada hal cuma-cuma yang bisa dilakukan demi meningkatkan kualitas hidup, selera humor adalah resepnya. Menurut penelitian, orang dengan jenis humor tertentu punya kepercayaan diri lebih baik. Ini pun akan meluas hingga ke kompetensi diri dan kemampuan mengendalikan diri agar tidak cemas berlebih.Jenis selera humor yang memiliki manfaat ini di antaranya self-enhancing humor dengan melihat sisi humoris kehidupan hingga affiliative humor yaitu jenis humor yang memperkuat ikatan sosial dengan orang lain.

3. Meningkatkan imun tubuh

Bukan hanya menjadi tameng bagi pikiran, selera humor juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara fisik. Tertawa dapat menyehatkan jantung, menurunkan detak jantung, tekanan darah, hingga membuat otot lebih rileks.

4. Meningkatkan produktivitas

Sebuah studi dari Northeastern University menemukan bahwa partisipan yang menonton tayangan komedi lebih piawai dalam memecahkan teka-teki silang. Ini adalah hasil ketika dibandingkan dengan kelompok yang menonton film horor atau menyimak pelajaran tentang fisika kuantum.Alasannya karena tawa akan mengaktifkan bagian otak yang disebut anterior cingulate cortex. Ini adalah bagian otak yang berperan dalam menjaga fokus hingga pengambilan keputusan.Studi lain juga mengukur performa seseorang ketika melakukan diskusi atau brainstorming. Hasilnya, partisipan yang diminta menulis dengan kalimat bernuansa New Yorker-style 20% lebih kreatif ketimbang yang tidak.

Bisakah dipelajari?

Setiap orang terlahir dengan selera humor, namun belum tentu baik. Setidaknya, ada 4 jenis humor yaitu:
  • Afiliatif: memperkuat ikatan sosial
  • Self-enhancing: memandang hidup lewat sudut pandang humor
  • Agresif: mengolok orang lain
  • Self-defeating: menjadikan diri sendiri sebagai target
Melihat keempat jenis humor itu, jenis yang baik adalah pertama dan kedua. Itu yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Artinya, selera humor pun tidak bisa sembarangan.Untuk mengasah sense of humor dengan tepat, ada langkah yang bisa dilakukan seperti:
  • Tersenyum

Mulailah dengan tersenyum, bahkan yang dipaksakan sekalipun dengan membentuk senyuman di bibir. Ini bisa meningkatkan rasa bahagia karena tubuh mengeluarkan hormon endorfin. Selain itu, tersenyum adalah awal dari tertawa. Ketika bertemu dengan selera humor yang tepat, ini bisa jadi peluntur stres.
  • Berteman dengan orang humoris

Cari dukungan sosial dengan berkumpul bersama orang-orang humoris, mulai dari teman, kerabat, hingga rekan kerja. Bersama mereka, Anda bisa berbagi frustrasi dan tantangan hidup serta menertawakannya. Orang yang tepat adalah ketika Anda berada bersama mereka, mood Anda menjadi lebih baik.
  • Jadikan permainan

Hal-hal kurang beruntung yang terjadi pada Anda hari itu juga bisa menjadi bahan untuk ditertawakan. Contohnya berapa kali Anda terkena lampu merah padahal sedang terburu-buru, jika 3 kali lagi kembali terjebak di lampu merah, bisa memenangkan hadiah payung cantik. Itu hanya contoh, humor bisa berbentuk apa saja.Umumnya, metode semacam ini efektif untuk hal yang bisa diprediksi atau terus menerus terjadi namun di luar kendali Anda. Apabila sudah terlatih, Anda bisa melihatnya dari sudut pandang spesial dan tidak mudah tersulut emosinya.
  • Menonton film komedi

Tayangan komedi menjadi begitu populer karena mereka mengangkat potret sosial yang sering terjadi. Bahkan, kejadian yang bisa membuat seseorang frustrasi dikemas dengan sentuhan humor sehingga terasa begitu lucu.Hal ini bisa membantu Anda tersenyum ketika menghadapi situasi yang kurang mengenakkan. Alhasil, stres pun tidak akan merusak hari-hari Anda.
  • Teknik relaksasi

Ada pula teknik relaksasi seperti yoga yang memadukan tawa dengan pernapasan yoga (pranayama). Ini bisa jadi cara menakjubkan untuk meredakan stres dan menambahkan tawa yang mencerahkan hari Anda.Selera humor itu baik, namun bukan yang sembarangan. Jika belum terbiasa, mungkin tidak akan mudah memasukkan sense of humor pada hal-hal yang menyulut emosi. Namun, itu bisa dilatih.

Jika sudah berhasil, bonusnya adalah Anda tidak akan mudah kewalahan dengan berbagai macam pemicu stres. Tentunya, ini sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik maupun mental.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kesehatan mental dan selera humor, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalhidup sehatpola hidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/maintain-a-sense-of-humor-3144888
Diakses pada 9 Februari 2021
World Economic Forum. https://www.weforum.org/agenda/2019/04/why-humor-is-an-essential-life-skill/
Diakses pada 9 Februari 2021
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-tao-innovation/201406/the-power-humor-in-ideation-and-creativity
Diakses pada 9 Februari 2021
Journal of Research in Personality. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0092656602005342?via%3Dihub
Diakses pada 9 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait