10 Selebriti Dunia Ikut Melawan Virus Corona, Mulai Dari Galang Dana Hingga Beri Masker Gratis

Lady Gaga adalah salah satu artis yang ikut menyumbang melawan virus corona
Lady Gaga memberikan bantuan makanan bagi orang yang terinfeksi virus corona (Sumber foto: Instagram @ladygaga)

Perjuangan melawan virus corona baru atau COVID-19 yang kini melanda dunia terus dilakukan. Sejumlah upaya terus dilakukan oleh pemerintah setempat, mulai dari imbauan untuk melakukan social distancing, menjaga kebersihan dan kesehatan diri, hingga menyediakan layanan kesehatan berupa rumah sakit khusus penanganan virus corona.

Selain pemerintah, kalangan selebriti pun tak mau ketinggalan ambil peran dalam memerangi kasus COVID-19. Mulai dari selebriti Hollywood, Korea, hingga Tanah Air, berikut adalah sederet artis yang ikut menyumbang melawan virus corona.

Deretan artis yang ikut menyumbang melawan virus corona 

Para selebriti dunia seolah berlomba-lomba melawan wabah virus corona yang kini tengah melanda. Ada yang menyumbangkan sebagian hartanya, membuka donasi, hingga membagikan peralatan medis secara gratis. Lantas, siapa sajakah mereka?

1. Ryan Reynolds dan Blake Lively

Ryan Reynolds dan Blake Lively adalah artis yang ikut menyumbang melawan virus corona
(Sumber foto: Instagram @blakelively) 

Salah satu artis Hollywood yang ikut menyumbang melawan virus corona adalah pasangan selebriti Ryan Reynolds dan Blake Lively. Keduanya diketahui menyumbangkan uang sebesar USD1 juta dollar atau sekitar Rp15 miliar guna membantu warga tak mampu yang terinfeksi virus corona.

Ryan Reynolds mengungkapkan bahwa ia dan istri membagikan donasi untuk dua yayasan amal di Amerika Serikat dan Kanada. Ini bukan tanpa alasan karena Ryan Reynolds lahir dan besar di Kanada, sedangkan Blake Lively lahir di Los Angeles, Amerika Serikat.

2. Justin Bieber

Justin Bieber adalah artis yang ikut menyumbang melawan virus coronaberikutnya
(Sumber foto: Instagram @justinbieber)

Penyanyi Justin Bieber juga tak mau kalah memberikan donasi guna menangani wabah virus corona. Justin Bieber mendonasikan USD29 ribu atau setara dengan Rp439 juta untuk anak-anak yang terinfeksi virus corona di Beijing, Tiongkok.

3. Lady Gaga

Pelantun lagu ‘Born This Way’ ini dikabarkan mendonasikan 20 persen dari total penghasilannya untuk satu pekan ke salah satu yayasan aman di Los Angeles dan New York, Amerika Serikat. Lady Gaga memberikan bantuan makanan bagi semua orang yang terinfeksi virus corona melalui donasinya tersebut.

4. Gong Yoo dan Kim Go Eun

Gong Yoo dan Kim Go Eun adalah artis yang ikut menyumbang melawan virus corona dari Korea Selatan
(Sumber foto: Instagram @kimgo.eun)

Beralih ke Korea Selatan, aktor kenamaan dari Negeri Ginseng Gong Yoo menyumbangkan uangnya untuk membantu penanganan virus corona. Diketahui aktor yang populer melalui serial drama Korea, Goblin, itu mendonasikan 100 juta won atau setara dengan Rp1,1 miliar.

Lawan main Gong Yoo di serial Goblin, Kim Go Eun, juga turut menyumbangkan jumlah uang yang sama, yakni sebesar 100 juta won.

5. Hyun Bin dan Son Ye Jin

artis yang ikut menyumbang melawan virus corona dari Korea Selatan adalah pemain drama Crash Landing On You
(Sumber foto: Instagram @yejinhand)

Hyun Bin, aktor tampan dalam serial drama Crash Landing On You, ikut memberikan donasi sebagai bentuk pencegahan dan penanganan virus corona COVID-19 di Korea Selatan. Ia memberikan donasi sebesar 200 juta won atau sekitar Rp2,3 miliar.

Tidak hanya Hyun Bin, lawan mainnya dalam drama yang sama, yakni aktris Son Ye Jin juga menyumbangkan uang sejumlah 100 juta won atau setara dengan Rp1,1 miliar.

6. Lee Min Ho

Artis yang ikut menyumbang melawan virus corona dari Korea Selatan lainnya adalah Lee Min Ho. Ia menyumbangkan uang pribadinya dalam jumlah yang sangat besar, yakni 300 juta won atau sekitar Rp 3 miliar.

Pemain drama The Legend of Blue Sea ini mendonasikan jumlah tersebut kepada delapan organisasi di Korea Selatan yang mengatasi penanganan virus corona.

7. Lee Seung Gi dan Bae Suzy

Lee Seung Gi dan Bae Suzy adalah artis yang ikut menyumbang melawan virus corona dengan donasi uang
(Sumber foto: Instagram @skuukzky)

Dua bintang serial drama Korea Vagabond, Lee Seung Gi dan Bae Suzy, masing-masing diketahui menyumbangkan uang 100 juta won atau setara dengan Rp1,1 miliar guna penanganan virus corona di Korea Selatan.

8. Park Seo Joon

artis yang ikut menyumbang melawan virus corona dari Korea Selatan lainnya Park Seo Joon
(Sumber foto: Instagram @bn_sj2013)

Selebriti Korea Selatan lainnya, Park Seo Joon, juga telah mendonasikan uangnya sebesar 100 juta won atau setara dengan Rp1,1 miliar guna membantu komunitas sosial di wilayah Daegu yang tengah menangani para pasien terinfeksi virus corona.

Sumbangan uang tersebut akan digunakan untuk membeli peralatan medis yang dibutuhkan guna melindungi diri tenaga medis dan pengobatan pasien.

9. Melanie Subono

artis yang ikut menyumbang melawan virus corona dari Indonesia adalah Melanie Subono
(Sumber foto: Instagram @melaniesubono)

Selain selebriti Hollywood dan Korea Selatan, ada pula sejumlah artis Tanah Air yang ikut menyumbang melawan virus corona.

Salah satunya adalah Melanie Subono. Putri musisi Adrie Subono ini membagikan masker gratis bagi masyarakat yang kurang mampu.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena selama beberapa hari terakhir harga masker melonjak drastis di Indonesia dan mulai sulit ditemukan. Tak hanya itu, Melanie juga menerima sumbangan dana yang nantinya akan ia belikan masker dan akan dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu.

10. Maia Estianty

Maia Estianty adalah artis yang ikut menyumbang melawan virus corona dari Indonesia
(Sumber foto: Instagram @maiaestiantyreal)

Maia Estianty juga diketahui mulai mengumpulkan dana untuk membantu mengatasi virus corona di Indonesia. Rencananya, dana yang akan terkumpul akan digunakan untuk membeli alat perlindungan diri (APD) dan dibagikan kepada para petugas medis di rumah sakit yang menjadi garda terdepan dalam memerangi virus corona.

Selain Melanie Subono dan Maia Estianty, selebgram Rachel Vennya juga turut melakukan aksi lawan virus corona. Ia membuka donasi bagi masyarakat luas guna membantu melawan COVID-19 yang akhirnya terkumpul lebih dari Rp2,1 miliar.

Hasil donasi tersebut akan dibelikan masker, hand sanitizer, sarung tangan, dan alat perlindungan untuk sejumlah rumah sakit rujukan penanganan COVID-19.

Cara melawan virus corona yang mudah dan efektif dilakukan

Langkah yang dilakukan oleh para artis yang ikut menyumbang melawan virus corona memang patut diacungi jempol. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa cara melawan virus corona yang mudah dan efektif untuk dilakukan oleh Anda.

Ya, walaupun COVID-19 merupakan virus baru yang langkah pencegahan dan penyebarannya masih terus dikembangkan, tak ada salahnya untuk melindungi diri dengan cara yang mudah dan efektif berikut ini.

1. Sering mencuci tangan

Salah satu cara melawan virus corona adalah dengan sering mencuci tangan. Jadi, pastikan Anda mencuci tangan setelah dari toilet, setelah batuk dan bersin, serta sebelum dan sesudah makan.

Anda bisa mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Namun, jika ternyata sulit menemukan akses air mengalir di sekitar Anda, gunakan cairan pembersih yang mengandung alkohol 60% untuk membersihkan tangan.

Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau cairan pembersih yang mengandung alkohol dapat membantu membunuh virus yang mungkin bersarang pada tangan Anda. Lakukan cuci tangan dengan cara yang tepat selama minimal 20 menit.

2. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut sampai tangan sudah bersih

Cara melawan virus corona yang mudah dan efektif lainnya adalah hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut, sampai tangan sudah dalam kondisi bersih sempurna.

Ini karena setiap saat Anda mungkin menyentuh benda apa pun yang berada di sekitar Anda. Sementara, tanpa disadari, permukaan benda-benda tersebut dapat berisiko meningkatkan penyebaran virus di tangan Anda.

Nah, saat tangan menyentuh mata, hidung, dan mulut maka virus dapat masuk ke dalam tubuh sehingga membuat Anda jatuh sakit.

3. Melindungi diri saat sedang bersin dan batuk

Saat Anda bersin dan batuk, pastikan Anda menutup hidung dan mulut dengan siku bagian dalam atau tisu. Dengan begitu, Anda dapat melindungi orang lain di sekitar Anda dari berbagai macam virus, seperti flu, pilek, hingga virus corona baru COVID-19, yang mungkin keluar percikan cairan dari mulut dan hidung.

4. Melakukan social distancing

Social distancing adalah salah satu upaya untuk mengurangi risiko infeksi penyakit menular dengan cara tidak berdekatan dengan orang sakit.

Social distancing tidak hanya membatasi kontak orang yang sehat dengan orang sakit, melainkan juga dengan membatalkan kegiatan atau acara sementara untuk menghindari pusat keramaian.

Memang social distancing tidak dapat mencegah penularan virus corona 100 persen penuh, tetapi cara sederhana ini membutuhkan peranan Anda guna memperlambat penyebaran virus. Jadi, sebaiknya jangan beraktivitas di luar rumah, kecuali jika benar-benar mendesak.

Jika diterapkan untuk mengurangi penularan virus corona COVID-19, metode ini dapat memperlambat infeksi virus di antara populasi yang berisiko tinggi, yaitu lansia di atas usia 60 tahun atau orang dengan penyakit-penyakit tertentu. Selain itu, jarak sosial disinyalir juga dapat mengurangi beban tenaga kesehatan.

Apabila jumlah kasus terinfeksi virus corona COVID-19 semakin meningkat, tentu dapat semakin mempersulit penanganan di rumah sakit karena pasien terus berdatangan. Akibatnya, angka kematian akan terus mengikuti lantaran jumlah tenaga medis yang tidak sebanding dengan banyaknya pasien.

5. Jangan membeli masker dan hand sanitizer secara berlebihan

Sejak penyebaran virus corona mulai masuk ke Indonesia, sebagian besar masyarakat Indonesia dilanda kepanikan untuk membeli masker dan hand sanitizer.

Masker adalah alat pelindung diri yang sangat penting dari percikan cairan orang yang sedang sakit. Namun, World Health Organization (WHO) justru merekomendasikan orang-orang yang tidak mengalami gejala gangguan pernapasan, seperti batuk dan bersin, tidak perlu menggunakan masker.

Hanya sedikit hasil penelitian ilmiah yang membuktikan penggunaan masker pada orang sehat dapat mencegahnya dari berbagai macam virus yang menyebar.

Jadi, bagi orang yang dalam kondisi sehat, penggunaan masker perlu dibatasi agar persediaan masker di fasilitas kesehatan dan bagi orang-orang yang benar-benar membutuhkan, tidak menipis.

Pasalnya, beberapa waktu yang lalu, WHO menyatakan bahwa virus ini dapat bertahan di udara selama beberapa jam sehingga membuat petugas medis menjadi sangat rentan terinfeksi COVID-19.

Demikian halnya dengan cairan pembersih hand sanitizer. Jika Anda sulit menemukannya di toko atau supermarket, sebagai solusinya Anda bisa membuat hand sanitizer sendiri di rumah.

Catatan dari SehatQ

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk melawan virus corona. Bagi mereka yang memiliki rezeki berlebih memang tak ada salahnya untuk membantu tenaga medis di rumah sakit dan orang-orang tidak mampu yang sulit mendapatkan peralatan medis. Langkah tersebut yang dilakukan para artis yang ikut menyumbang melawan virus corona

Akan tetapi, sebenarnya ada berbagai cara melawan virus corona yang mudah dan efektif dilakukan seperti yang telah disebutkan di atas.

Kompas. https://www.kompas.com/hype/read/2020/03/17/101614366/artis-korea-sumbang-miliaran-rupiah-perangi-virus-corona-bagaimana-artis?page=all

Diakses pada 20 Maret 2020

Detik Wolipop. https://wolipop.detik.com/foto-entertainment/d-4942700/ini-16-artis-korea-yang-donasi-lebih-dari-rp-1-m-untuk-lawan-virus-corona/

Diakses pada 20 Maret 2020

Liputan 6. https://hot.liputan6.com/read/4204899/aksi-5-artis-indonesia-bantu-lawan-corona-ada-yang-capai-rp-2-miliar

Diakses pada 20 Maret 2020

World Health Organization. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public

Diakses pada 20 Maret 2020

Centers for Disease and Prevention Control. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/about/prevention-treatment.html

Diakses pada 20 Maret 2020

John Hopkins University. https://hub.jhu.edu/2020/03/13/what-is-social-distancing/

Diakses pada 20 Maret 2020

Artikel Terkait