Selamat Tinggal Flu, Ini Obat Pilek untuk Ibu Hamil yang Aman

Sebelum mengonsumsi obat pilek untuk ibu hamil, lakukan dulu cara-cara alami
Ibu hamil rentan mengalami pilek karena terjadi penurunan kekebalan tubuh

Bagi ibu hamil, semua yang dikonsumsinya akan berdampak tak hanya bagi tubuhnya tapi juga pada janin yang dikandungnya. Itulah kenapa obat pilek untuk ibu hamil sebaiknya tidak sembarangan dikonsumsi.

Jika dulu penyakit pilek mudah diobati dengan obat yang dijual bebas, maka ibu hamil perlu berpikir dua kali. Amankah obat yang dikonsumsi untuk janin di kandungan? Tentu yang lebih aman adalah obat pilek untuk ibu hamil secara alami.

Jika memang harus mengonsumsi obat pun, ada banyak pilihan obat yang aman untuk ibu hamil.

Kapan ibu hamil aman minum obat?

Selain memilih obat yang benar-benar aman untuk ibu hamil, sebisa mungkin konsumsi obat setelah kandungan berusia di atas 12 minggu. Sebelum itu, sebaiknya hindari konsumsi obat apa pun karena merupakan masa krusial perkembangan organ tubuh bayi.

Lebih jauh lagi, terkadang konsumsi obat di atas usia kehamilan 28 minggu juga tidak disarankan. Trimester kedua adalah periode yang paling aman jika memang benar-benar harus minum obat. Tapi ingat, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan Anda.

Pilih jenis pengobatan yang tepat dan jangan sembarangan memilih obat tanpa tahu apa kandungannya. Berikut ini beberapa jenis pengobatan yang aman dikonsumsi pada usia kandungan di atas 12 minggu:

Sebaiknya hindari obat yang bersifat all-in-one atau bisa mengatasi beberapa penyakit sekaligus. Jika sedang flu, pilihlah obat pilek untuk ibu hamil yang khusus.

Obat pilek untuk ibu hamil alami

Selain obat-obatan yang aman untuk ibu hamil, obat pilek untuk ibu hamil alami juga jadi pilihan aman. Sebenarnya, flu atau gejala lain seperti batuk dan demam adalah sinyal saat tubuh perlu lebih banyak beristirahat.

Beberapa langkah alami sebagai obat pilek untuk ibu hamil adalah:

Ibu hamil yang sedang pilek sebaiknya lebih banyak istirahat

1. Banyak beristirahat

Bahkan tanpa obat sekalipun, sebenarnya pilek bisa sembuh dengan sendirinya asalkan tubuh diberi waktu untuk beristirahat dan meningkatkan pertahanan tubuh. Tak ada salahnya mengambil jeda dari semua kesibukan. Terutama bagi ibu hamil, kekuatan fisik mereka tidak lagi seperti sebelumnya karena harus berbagi dengan janin.

2. Konsumsi banyak air

Jangan lupa pastikan asupan cairan bagi tubuh juga mencukupi. Tubuh harus tetap terhidrasi agar tidak merasa lemas. Tak mengapa harus berkali-kali ke toilet ketimbang risiko mengalami dehidrasi yang lebih berbahaya.

3. Kumur air hangat dan garam

Apabila pilek juga disertai dengan rasa tidak nyaman di tenggorokan atau batuk, coba berkumur dengan air hangat dan garam. Cara ini dapat membantu membasmi bakteri yang ada di sekitar mulut dan tenggorokan.

Gunakan humidifier untuk membantu melembapkan udara

4. Lembapkan udara sekitar

Apabila flu membuat pernapasan ibu hamil tersumbat, coba buat udara sekitar menjadi lebih lembap lewat humidifier. Selain itu, mandi air hangat juga bisa jadi pilihan untuk melegakan jalur pernapasan.

5. Makan sup hangat

Mengonsumsi sup hangat juga dapat meredakan peradangan serta melegakan pernapasan. Tambahkan bahan makanan anti-inflamasi, seperti brokoli, alpukat, anggur, dan teh hijau untuk membantu menambah asupan nutrisi bagi tubuh.

6. Minum madu

Konsumsi madu juga menambah kekebalan tubuh sehingga proses penyembuhan flu bisa lebih cepat. Atau alternatifnya, tambahkan madu ke dalam teh lemon untuk mengatasi panas dalam yang kerap menyertai flu.

7. Perkaya vitamin C

Sebisa mungkin, konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti buah jeruk, kiwi, nanas, blackberry, atau sayuran seperti kale, brokoli, dan bayam. Selain makanan alami yang kaya vitamin C, asupan vitamin dan mineral juga bisa diperoleh dari suplemen kehamilan.

Cara ibu hamil menghindari sakit

Virus dan bakteri tersebar di mana saja, terutama di negara dengan iklim tropis. Ketika hamil, terkadang tubuh mengalami penurunan kekebalan tubuh karena semua perubahan yang terjadi.

Untuk menghindari sakit, berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan:

  • Memastikan telah mendapatkan semua vaksin
  • Olahraga ringan berkala
  • Hindari kontak langsung dengan keluarga yang sedang sakit
  • Mengatasi stres
  • Makan bergizi
  • Tidur berkualitas

Jika mengalami sakit pun, pilihlah obat pilek untuk ibu hamil yang aman. Ada banyak alternatifnya dan biasanya pilek bisa mereda dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-flu/treating-during-pregnancy#reducing-risk
Diakses 28 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/cold-and-flu/qa/are-there-natural-flu-treatments-for-pregnant-women
Diakses 28 November 2019

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/pregnancy-health/flu-during-pregnancy/
Diakses 28 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed