Selamat Hari Persahabatan Sedunia! Ini Sejarah dan Cara Merayakannya

(0)
30 Jul 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
30 Juli hari persahabatan seduniaHari persahabatan dunia jatuh pada tanggal 30 Juli
Di tengah kondisi dunia yang kian hari kian carut marut, ikatan empati antar manusia menjadi dasar pokok yang perlu dipertahankan guna menjaga kedamaian. Untuk tujuan itulah, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menetapkan 30 Juli sebagai Hari Persahabatan Sedunia.

Sejarah hari persahabatan sedunia

Hari persahabatan sedunia, pertama kali dirayakan secara resmi oleh PBB pada tahun 2011. Organisasi yang merupakan payung negara-negara di dunia ini menganggap bahwa dengan semakin banyaknya tantangan yang menyebabkan perpecahan di dunia seperti rasisme, kekerasan, kemiskinan, dan pelanggaran hak asasi manusia, kedekatan antar umat manusia perlu kembali dirayakan dan dibina.Dengan rasa persahabatan yang kuat, PBB menilai kepercayaan antar manusia secara khusus dan antar negara secara umum, bisa terbentuk dan pada akhirnya, solidaritas antar penduduk bisa memicu rasa saling bantu.Persahabatan akan memangkas jarak yang ditimbulkan oleh perbedaan agama, ras, dan budaya, dengan menjadi jembatan yang mendekatkan individu di masing-masing komunitas tersebut. Dengan adanya hari persahabatan sedunia ini, PBB berharap bahwa pemerintah, organisasi, hingga individu, merayakannya dengan saling berdialog dan mendekatkan diri agar konflik-konflik yang rawan muncul, bisa dihindari.

Cara merayakan hari persahabatan sedunia

Lantas, sebenarnya bagaimana hari persahabatan sedunia dirayakan? Jawabannya terserah Anda. Tidak ada pakem khusus yang harus diikuti bagi Anda yang ingin memperingati hari ini. Yang perlu Anda lakukan hanya memberikan apresiasi kepada teman, dengan melakukan kegiatan-kegiatan favorit Anda dan sahabat.Tentu, cara merayakannya juga harus disesuaikan dengan kondisi saat ini, dimana kita masih terjebak di tengah-tengah pandemi. Berikut ini tips untuk merayakan hari bahagia ini bersama sahabat.

1. Adakan acara kumpul virtual

Jika biasanya Anda bertemu dan berkumpul langsung dengan teman, tahun ini mungkin bisa dirayakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi video call. Anda bisa membuat sesi khusus bersama para sahabat, makan malam dari rumah masing-masing sambil berbincang virtual.

2. Berbagi bersama teman

Melakukan kegiatan positif bersama sahabat terdekat tidak hanya akan mempererat pertemanan, tapi juga memberikan dampak positif bagi orang-orang yang terbantu. Anda bisa adakan acara amal atau mengajak teman untuk menyumbangkan sesuatu bagi para korban bencana maupun tenaga kesehatan yang tengah berjuang di tengah pandemi.

3. Tambah ilmu bersama-sama

Saat hampir semua orang diharuskan berdiam diri di rumah, webinar atau seminar yang dilakukan secara daring bertebaran diadakan. Anda bisa memilih salah satu yang berkaitan dengan hobi Anda dan sahabat, sehingga bisa menghabiskan waktu bersama sekaligus menambah ilmu.

4. Saling mengirimkan ucapan terima kasih dan apresiasi

Memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas semua bantuan yang selama ini sahabat Anda sudah berikan, adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merayakan hari persahabatan sedunia.

Memiliki sahabat itu penting untuk kesehatan mental kita

Tahukah Anda kalau memiliki sahabat baik ternyata berdampak positif pada kesehatan? Sahabat bisa mendampingi kita kala sulit dan mencegah kita merasakan kesepian, sehingga hati dan mental bisa tetap tenang. Tak hanya itu, memiliki orang terdekat yang bisa dipercaya juga akan memberikan manfaat berikut:
  • Meningkatkan rasa dibutuhkan, sehingga hidup lebih bermakna
  • Membuat hidup terasa lebih bahagia
  • Mengurangi stres
  • Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri
  • Membantu Anda menghadapi trauma yang didapatkan dari kejadian pahit dalam hidup
  • Teman bisa menjadi pengaruh positif dalam hidup, seperti membuat kita mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan berolahraga bersama
Selamat hari persahabatan sedunia, untuk Anda semua yang ingin merayakan. Semoga hari ini menjadi hari yang menyenangkan.
kesehatan mental
United Nations. https://www.un.org/en/observances/friendship-day
Diakses pada 30 Juli 2020
National Today. https://nationaltoday.com/international-day-friendship/
Diakses pada 30 Juli 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/friendships/art-20044860
Diakses pada 30 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait