Selalu Gagal Kurus? Coba Metode SMART untuk Mencapainya


Metode SMART atau bisa juga disebut SMART Goals adalah salah satu metode yang dirancang agar seseorang bisa mencapai tujuannya dengan menentukan tujuan secara spesifik.

(0)
10 Mar 2021|Marco Anthony
Metode SMART dapat membantu dalam proses menurunkan berat badanMetode SMART dapat membantu dalam proses menurunkan berat badan
Bagi banyak orang yang mengalami kegemukan, menurunkan berat badan adalah hal yang sangat didambakan.Berbagai cara dilakukan agar berat badan kembali ke angka yang ideal. Mulai dari diet, olahraga secara rutin, hingga merombak pola makannya.Ada banyak orang yang berhasil, tetapi tak sedikit juga yang akhirnya menyerah di tengah jalan dan akhirnya merasa kecewa. Bahkan mungkin menyalahkan diri sendiri karena kurang memiliki tekad kuat.Jika Anda adalah salah satu orang yang berhenti di tengah jalan, jangan buru-buru menyerah dan menyalahkan diri sendiri. Bisa jadi kegagalan tersebut terjadi bukan karena Anda kekurangan tekad, tetapi karena Anda menetapkan tujuan yang terlalu abstrak dan tidak spesifik.Untuk itu, kali ini cobalah gunakan metode SMART dalam usaha menurunkan berat badan.

Apa itu metode SMART?

Metode SMART atau bisa juga disebut SMART Goals adalah salah satu metode yang dirancang agar seseorang bisa mencapai tujuannya. Metode ini sebenarnya bisa digunakan untuk dunia bisnis maupun pendidikan. Tapi masih relevan dan berguna untuk bidang kesehatan, salah satunya untuk menurunkan berat badan.Kata SMART merupakan singkatan dari 5 aspek yang digunakan untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai, yaitu:
  • Specific (spesifik)
  • Measureable (bisa diukur)
  • Attainable (bsa dicapai)
  • Relevant (relevan) dan
  • Time-bound (memiliki batas waktu)

Cara kerja metode SMART

Bagi mereka yang pernah mencoba menurunkan berat badan pasti tahu betapa beratnya mengubah kebiasaan. Mengubah kebiasaan malas bergerak untuk olahraga adalah salah satu proses paling berat yang dijalani.Seringkali merubah kebiasaan ini gagal karena Anda tidak memiliki standar evaluasi dan perencanaan hal apa saja yang akan Anda lakukan untuk mencapai tujuan. Di sinilah fungsi metode SMART berperan.Para ilmuwan pun menganggap metode SMART adalah salah satu cara yang efektif untuk menentukan tujuan dan cara mencapainya secara spesifik. Hal ini akan membuat seseorang lebih semangat untuk mencapai tujuannya.Contohnya, jika tujuan Anda adalah sekedar menurunkan berat badan, maka hal ini terlalu abstrak sehingga sulit untuk dicapai dan tidak bisa dievaluasi.Namun jika Anda membuat tujuan dengan metode SMART, bunyinya akan menjadi seperti ini “agar berat badan turun maka saya setiap hari saya akan menyisihkan waktu untuk berjalan cepat selama 30 menit, 5 kali dalam seminggu, selama periode dua bulan”.Kalimat tujuan itu lebih spesifik, berisi langkah yang akan dilakukan, dan periode waktu. Dengan begini, target Anda bukan hanya mungkin dicapai, tetapi juga mudah dievaluasi.

Cara membuat tujuan dengan metode SMART

Saat ingin membuat tujuan yang bisa Anda capai, dalam hal ini untuk menurunkan berat badan, cobalah pertimbangkan aspek metode SMART.
  • Specific
Buatlah tujuan Anda spesifik dengan memasukkan angka di dalamnya. Misalnya berjalan kaki selama 30 menit setiap pagi atau sarapan oatmeal selama 1 minggu penuh dalam periode 2 bulan.
  • Measureable
Buatlah tujuan yang dapat Anda ukur sehingga mudah dievaluasi. Misalnya Anda ingin menurunkan berat badan hingga 60 kg atau hingga lingkar pinggang Anda mencapai angka tertentu.
  • Attainable
Seringkali hal yang membuat seseorang berhenti di tengah jalan adalah ketika menyadari bahwa target yang ingin dicapai itu mustahil. Oleh karena itu buatlah tujuan yang realistis. Contoh tujuan yang tidak realistis adalah menurunkan berat badan sebanyak 20 kg dalam waktu sebulan. Selain tidak realistis, hal ini juga tidak sehat. Ingat proses menurunkan badan yang baik dan sehat itu membutuhkan waktu.
  • Relevant
Pastikan juga tujuan Anda relevan dengan apa yang Anda inginkan sehingga memotivasi untuk terus melakukannya. Apabila tujuan tidak relevan dengan apa yang Anda inginkan, maka Anda akan merasa malas melanjutkannya. Contohnya, Anda ingin menurunkan berat badan karena ingin kembali tampil menarik mengenakan dress kesayangan atau ingin membuat suami kembali memuji Anda. Hal-hal seperti ini dapat memotivasi Anda mencapai tujuan. Karena sifatnya personal, pastikan Anda sendiri yang menentukan relevansi tujuan Anda.
  • Time-bound
Tujuan Anda juga harus memiliki deadline. Alasannya adalah agar Anda bisa memiliki kesempatan untuk mengevaluasi. Contohnya, saat Anda memutuskan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari dalam periode 3 bulan, Anda bisa melakukan evaluasi terhadap usaha Anda di akhir periode 3 bulan tersebut. Selain itu, dengan menentukan waktu Anda juga bisa menetapkan tujuan-tujuan jangka pendek. Misalnya Anda bisa melakukan evaluasi terhadap usaha Anda setiap 3 minggu sekali. Hal ini membantu Anda tetap semangat mencapai tujuan.Catatan dari SehatQGunakan metode ini dalam program menurunkan berat badan Anda. Anda bisa memulainya kapan saja. Bahkan dari hari ini.Ingat, membuat tujuan dengan metode ini haruslah dilakukan oleh Anda sendiri. Bukan orang lain. Pastikan juga Anda membuat perencanaan yang realistis dan dapat dicapai. Jangan membuat tujuan di mana Anda ingin latihan di gym selama 1 jam setiap hari, padahal jadwal keseharian Anda tidak memungkinan untuk melakukannya.Tak perlu kecewa bila ada hari di mana Anda tidak bisa melakukan langkah yang sudah tetapkan. Jadikan hal tersebut untuk bahan evaluasi ke depannya.Untuk berdiskusi lebih jauh tentang cara menurunkan berat badan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/smart-goals-for-lifestyle-change-2224097
Diakses pada 23 Februari 2021
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/how-to-set-weight-loss-goals-1231580 Diakses pada 23 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait