Selain Memaniskan Makanan, Ini Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan

(0)
13 Aug 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu manfaat gula merah adalah sebagai sumber energiGula merah atau gula Jawa dianggap lebih sehat dari gula pasir
Dibanding gula pasir, gula merah atau gula Jawa digadang-gadang merupakan alternatif pemanis yang relatif lebih aman. Mengapa demikian? Apakah memang manfaat gula merah lebih baik dibanding gula yang berbentuk kristal putih tersebut?Menurut Standar Nasional Indonesia, gula merah adalah sebutan untuk gula yang dihasilkan dari nira pohon palma. Pohom palma sendiri ada beberapa jenis, namun yang biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan gula merah adalah pohon aren (Arenga pinnata), nipah (Nypafruticans), siwalan (Borassua flabellifera), dan kelapa (Cocos nucifera).Beberapa orang kerap membedakan gula merah dan gula aren. Padahal dari deskripsi tersebut, gula aren termasuk dalam gula merah, sedangkan gula merah belum tentu gula aren karena bisa juga dibuat dengan bahan nipah, siwalan, atau yang paling umum adalah dari nila kelapa.

Benarkan gula merah lebih baik dari gula pasir?

Apa pun bahan bakunya, manfaat gula merah memang lebih banyak dibanding gula pasir yang terbuat dari tanaman tebu. Bahkan, para ahli gizi kerap melabeli gula pasir sebagai bahan makanan yang tinggi kalori dan nol nutrisi, sedangkan gula merah memiliki berbagai manfaat karena kandungannya yang mengandung nilai gizi yang berguna bagi tubuh manusia.Berikut beberapa perbedaan mendasar gula merah dan gula pasir dari segi kesehatan:

1. Indeks glikemik

Meski rasanya sama-sama manis, gula pasir dan gula merah memiliki perbedaan indeks glikemik yang cukup signifikan. Menurut The Philippine Food and Nutrition Research Institute, gula merah memiliki indeks glikemik 35 atau tergolong rendah (<55), sedangkan gula pasir memiliki indeks glikemik 64 atau nyaris tinggi (>70).Indeks glikemik sendiri menggambarkan kecepatan karbohidrat dalam gula diserap oleh tubuh. Semakin tinggi indeks glikemik makanan yang Anda konsumsi, semakin cepat karbohidrat diserap oleh tubuh sehingga mengakibatkan melesatnya kadar gula dalam darah yang bila terjadi terus menerus akan menaikkan risiko Anda terkena diabetes tipe 2.

2. Kandungan nutrisi

Meski memiliki indeks glikemik rendah, gula merah juga mengandung sejumlah gizi yang tidak terdapat di gula pasir, seperti mangan, boron, nitrogen, dan fosfor. Selain itu, kandungan nutrisi pada gula merah yang lebih tinggi dari gula pasir adalah zinc, zat besi, kalium, dan magnesium.Kandungan inilah yang membuat manfaat gula merah juga lebih superior dibanding gula pasir. Apa saja manfaat yang dimaksud?

Manfaat gula merah dalam kehidupan sehari-hari

Manfaat gula Jawa yang paling bisa Anda rasakan adalah menambah cita rasa masakan menjadi berbeda dan khas, misalnya pada minuman cendol atau bubur kacang hijau. Selain itu, kandungan nutrisi pada gula merah juga diyakini bisa mendatangkan manfaat kesehatan, seperti:

1. Sumber energi yang baik

Gula merah mungkin memiliki rasa manis yang kurang kuat dibanding gula pasir, namun mengandung sukrosa yang sangat tinggi mencapai 84 persen berbanding 20 persen pada gula putih. Kandungan ini membuat gula merah dapat menjadi sumber energi yang lebih baik.Ditambah indeks glikemik yang rendah, maka gula merah dapat dijadikan alternatif sumber makanan/minuman manis yang biasa disantap ketika berbuka puasa. Selain energi Anda cepat tergantikan, kadar gula darah juga tidak akan meroket dalam sekejap.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat gula merah lainnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh karena adanya kandungan zat besi yang tinggi, niasin, dan lain-lain. Kandungan tersebut juga dipercaya dapat mencegah anemia, mempercepat peredaran darah, dan menjaga kadar kolesterol tubuh tetap stabil.

3. Meredakan sakit perut

Dalam pengobatan tradisional, gula merah juga kerap dijadikan campuran pada obat pereda sakit perut. Ramuan yang sama juga dipercaya dapat meredakan demam, meski klaim ini masih perlu diteliti lebih lanjut.Gula merah atau gula Jawa biasanya dijual dalam bentuk elpis jika dicetak menggunakan tempurung kelapa atau silindris jika dicetak menggunakan bambu. Untuk mendapatkan manfaat gula merah di atas, pastikan Anda memilih gula merah murni alias yang tidak dicampur dengan gula pasir.
makanan sehat
Repository Unpas. http://repository.unpas.ac.id/15288/3/Tugas%20Akhir.pdf
Diakses pada 29 Juli 2020
Digilib Unila. http://digilib.unila.ac.id/10457/21/BAB%20II.pdf
Diakses pada 29 Juli 2020
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat. http://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/download/282/209/
Diakses pada 29 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait