Selain Melancarkan BAB, Ini Manfaat Pepaya untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya


Pepaya adalah buah tinggi nutrisi vitamin dan mineral yang bisa dikonsumsi setiap hari dan baik untuk bayi hingga orang dewasa. Manfaat pepaya untuk kesehatan sangat beragam, mulai dari menjaga kesehatan pencernaan hingga mencegah kanker. Namun, efek samping makan pepaya secara berlebihan bisa sebabkan sakit di usus.

0,0
18 Aug 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu manfaat pepaya yang bisa dinikmati adalah melancarkan sistem pencernaanDi balik rasanya yang manis, terdapat banyak manfaat pepaya
Siapa yang suka buah pepaya? Manfaat pepaya sangat banyak untuk kesehatan. Dagingnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat buah ini banyak digemari. Pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.Pepaya juga memiliki banyak nutrisi dan rendah kalori sehingga baik untuk dikonsumsi. Melimpahnya nutrisi yang terkandung dalam pepaya, membuat buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat pepaya ini pun sering kita nikmati sehari-hari.

Kandungan gizi pepaya

Pepaya memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari kecil, sedang, hingga besar. Pepaya yang matang rasanya manis, sementara pepaya mentah memiliki sedikit rasa manis hingga tawar.Pepaya mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Pepaya juga kaya akan nutrisi dan relatif rendah kalori sehingga baik sebagai bagian dari diet seimbang.Satu pepaya kecil, atau sekitar 157 gram, hanya mengandung 68 kalori. Selain itu, buah ini juga beragam nutrisi lain, seperti:
  • 2,7 gram serat makanan atau 10% kebutuhan harian
  • 0,13 mg zinc atau 0,9% kebutuhan harian
  • 95,6 mg vitamin C atau 106,2% kebutuhan harian
  • 58 mcg folat atau 14,5% kebutuhan harian
  • 286 mg kalium atau 6,08% kebutuhan harian
  • 0,47 mg vitamin E atau 2,4% kebutuhan harian
  • 4,1 mcg vitamin K atau 5,1% kebutuhan harian
  • 31 mg kalsium atau 3,1% kebutuhan harian
  • 33 mg magnesium atau 8% kebutuhan harian
  • 30% kebutuhan harian vitamin A
Buah pepaya banyak mengandung vitamin C, sarat dengan antioksidan, seperti karoten, flavonoid, dan beberapa vitamin B.Kandungan vitamin C pada pepaya setara 152 gram mampu memenuhi 100% kebutuhan harian tubuh. Buah ini juga merupakan sumber serat dan mineral yang baik sehingga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.Baca juga: 6 Manfaat Pepaya untuk Wajah dan Cara Membuat Maskernya

Manfaat pepaya untuk kesehatan

Mencari pepaya tidak sulit karena Anda bisa membelinya di pasar, toko buah, supermarket, ataupun secara online. Pepaya bisa dikonsumsi langsung ataupun dijadikan berbagai olahan, seperti jus, smoothie, sop buah, manisan, dan lainnya.Tidak hanya enak dikonsumsi, pepaya juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Adapun manfaat dari buah pepaya untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat makan pepaya di pagi hari salah satunya adalah dapat melancarkan pencernaan. Kandungan air yang tinggi dan enzim papain dalam pepaya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mengurangi kembung dan sembelitSelain itu, serat dalam pepaya juga mampu mendorong aktivitas usus secara teratur sehingga membantu menurunkan risiko kanker usus besar.

2. Mengurangi risiko kanker

Antioksidan yang terkandung dalam pepaya dapat mengurangi risiko kanker dan melindungi sel tubuh dari kerusakan. Selain itu, beta karoten dalam pepaya berperan dalam perlindungan terhadap kanker prostat. Likopen yang terkandung dalam buah ini juga memiliki sifat antikanker.

3. Mencegah penyakit jantung

Kandungan serat, kalium, dan vitamin yang terkandung dalam pepaya dapat membantu menangkal penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium dalam pepaya juga mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan meningkatkan kesehatan jantung. 

4. Mengurangi peradangan

Kolin merupakan salah satu nutrisi penting yang terdapat dalam pepaya. Nutrisi ini membantu mengurangi peradangan kronis, penyerapan lemak, dan mempertahankan struktur membran sel tubuh.Selain itu, kolin juga berguna dalam membantu pergerakan otot dan ingatan. Enzim papain dalam pepaya juga berfungsi sebagai penghilang rasa sakit alami.

5. Melindungi mata

Pepaya mengandung nutrisi lutein, zeaxanthin, vitamin C, dan vitamin E yang melindungi kesehatan mata. Selain itu, manfaat makan buah pepaya setiap hari juga mencegah penyakit mata, seperti halnya degenerasi makula (hilangnya penglihatan pusat) yang terkait dengan usia.

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Pepaya dapat membantu kulit Anda terlihat lebih kencang dan awet muda. Vitamin C dan likopen yang terkandung dalam pepaya dapat melindungi kulit dan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.Penelitian menunjukkan, wanita dewasa hingga paruh baya mengonsumsi campuran lycopene, vitamin C, dan antioksidan pepaya selama 14 minggu menunjukkan kerutan wajah yang berkurang.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebagai sumber vitamin C yang sangat baik, pepaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan penyakit dan mengurangi radikal bebas.

8. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi buah pepaya dapat membantu menurunkan berat badan karena kaya akan serat, vitamin, dan mineral sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, pepaya juga memiliki kalori yang rendah sehingga baik untuk dimasukkan ke dalam menu diet.

9. Menurunkan risiko penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang diduga kuat disebabkan oleh stres oksidatif akibat jumlah antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh tidak seimbang. Ketidakseimbangan ini diduga dapat menyebabkan kerusakan sel otak.Penelitian menunjukkan, fermentasi pepaya dapat mengurangi proses stres oksidatif pada penderita Alzheimer dan menurunkan progresivitas penyakit ini.

10. Menjaga kadar gula darah tetap stabil

Meski rasanya manis, buah pepaya memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga baik untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Manfaat pepaya juga bisa dirasakan oleh penderita diabetes melitus (DM).Baca juga: Manfaat Makan Buah bagi Kesehatan yang Tak Perlu Diragukan Lagi

Risiko mengonsumsi pepaya

Konsumsi pepaya sewajarnya, jangan terlalu berlebihan karena dikhawatirkan memiliki efek yang buruk. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi pepaya matang karena pepaya mentah mengandung lateks (getah kental) yang bisa berakibat buruk pada sebagian orang.Orang dengan alergi lateks mungkin akan alergi terhadap pepaya karena mengandung enzim yang disebut chitanases. Enzim ini dapat menimbulkan reaksi alergi, seperti gatal, ruam, kemerahan, batuk, mual, muntah, dan lainnya.Wanita yang sedang hamil sebaiknya tidak mengonsumsi pepaya mentah karena lateks pada pepaya dapat menyebabkan kontraksi uterus yang bisa membuat keguguran.Selain itu, jika dikonsumsi secara berlebihan, terutama yang mentah, maka dapat menyebabkan masalah pada pencernaan, seperti sakit di usus atau lambung.Selain itu, mengonsumsi pepaya muda atau yang belum matang dapat berbahaya untuk ibu hamil karena dapat memengaruhi uterus (rahim) dan siklus haid. 

Pesan dari SehatQ

Jika timbul berbagai keluhan setelah makan pepaya, sebaiknya segera hentikan mengonsumsinya. Segera periksakan diri Anda ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
buah dan sayuranpepaya
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/275517.php
Diakses pada 27 September 2019
Every Day Health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/papayas-nutrition-benefits-risks-how-eat-more/
Diakses pada 27 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/8-proven-papaya-benefits#section9
Diakses pada 27 September 2019
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-papaya.html
Diakses pada 27 September 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait