Selain Jadi Penyedap Masakan, Ini Manfaat Daun Kunyit untuk Kesehatan

(0)
Manfaat daun kunyit tidak kalah seperti bagian rimpangnyaManfaat daun kunyit mulai dari menyedapkan masakan, meningkatkan gangguan pencernaan, hingga menyembuhkan luka
Kunyit dikenal sebagai salah satu rempah yang mampu menyedapkan masakan. Tapi, tahukah Anda kalau manfaat daun kunyit juga tak kalah seperti bagian rimpangnya? Simak manfaat daun kunyit selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Manfaat daun kunyit untuk masakan hingga kesehatan

Kunyit atau kunir merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang tak bisa dilepaskan dari olahan masakan Indonesia. Selama ini, mungkin banyak orang hanya mengenal bagian rimpang kunyit.Sangat sedikit orang yang mengetahui atau memahami mengenai manfaat daun kunyit. Padahal, ada beberapa manfaat daun kunyit yang sebaiknya tidak boleh diremehkan begitu saja.Daun kunyit sendiri banyak dibudidayakan dan digunakan secara luas di Asia Selatan. Menurut seorang ahli gizi asal Bangalore, India, manfaat daun kunyit berasal dari sifat antiseptik dan antikarsinogeniknya.Meski demikian, manfaat daun kunyit mungkin masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan keefektifannya.Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Penggunaan daun kunyit secara berlebihan dapat berisiko menimbulkan efek samping pada tubuh, apalagi bagi orang-orang dengan kondisi medis tertentu. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter sebelum merasakan manfaat daun kunyit ini.Berikut adalah berbagai manfaat daun kunyit, mulai dari masakan hingga kesehatan selengkapnya:

1. Sebagai penyedap masakan

Salah satu manfaat daun kunyit yang paling terkenal adalah sebagai penyedap masakan. Anda dapat menemukan daun kunyit langsung dari tanamannya atau membelinya di sejumlah supermarket.Manfaat daun kunyit ini sudah banyak digunakan pada sajian khas India, Thailand, Malaysia, dan Indonesia (seperti sajian rendang atau gulai).Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila kehabisan rimpang kunyit di dapur. Air rendaman ekstrak daun kunyit kering ternyata bisa dijadikan pewarna makanan alami. Pasalnya, warnanya sama dengan warna yang diberikan oleh kunyit. 

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat daun kunyit berikutnya adalah meningkatkan kesehatan pencernaan tubuh. Hal ini karena zat antioksidan dan antiradang kurkumin di dalam kunyit dapat membantu mencegah Anda dari kambuhnya gangguan pencernaan, seperti perut kembung.Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa manfaat daun kunyit tak kalah seperti rimpangnya.Kandungan kurkumin pada daun kunyit diyakini dapat memacu kinerja empedu. Empedu merupakan salah satu organ penting yang dibutuhkan sistem pencernaan.Selain itu, menyimpulkan sejumlah penelitian berbeda, daun kunyit dikatakan aman dan mudah ditoleransi oleh orang-orang yang memiliki sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS).Potensi tersebut berasal dari efek antioksidan dan antiradang kurkumin yang membantu melancarkan kerja otot pencernaan.

3. Bersifat sebagai antiradang

Tidak hanya rimpang kunyit, manfaat daun kunyit juga berasal dari sifat antiradang kurkumin yang terkandung di dalamnya.Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Arizona dan dipublikasikan dalam Journal of Natural Production, kandungan antiradang kurkumin di dalam kunyit dapat membantu meringankan gejala nyeri sendi, seperti osteoarthritis dan rheumatoid.Kendati demikian, penelitian mengenai manfaat daun kunyit untuk meringankan gejala nyeri sendi masih terbatas dilakukan pada hewan uji.Jadi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan kemanjuran manfaat daun kunyit untuk meringankan gejala nyeri sendi pada manusia.Alangkah baiknya, penderita nyeri sendi berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan mengonsumsi daun kunyit sebagai konsumsi harian.

4. Menyembuhkan luka

Menyembuhkan luka juga menjadi manfaat daun kunyit lainnya. Selain antiradang, kurkumin juga mengandung zat antibakteri dan antivirus yang dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka.Manfaat daun kunyit ini dapat diperoleh dengan cara menumbuk daun kunyit dengan sedikit air. Kemudian, oleskan daun kunyit yang sudah dihaluskan pada kulit yang terluka, baik luka gores hingga luka bakar ringan.

5. Mencegah diabetes

Manfaat daun kunyit dipercaya dapat mencegah diabetes. Hasil studi pada hewan uji menyebutkan bahwa daun kunyit mampu mengurangi kadar gula darah.Sayangnya, studi tersebut masih dilakukan pada hewan uji sehingga masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya pada manusia.

6. Melembutkan dan mencerahkan kulit

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, manfaat daun kunyit juga diyakini dapat merawat kecantikan kulit.Antioksidan dalam kunyit membuat penampilan kulit secara keseluruhan tampak lebih lembut, halus, dan cerah. Bintik-bintik gelap atau noda di wajah pun dipercaya dapat memudar.Cara paling mudah untuk memperoleh manfaat daun kunyit ini adalah dengan meracik masker alami. Anda dapat menumbuk daun kunyit dan menambahkan bahan alami lain, seperti madu, sehingga menjadi pasta kental. Kemudian, oleskan campuran masker tersebut ke kulit.Kandungan antiseptik alami pada daun kunyit juga diklaim dapat meringankan gejala kondisi kulit, seperti eksim. Meski demikian, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengoleskan masker daun kunyit untuk mengurangi gejala eksim.Efek samping yang mungkin muncul bila konsumsi daun kunyit berlebihanSama halnya dengan kunyit, mengonsumsi daun kunyit secara berlebihan tentu dapat menimbulkan efek samping. Terlebih bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu.Di balik manfaatnya, berikut adalah efek samping daun kunyit apabila dikonsumsi secara berlebihan:

1. Iritasi pada lambung

Manfaat daun kunyit memang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Akan tetapi, jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak, maka daun kunyit dapat merangsang lambung untuk memproduksi lebih banyak asam lambung.Akibatnya, bagi beberapa orang yang memiliki gangguan pencernaan akut, kondisi tersebut mungkin dapat memperparah gejala penyakit.Hal ini juga diperkuat oleh sebuah studi yang dilakukan oleh partisipan yang mengikuti pengobatan kanker. Partisipan mengaku terpaksa berhenti melakukan pengobatan kanker sementara waktu karena mengalami gangguan pencernaan.

2. Mengencerkan darah

Salah satu efek samping daun kunyit jika dikonsumsi berlebihan adalah dapat mengencerkan darah sehingga meningkatkan risiko perdarahan. Bagi orang-orang yang mengonsumsi obat pengencer darah, seperti warfarin, secara rutin sebaiknya hindari konsumsi kunyit dalam jumlah yang terlalu banyak.

3. Meningkatkan kontraksi pada ibu hamil

Pada ibu hamil, konsumsi daun kunyit dalam jumlah yang normal mungkin tidak menyebabkan masalah. Namun, mengonsumsi daun kunyit secara berlebihan dapat meningkatkan kontraksi.

Catatan dari SehatQ

Manfaat daun kunyit memang tidak kalah dibandingkan rimpangnya. Meski demikian, manfaat daun kunyit mungkin masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan keefektifannya.Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter sebelum merasakan manfaat daun kunyit ini.
herbalhidup sehatpola hidup sehat
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318405#takeaway
Diakses pada 25 Agustus 2020
Web Md. https://www.webmd.com/food-recipes/features/why-ls-turmeric-good-for-me
Diakses pada 25 Agustus 2020
Liva Strong. https://www.livestrong.com/article/405988-what-are-the-benefits-of-turmeric-leaves/
Diakses pada 25 Agustus 2020
Food NDTV. https://www.livestrong.com/article/405988-what-are-the-benefits-of-turmeric-leaves/
Diakses pada 25 Agustus 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6210149/
Diakses pada 25 Agustus 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3288651/
Diakses pada 25 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait