Selain Gaya Hidup Sehat, Ini Cara Menghilangkan Selulit di Paha

Selulit di paha dapat dihilangkan dengan cara pijat
Squat dapat menjadi salah satu cara menghilangkan selulit di paha

Ketika melihat ke arah kaca dan ada banyak garis-garis yang tidak diharapkan di paha, pantat, atau perut bagian bawah Anda, saatnya mengucapkan selamat datang pada selulit. Kali ini, kita akan mengulas bagaimana cara menghilangkan selulit di paha.

Menghilangkan selulit bisa jadi merupakan salah satu kata kunci yang paling sering dicari di mesin pencarian. Untuk mencegahnya cukup sulit, terutama bagi orang yang pernah mengalami perubahan berat badan drastis atau usai melahirkan.

Diperkirakan, lebih dari 85% perempuan yang berusia di atas 21 tahun pasti memiliki selulit. 

[[artikel-terkait]]

Cara menghilangkan selulit di paha

Meskipun dirasa mengganggu bagi sebagian orang, sebenarnya selulit tidaklah berbahaya. Ada beberapa cara menyamarkan selulit di paha yang bisa dicoba, di antaranya:

  • Pijat

Salah satu cara menghilangkan selulit di paha yang cukup ampuh adalah lewat proses pemijatan. Anda bisa melakukannya di rumah atau dengan menggunakan jasa terapis.

Pijatan lembut ini bisa berdampak positif untuk proses drainase cairan getah bening dari limpa. Selain itu, pijatan di paha juga membantu menyamarkan tekstur kulit yang tidak rata akibat selulit.

  • Banyak minum

Rupanya manfaat dari mengonsumsi banyak air sangatlah melimpah, termasuk untuk menyamarkan selulit. Bagaimana korelasinya?

Tak hanya membuat tubuh tetap terhidrasi, cairan juga bisa menghilangkan racun tubuh yang bisa menyebabkan akumulasi lemak. Selain itu, air juga membantu sirkulasi sistem limfatik.

  • Squat 

Gerakan squat pada olahraga juga merupakan cara menghilangkan selulit di paha. Anda bisa melakukannya di rumah. 

Caranya, berdiri dengan kaki selebar bahu. Jari kaki menghadap ke arah depan. Kemudian, tekuk lutut seperti akan duduk di kursi. Meski demikian, pastikan lutut Anda tidak melewati jari kaki.

Kembali ke posisi berdiri dan lakukan hal ini secara berulang. Cara ini bisa dilakukan sembari bersantai di rumah dan bisa mengencangkan otot paha.

  • Menurunkan berat badan

Cara menghilangkan selulit di paha berikutnya lebih tepat apabila diaplikasikan bagi orang yang memiliki kelebihan berat badan. Dengan mengurangi berat badan, maka secara alami selulit akan berkurang.

Mengapa selulit bisa muncul?

Bagian tubuh seperti paha, pantat, dan perut memiliki jaringan lemak lebih banyak dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Selulit akan tercipta ketika ada timbunan lemak di antara jaringan ikat antara otot dan penyambung kulit.

Selain itu, munculnya selulit juga dipengaruhi beberapa hal seperti:

  • Usia
  • Hormon estrogen
  • Kenaikan berat badan
  • Berkurangnya kolagen
  • Menipisnya lapisan kulit terluar

Benang merah dari cara menghilangkan selulit di paha adalah dengan menjalani hidup sehat. Jika mencegah selulit muncul termasuk dalam hal yang mustahil terwujud, coba cara lain yaitu dengan mengadopsi gaya hidup lebih sehat.

Tak hanya menyehatkan tubuh, berolahraga dan memilah apa yang dikonsumsi bisa menjadi cara untuk membuat selulit enggan menampakkan diri di kulit sehat Anda. 

Satu lagi yang tak kalah penting: lakukan cara-cara menghilangkan selulit di paha dengan konsisten.

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-cellulite-on-thighs#12
Diakses pada 29 Mei 2019

Health. https://www.health.com/health/gallery/0,,20735356,00.html?slide=104841#104841
Diakses pada 29 Mei 2019

Women’s Health. https://www.womenshealthmag.com/uk/beauty/skin/a706785/how-to-get-rid-of-cellulite/
Diakses pada 29 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed