Selain Bikin Awet Muda, Ini 7 Manfaat Goji Berry yang Menyehatkan

Manfaat goji berry dapat dirasakan, karena buah ini mengandung vitamin C, serat, hingga zat besi.
Salah satu manfaat goji berry ialah menjaga tubuh Anda dari kanker.

Selain blueberry, raspberi, hingga cranberry, ada buah berry lainnya, yang ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Buah ini bernama goji berry. Apa saja manfaat goji berry, yang dianggap bisa membuat awet muda itu?

Buah berry berbentuk agak lonjong dan berwarna merah ini, berasal dari benua Asia. Buah yang juga dikenal dengan sebutan Lycium barbarum ini, telah digunakan selama 2.000 tahun lamanya, sebagai obat herbal dan suplemen makanan.

Manfaat goji berry untuk kesehatan

Sebelum mengupas tuntas manfaat goji berry, tidak ada salahnya untuk mengetahui kandungan nutrisi, yang ada di dalam goji berry.

Berikut ini adalah beberapa vitamin dan mineral, dalam goji berry, yang disebut-sebut bisa membuat awet muda itu.

  • Vitamin C
  • Serat
  • Zat besi
  • Vitamin A
  • Zinc
  • Antioksidan

Selain itu, goji berry juga mengandung delapan asam amino penting. Satu porsi (1 ons) goji berry, bisa memberikan hampir 10% protein dari kebutuhan harian Anda. Penasaran dengan manfaat goji berry?

1. Menyehatkan kulit

Salah satu manfaat goji berry adalah membuatawet muda. Sebab, goji berry dilengkapi beta-karoten, yang terbukti bisa menyehatkan kulit.

Bahkan, krim kecantikan yang dilengkapi dengan beta karoten, dipercaya dapat mengurangi iritasi kulit, meningkatkan kesehatan kulit, mengontrol efek samping matahari terhadap kulit, hingga mengontrol dampak penuaan.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap hewan, berhasil menunjukkan bahwa goji berry memberikan antioksidan, untuk melindungi kulit dari penyakit dan sinar UV.

2. Mengontrol kadar gula darah

Setiap orang memiliki seleranya masing-masing, apalagi dalam masalah makanan. Jika Anda suka makanan manis, tapi tidak ingin gula darah meningkat, goji berry bisa jadi opsi terbaik.

Goji berry dikenal manis dan sedikit asam. Namun, buah ini dianggap berpotensi menurunkan kadar gula darah, meningkatkan toleransi gula, mengurangi resistensi insulin, hingga memperbaiki dan memulihkan sel-sel yang membantu memproduksi insulin.

Berkonsultasilah dengan dokter, sebelum memasukkan goji berry ke dalam menu diet Anda, apalagi jika sedang mengonsumsi makanan pengontrol gula darah. Jika lebih sering mengonsumsi goji berry, maka Anda juga harus rajin mengontrol gula darah.

3. Menjaga tubuh dari kanker

Tingginya kandungan antioksidan dalam goji berry, seperti vitamin C, zeaxanthin, dan karoten, mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap risiko kanker. Selain itu, antioksidan juga mampu memperlambat pertumbuhan tumor, mengurangi peradangan, dan membantu tubuh menghilangkan zat-zat berbahaya lainnya.

4. Meningkatkan testosteron

Bagi pria yang ingin meningkatkan jumlah spermanya, manfaat goji berry bisa jadi opsi yang baik untuk Anda. Dalam sebuah studi pada hewan, goji berry terbukti berhasil meningkatkan jumlah dan gerakan sperma, meningkatkan kemampuan seksual, dan mempercepat produksi testosteron.

Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa goji berry adalah alternatif dari “obat kuat”.

5. Mencegah kerusakan hati

Sejak dahulu kala, manfaat goji berry telah digunakan untuk mengobati penyakit hati. Penelitian pada hewan membuktikan, goji berry mampu menjaga kesehatan hati dan mencegah perkembangan penyakit perlemakan hati, yang diinduksi alkohol.

6. Membantu penurunan berat badan

Jika Anda ingin kenyang, walau hanya makan dengan porsi kecil, coba saja goji berry. Buah yang satu ini mengemas energi sehat, menjadi porsi kecil.

Rasa yang manis dan berserat tinggi, bisa membantu Anda tetap konsisten menjalani diet sehat. Jika ingin makanan ringan yang lezat dan bikin kenyang, makan saja goji berry.

Goji berry juga sangat rendah gula dan kalori. Setiap 1 ons-nya, goji berry hanya memiliki 100 kalori.

7. Dianggap sebagai buah super

Beberapa merek goji berry kemasan yang dijual di pasaran, menyebutnya sebagai buah super. Sebuah penelitian memang menjelaskan, responden yang mengonsumsi jus goji berry selama dua minggu, mengalami peningkatan energi, performa, kualitas tidur, kemampuan untuk fokus, hingga ketenangan.

Namun, studi ini belum didukung dengan fakta yang kuat, sehingga masih dibutuhkan lagi penelitian lebih lanjut, untuk membuktikan kehebatan manfaat goji berry.

Efek samping dan risiko buah goji berry

Goji berry biasanya dijual dalam bentuk kering, yang bisa dicampur dengan sereal atau yogurt, untuk sarapan pagi. Makan dua porsi sehari, biasanya sangat direkomendasikan, untuk manfaat kesehatan yang lebih optimal.
Akan tetapi, selalu konsultasikan kepada dokter, sebelum Anda mulai mengonsumsi goji berry. Jika Anda sedang mengalami kondisi di bawah ini, segera hindari goji berry.

  • Sedang mengonsumsi obat-obatan untuk pengencer darah, obat diabetes, dan obat tekanan darah
    Alergi terhadap buah-buahan
  • Selain itu, belum ada bukti yang lengkap mengenai tingkat keamanan buah goji berry saat dikonsumsi ibu hamil. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan mengonsumsi goji berry, ketika sedang mengandung.

Selain itu, seperempat cangkir goji berry, bisa memenuhi 340% dari asupan vitamin A. Maka dari itu, batasi pengonsumsiannya, agar terhindar dari hipervitaminosis A atau kelebihan vitamin A yang dapat memiliki efek toksik dalam tubuh.

Healthline. https://www.healthline.com/health/goji-berry-facts#side-effects

Diakses pada 21 November 2019

 

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322693.php#seven-scientifically-proven-benefits

Diakses pada 21 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed