Selada Merah dan Manfaatnya yang Baik untuk Kesehatan


Selada tak selalu berwarna hijau. Ada juga selada merah yang ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Rasanya pun tak kalah lezat dari selada yang sering kita makan sehari-hari.

(0)
18 Nov 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Selada merah dipercaya mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk jantung.Kandungan air milik selada merah dipercaya bisa bantu Anda turunkan berat badan.
Selada merah atau Lactuca sativa masih satu saudara dengan selada hijau. Soal nutrisi dan kelezatan, tentunya selada merah tidak kalah dari saudaranya.Kandungan kalori dan lemak selada merah sangat rendah, tapi sayuran ini mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

8 manfaat selada merah untuk kesehatan

Mulai dari menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, hingga menstabilkan tekanan darah. Selada merah menjadi salah satu sayuran yang sangat menyehatkan. Berikut adalah sejumlah manfaat selada merah yang bisa Anda nikmati.

1. Bernutrisi tinggi

Selada merah adalah sayuran yang padat akan nutrisi. Di dalam tiga cangkir (85 gram) selada merah, terdapat berbagai kandungan nutrisi ini:
  • Kalori: 11
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Serat: 1 gram
  • Vitamin K: 149 persen dari rekomendasi asupan harian (RAH)
  • Vitamin A: 127 persen dari RAH
  • Magnesium: 3 persen dari RAH
  • Mangan: 9 persen dari RAH
  • Folat: 8 persen dari RAH
  • Zat besi: 6 persen dari RAH
  • Vitamin C: 5 persen dari RAH
  • Kalium: 5 persen dari RAH
  • Vitamin B6: 4 persen dari RAH
  • Thiamin (vitamin B1): 4 persen dari RAH
  • Riboflavin (vitamin B2): 4 persen dari RAH.
Kandungan nutrisi selada merah sangat mirip dengan sayuran berdaun hijau. Namun, kandungan vitamin K sayuran ini menjadi salah satu yang tertinggi.

2. Menghidrasi tubuh

Untuk mencegah dehidrasi, Anda disarankan untuk meminum air putih secara teratur. Namun ternyata, mengonsumsi makanan yang kaya akan air juga disarankan.Selada merah menjadi salah satu sayuran yang punya banyak kandungan air. Menurut studi, sekitar 96 persen kandungan selada merah didominasi oleh air. Oleh karena itu, selada merah dipercaya bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Mengandung antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Selada merah memiliki berbagai macam nutrisi ini.Beta karoten, yang dapat berubah menjadi vitamin A saat masuk ke dalam tubuh, adalah salah satu antioksidan yang dikandung selada merah. Selain itu, selada merah juga mengandung antosianin yang bisa mengatasi peradangan dan baik untuk kesehatan jantung.Ditambah lagi, sayuran yang cocok dijadikan salad ini juga mengandung vitamin C, antioksidan kuat yang bisa mencegah berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker.

4. Menjaga kesehatan jantung

Selada merah memiliki banyak vitamin dan mineral
Kandungan kalium pada selada merah sangat baik untuk jantung
Segala macam buah dan sayur dipercaya baik untuk jantung. Namun, selada merah memiliki beberapa nutrisi yang dibutuhkan jantung untuk berfungsi baik.Contohnya, magnesium dan kalium. Keduanya sangat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan detak jantung dan membuat sel otot jantung menjadi rileks.Mengalami kekurangan magnesium dan kalium dapat meningkatkan risiko darah tinggi, gagal jantung, dan penyakit jantung koroner.

5. Sumber vitamin A yang tinggi

Dengan mengonsumsi tiga cangkir selada merah saja, kebutuhan vitamin A harian Anda sudah terpenuhi 127 persen. Vitamin ini sangat baik untuk sistem imun, pertumbuhan sel tubuh, dan kesehatan mata.Vitamin A juga memerankan tugas penting dalam menjaga pertumbuhan dan fungsi organ vital, seperti jantung, ginjal, dan paru-paru.

6. Mengandung vitamin K untuk kesehatan tulang dan darah

Tubuh membutuhkan vitamin K untuk membentuk protein yang bertanggung jawab dalam proses pembekuan darah.Selain itu, vitamin K dapat membantu kalsium untuk masuk ke dalam tulang sehingga kesehatan tulang terjaga. Vitamin ini juga berperan dalam membantu tubuh menciptakan protein yang mencegah adanya pengerasan pembuluh darah.

7. Menurunkan tekanan darah

Saat tekanan darah menjadi tinggi, jantung akan bekerja lebih ekstra sehingga risiko stroke dan penyakit jantung lainnya akan mengintai. Sebuah riset membuktikan, mengonsumsi makanan yang mengandung kalium dapat menurunkan tekanan darah tinggi.Selain selada merah, cobalah konsumsi makanan tinggi kalium lainnya seperti alpukat. Dengan begitu, tekanan darah bisa dijaga.

8. Membantu turunkan berat badan

Selada merah dipercaya bisa menurunkan berat badan
Selada merah dipercaya bisa bantu turunkan berat badan
Banyak faktor yang membuat selada merah menjadi makanan yang bisa membantu proses penurunan berat badan. Salah satunya adalah sayuran ini mengandung kalori rendah tapi berserat tinggi.Selain itu, selada merah juga mengandung banyak air. Faktor-faktor inilah yang kemudian dipercaya dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Catatan dari SehatQ:

Mengonsumsi berbagai makanan sehat seperti selada merah sangat baik untuk kesehatan. Variasikan pola makan Anda dengan buah dan sayuran guna menjaga kebugaran jasmani dan mencegah berbagai penyakit.Untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai pola makan sehat, ada baiknya bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/red-leaf-lettuce#TOC_TITLE_HDR_2
Diakses pada 4 November 2020
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/271057-red-leaf-lettuce-nutrition-information/
Diakses pada 4 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait