logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

Risiko Threesome atau Seks Bertiga untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

open-summary

Seks bertiga atau threesome dapat meningkatkan risiko tertular infeksi menular seksual antarpelakunya. Selain itu, kegiatan seks ini juga dapat memicu kecemburuan dan sakit hati terhadap pasangan.


close-summary

4

(4)

7 Jun 2022

| Dedi Irawan

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Threesome

Melakukan dengan dua perempuan merukapan fantasi banyak pria

Table of Content

  • Threesome di mata laki-laki dan perempuan
  • Ketahui ruginya melakukan seks bertiga
  • Cara mengatasi ketergantungan threesome

Threesome adalah aktivitas seksual yang melibatkan tiga orang. Bercinta dengan cara ini seringkali menjadi topik hangat di antara para pria. Obrolan tentang seks memang selalu menarik, namun akan makin berbeda seiring bertambahnya usia.

Advertisement

Masa-masa kehidupan seksual paling aktif tidak jarang menjadikan hubungan seks threesome sebagai simbol kejantanan. Akibatnya, keinginan berhubungan seksual dengan dua orang lawan jenis makin menggila.

Selain sebagai ajang pembuktian, kebanyakan pria memimpikan seks bertiga karena mereka sadar akan terikat tali perkawinan yang membuat impian ini nyaris mustahil. 

Saat usia menua dan sudah menikah, sebagian pria mungkin akan tetap mencari pasangan seksual baru. Tapi tak jarang juga laki-laki menjadi suami yang sangat setia.

Threesome di mata laki-laki dan perempuan

Dilihat dari dorongan biologis, pandangan seorang laki-laki dan perempuan terhadap fantasi seks bertiga kemungkinan besar akan berbeda. Berikut perbedaan yang mendasari fantasi tersebut:

1. Laki-laki

Para lelaki umumnya memimpikan berhubungan seksual dengan dua orang sekaligus. Bagi mereka, hal ini amat menggairahkan karena memiliki dua tubuh berbeda untuk dinikmati secara bersamaan.

Secara biologis, keinginan tersebut bukanlah hal yang mengherankan. Pasalnya, para pria memiliki dorongan alamiah untuk menyebarkan gen yang mereka miliki pada sebanyak mungkin lawan jenis.

2. Perempuan

Kaum hawa umumnya ingin memiliki pasangan yang mumpuni dalam banyak hal, termasuk keahlian seksual. Bagi mereka, sang pria haruslah mempunyai keunggulan stamina, kesehatan, dan kemampuan memenangkan persaingan.

Tak heran jika untuk menikah pun, wanita akan mencari pria dengan gen terbaik demi keturunannya. Karena dorongan mendapatkan lelaki terbaik inilah, perempuan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mau melakukan seks bertiga alias threesome.

Bagi wanita, melakukan seks dengan formula dua perempuan dan satu lelaki tidak memberikan manfaat. Selain itu, berbagi pria hebat tidak termasuk dalam keinginan perempuan.

Baca juga: Perilaku Seks Berisiko yang Perlu Dihindari

Ketahui ruginya melakukan seks bertiga

Meski jadi idaman banyak pria, melakukan seks dengan dua orang sekaligus bukannya tanpa risiko. Ada sejumlah risiko dari segi kesehatan maupun psikologi yang harus dipertimbangkan jika Anda benar-benar ingin melakukannya. Apa sajakah itu?

Dari sisi kesehatan

Jika dihitung dengan seksama, threesome memiliki risiko kesehatan yang tidak sebanding dengan sensasinya. Salah satu risiko yang nyata tentu kemungkinan lebih besar untuk terpapar penyakit infeksi menular seksual (IMS).

Saat terlibat threesome, para pelaku kemungkinan akan mengabaikan penggunaan alat-alat kontrasepsi, baik itu kondom atau pelindung mulut untuk seks oral.

Pemakaian alat kontrasepsi tentu dianjurkan hanya sekali digunakan dan hanya untuk satu orang. Jika berhubungan seks dengan dua wanita sekaligus, artinya sang pria harus mengganti kondom setiap akan melakukan penetrasi.

Tak jarang pelaku seks menganggap ganti-ganti alat pelindung tersebut sebagai langkah yang merepotkan. Lalu mereka cenderung tidak menggunakannya.

Sebagai akibatnya, kemungkinan terinfeksi penyakit akan makin besar karena pertukaran cairan tubuh di antara ketiga pelaku seks. Apabila satu pria atau wanita yang menjadi pelakunya menderita penyakit infeksi menular seksual, dua orang lainnya berisiko besar menderita penyakit yang sama.

Dari sisi psikologi

Umumnya, kaum perempuan akan merasakan tekanan psikologis lebih besar daripada pria ketika melakukan seks bertiga. Apa alasannya?

Saat pasangan pria menginginkan hubungan seksual dengan perempuan lain secara bersamaan, kecemburuan biasanya akan melanda pasangan wanitanya.

Masalahnya, sulit sekali mengukur tingkat kecemburuan dan sakit hati yang dialami oleh wanita ketika pasangan prianya membawa wanita lain ke ranjang yang sama. Tiap perempuan pasti ingin diperlakukan dengan baik dan terhormat saat menjalin hubungan. Dalam threesome, hal ini cenderung lenyap.

Jika ingin mewujudkan fantasi seksual threesome, pastikan sudah dibicarakan dengan matang sehingga tidak berujung pada dan masalah dalam hubungan. Misalnya, pertengkaran hingga perceraian.

Pastikan juga pembicaraan tersebut membahas berbagai risiko yang mungkin muncul di kemudian hari. Bahkan bila sudah setuju, berikan waktu pada pasangan untuk memikirkannya dengan matang.

Baca juga: Makanan untuk Meningkatkan Kualitas Seks

Cara mengatasi ketergantungan threesome

Ketergantungan melakukan seks dengan lebih dari satu orang sebenarnya mirip dengan ketergantungan seks lainnya. Jika sudah mulai mengganggu, Anda perlu mulai mempertimbangkan untuk menghentikannya sekarang juga. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Berkomunikasi dengan pasangan

Aktivitas seks harus didasari oleh suka sama suka dan mau sama mau. Jika ada salah satu pihak yang mulai tidak nyaman, Anda perlu mulai membicarakannya ulang. Atur perbincangan santai dengan pasangan mengenai hal yang mengganggu.

2. Berkonsultasi dengan dokter

Langkah selanjutnya adalah berkonsultasi dengan para profesional. Kamu bisa memilih psikolog, psikiater, atau dokter spesialis yang berhubungan dengan seks. Cobalah untuk jujur dalam mengungkapkan apa yang dirasakan. Dokter tentu akan memberikan saran terbaik untuk Anda.

3. Melakukan terapi

Jika memang dibutuhkan, Anda bisa melakukan terapi dengan pengawasan dari dokter. Terapi ini sebenarnya hanya bantuan supaya Anda bisa keluar dari sebuah kebiasaan, ketidaknyamanan, dan ketakutan. Di sisi lain, Anda juga harus bersungguh-sungguh dalam menjalankan semua proses terapi yang dianjurkan dokter.

Baca juga: Bahaya dan Risiko Anal Seks untuk Kesehatan

Bila menyadari bahwa risiko seks bertiga tidak sepadan untuk hubungan Anda, lebih baik biarkan threesome hanya sebagai fantasi seks. Banyak hal yang harus dikorbankan jika pasangan memutuskan untuk mencobanya, dari penyakit hingga dampak psikologis.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang seks bertiga atau threesome serta risikonya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

hubungan seksualhubungan seks beresikopenyakit menular seksual

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved