logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

Sejumlah Manfaat Memberikan Buku Anak kepada Si Kecil

open-summary

Bantu tumbuh kembang SI Kecil dengan mengenalkan buku sejak dini. Gunakan buku anak yang menarik dan dapat ia jadikan sebagai mainan. Berikut beberapa manfaat mengenalkan buku anak sejak dini bagi perkembangan buah hati Anda.


close-summary

0

16 Jun 2020

| Salis Annisa

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Buku anak dapat memberikan berbagai manfaat pada anak

Seorang anak sedang membaca buku

Table of Content

  • Manfaat buku anak untuk buah hati Anda
  • Jenis buku anak yang direkomendasikan

Untuk memberikan buku anak kepada Si Kecil, Anda tidak perlu menunggu hingga ia memasuki usia sekolah. Anda bisa memperkenalkan buku anak sejak dini, misalnya melalui membacakan Si Kecil buku cerita atau memberikannya berbagai buku menarik sebagai mainan.

Advertisement

Saat ini, sudah banyak buku yang tersedia untuk balita. Umumnya buku tersebut terbuat dari kain sehingga tidak membahayakan Si Kecil. Di samping kegunaannya sebagai mainan, buku anak bisa memberikan sejumlah manfaat yang baik bagi buah hati Anda.

Manfaat buku anak untuk buah hati Anda

Berikut ini adalah sejumlah manfaat buku anak yang baik bagi perkembangan buah hati Anda sejak dini.

1. Membantu perkembangan otak dan imajinasi anak

Mengenalkan buku anak dan membacakannya kepada Si Kecil sejak dini dapat membantu perkembangan otak dan imajinasinya. Selain itu, mengenalkan buku sejak usia dini akan membantu anak untuk lebih siap dengan proses pembelajaran di masa depan.

Anda juga bisa memanfaatkan sesi membaca buku bersam anak sebagai momen untuk membentuk ikatan yang kuat dengan Si Kecil dan mensejahterakan kesehatan emosionalnya.

Anda dapat membacakan buku anak sejak dini, bahkan sebelum bayi Anda bisa berbicara, karena ia akan mendengarkan Anda membacakan buku. Mendengarkan Anda membaca akan membuat mereka merasakan suara, nada, dan rima dari bahasa yang digunakan. Selain itu, bayi juga umumnya senang melihat gambar.

2. Membuat buku tampak menyenangkan dengan menjadikannya mainan

Saat Anda mulai memperkenalkan buku, jangan langsung berpikir atau berharap Si Kecil dapat membaca lebih cepat. Sebaliknya, jadikan buku sebagai mainan edukasi baginya.

Buatlah sesi bermain dengan buku menjadi lebih menyenangkan agar kelak buah hati Anda akan mencintai buku dan gemar membacanya.

3. Memperkenalkan kosakata sejak dini

Tahukah Anda bahwa kesulitan membaca pada anak bisa dicegah dengan memperkenalkan kosakata sejak dini. Caranya adalah cukup dengan membacakan buku anak sejak dini untuk Si Kecil. Hal ini juga dapat membantunya untuk tahu bagaimana cara menggunakan buku.

Yang dimaksud memperkenalkan di sini bukan berarti Anda meminta anak untuk membaca sejak kecil, tapi cukup dengan mengenalkan buku dan menjadikan momen bersama buku menjadi menyenangkan. Contohnya dengan Anda membacakan buku untuk Si Kecil.

4. Membantu perkembangan kemampuan anak berkomunikasi

Bukan hanya membantunya mengenal kosakata sejak dini, mengenalkan buku dan membacakannya untuk Si Kecil juga dapat membantu dirinya untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan sosial dengan baik.

Baca Juga

  • Tips Memilih Mainan Gigitan Bayi atau Teether yang Aman untuk Si Kecil
  • Menjaga Keselamatan Si Kecil di Taman Bermain Anak
  • Tingkatkan Kemampuan Sosial, Ini 7 Manfaat Main Boneka untuk Anak-Anak

Jenis buku anak yang direkomendasikan

Tertarik untuk memberikan buku anak kepada buah hati Anda? Pastikan Anda mengetahui jenis buku yang cocok dengan usianya. Pasalnya, anak-anak usia balita umumnya ingin diikutsertakan dalam sesi membaca buku.

Jadi, pilihlah buku yang bisa mereka ikuti, terutama yang memiliki teks yang sudah sudah dikenal agar mereka dapat mengisi kata-kata di dalamnya.

Untuk anak usia satu hingga dua tahun, Anda bisa memiliki buku dengan bahan papan yang kokoh dengan gambar kegiatan yang juga ia lakukan. Misalnya dengan memberikan buku tentang waktu mandi, tidur, dan makan. Anfa juga bisa mencoba untuk membuat tangan Si Kecil aktif dengan mengangkat halaman buku dan memegang teksturnya.

Sedangkan untuk balita usia dua hingga tiga tahun, umumnya mereka menyukai buku tentang keluarga, anak-anak, dan binatang. Anda bisa memberikan buku dengan hal yang ia sukai. Contohnya beruang, kereta, truk, dan sebagainya.

Selain itu, mereka juga menyukai buku yang mudah dihafal dan berulang sehingga bisa ikut membaca bersama Anda. Anak seusia ini juga sudah mulai memahami mekanisme membaca dan mulai membolak-balik halaman kertas sehingga Anda bisa mulai mengganti buku yang terbuat dari papan atau kain.

Ada beragam hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu tumbuh kembang anak, salah satunya dengan mulai mengenalkan buku anak kepada Si Kecil. Satu hal yang perlu diingat, jangan terlalu memaksa anak untuk menyukai buku di usia dini agar kelak ia dapat melihat buku sebagai sesuatu yang menyenangkan.

Advertisement

mainan anak

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved