Salah satu cara menghilangkan komedo adalah menggunakan alat penyedot komedo
Ilustrasi seorang wanita yang memiliki masalah komedo

Kemunculan komedo alias blackhead di beberapa bagian wajah bisa jadi masalah yang mengganggu penampilan. Namun, Anda bisa mencoba menghilangkannya dengan alat penyedot komedo atau dikenal juga sebagai vakum komedo.

Alat penyedot komedo adalah semacam vakum berukuran kecil yang digunakan untuk mengeluarkan komedo, minyak, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Sedotan alat ini berada pada level sedang sehingga cenderung tidak akan melukai kulit Anda.

Beberapa jenis alat penyedot komedo banyak dijual bebas dengan harga yang relatif terjangkau. Namun, ada pula versi alat yang lebih canggih dan digunakan oleh dokter kulit maupun klinik kecantikan.

Apakah alat penyedot komedo efektif?

Alat penyedot komedo banyak dipilih oleh wanita karena penggunaannya yang sederhana. Anda cukup menyalakan alat tersebut, menempelkan lubang penyedot di kulit berkomedo, lalu menggesernya ke seluruh wajah atau bagian yang ingin diangkat komedonya.

Menurut pakar kecantikan dari University of Utah, Amerika Serikat, alat penyedot komedo terbukti mampu mengangkat blackheads yang menyumbat pori-pori. Hanya saja, tingkat kesuksesan alat ini terhadap kulit Anda akan tergantung dari beberapa hal, seperti:

  • Perawatan sebelumnya

Sebelum menggunakan alat penyedot komedo, Anda harus membersihkan wajah terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan prosedur pembukaan pori-pori, misalnya menggunakan uap panas atau mengoleskan produk kecantikan yang mengandung asam salisilat atau asam glikolat.

  • Jenis alat yang digunakan

Pastikan alat yang Anda gunakan memiliki daya hisap yang cukup untuk mengangkat komedo dari pori-pori. Daya hisap yang terlalu lemah tidak akan menyedot komedo, sedangkan alat hisap yang terlalu kuat bisa melukai kulit Anda.

  • Penguasaan alat

Meski alat penyedot komedo banyak dijual bebas, Anda tetap disarankan untuk melakukan penyedotan komedo di klinik kecantikan terpercaya atau dokter kulit. Selain alat yang digunakan di sana biasanya lebih bagus, mereka juga memiliki keterampilan dalam penguasaan alat ini.

Sekalipun alat penyedot komedo ini efektif, efek yang dihasilkannya biasanya tidak bertahan lama. Dengan kata lain, komedo Anda bisa datang lagi bila penyedotan ini tidak dilanjutkan dengan perawatan kulit yang baik.

Risiko menggunakan alat penyedot komedo

Pemilihan dan penguasaan alat yang baik serta melakukan prosedur pembukaan pori-pori, merupakan faktor penting agar Anda tidak mengalami efek samping dari penggunaan alat penyedot komedo ini. Jika Anda merasa alat tidak efektif, kemudian menaikkan level penyedotan, maka kulit wajah akan terasa nyeri.

Dalam kasus yang parah, Anda bisa mengalami telangiectasis, yaitu pecahnya pembuluh darah pada wajah. Jika sudah begini, Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk menyembuhkan masalah tersebut, salah satunya dengan terapi laser.

Cara lain membersihkan komedo

Sama halnya dengan menggunakan pore strip, menggunakan alat penyedot komedo berisiko menyebabkan kerusakan kulit, misalnya luka. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan berbagai alternatif untuk menghilangkan komedo yang lebih aman, misalnya:

  • Menggunakan krim wajah yang mengandung asam salisilat yang berfungsi menghancurkan sel kulit mati dan mengangkat minyak yang menyumbat pori-pori.
  • Melakukan eksfoliasi dengan produk yang mengandung asam hidroksi (BHA), misalnya asam glikolat.
  • Gunakan krim wajah yang mengandung retinoid.
  • Menggunakan masker wajah, terutama yang mengandung charcoal aktif.
  • Melakukan ekstraksi komedo di dokter kulit atau klinik kecantikan terpercaya.

Ketika komedo sudah hilang, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan wajah dengan rutin mencuci muka dengan sabun pembersih wajah, terutama sebelum tidur. Jika Anda merasa mengalami masalah kulit akibat penggunaan alat penyedot komedo yang berlebihan, konsultasikan dengan dokter kulit yang kompeten.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/blackhead-vacuum
Diakses pada 17 April 2020

University of Utah. https://healthcare.utah.edu/healthfeed/postings/2017/06/pore-vacuum.php
Diakses pada 17 April 2020

Medicinet. https://www.medicinenet.com/blackheads/article.htm
Diakses pada 17 April 2020

Artikel Terkait