Sehatnya Manfaat Jeruk Mandarin, Si Jeruk Mungil dari Negeri Tirai Bambu

(0)
03 Aug 2020|Annisa Trimirasti
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Jeruk mandarin berwarna oranye terang dan bentuknya agak pipihJeruk mandarin memiliki warna oranye yang terang
Jeruk mandarin adalah salah satu jenis jeruk yang menjadi favorit banyak orang. Dan, siapa sangka jeruk dari negeri tirai bambu yang umumnya berukuran kecil ini ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan.Secara umum, dari segi warna dan rasa, jeruk mandarin bisa sama seperti jeruk biasa. Perbedaan jeruk ini terletak pada ukurannya yang lebih kecil.Bentuk jeruk mandarin juga tidak bulat sempurna. Bagian atas dan bawahnya biasanya agak datar, sehingga tampak lebih pipih dari jeruk lainnya.

Kekayaan nutrisi jeruk mandarin

Buah jeruk mandarin adalah salah satu buah yang kaya gizi. Satu buah jeruk berukuran sedang (88 gram) saja dapat menawarkan 47 kalori, 12 gram karbohidrat, 0,7 gram protein, 0,3 gram lemak, dan 2 gram serat.Buah oranye terang ini pun mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Contohnya, vitamin C, vitamin A, vitamin B, kalium, kalsium, mangan, serta magnesium. 

Beragam manfaat jeruk mandarin yang menyehatkan

Berkat berbagai macam kekayaan gizi dalam jeruk mandarin, buah ini dapat memberi manfaat sebagai berikut:
  • Membantu dalam menangkal radikal bebas

Jeruk mandari kaya akan antioksidan bernama flavonoid. Senyawa ini dapat membantu dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa memicu penuaan dan beragam penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Berkat kekayaan kandungan vitamin C dalam jeruk mandarin, buah ini dapat membantu Anda untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, vitamin ini termasuk antioksidan yang mendorong fungsi sel-sel dalam sistem imun.Terlebih, vitamin C juga dapat membantu dalam menyehatkan sekaligus memperkuat kulit dan jaringan tubuh. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan vitamin C untuk mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Membantu dalam menyehatkan sistem pencernaan

Jeruk mandarin mengandung serat, terutama jenis serat yang larut dalam air. Kandungan serat jenis ini dapat membentuk secam gel di saluran pencernaan.Secam gel bisa menarik air ke usus untuk melunakkan feses. Mekanisme ini kemudian membantu dalam melancarkan proses pencernaan.Selain serat yang larut dalam air, jeruk mandarin juga mengandung serat tidak terlarut. Kombinasi keduanya dikatakan mampu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis dan membantu seseorang untuk menurunkan berat badan.
  • Berpotensi mengurangi risiko terkena batu ginjal

Salah satu penyebab umum batu ginjal adalah rendahnya kadar sitrat dalam urine. Di sinilah manfaat jeruk mandarin berperan penting.Buah ini merupakan salah satu bahan pangan yang tinggi sitrat, sehingga dapat membantu dalam mengurangi risiko terjadinya batu ginjal.
  • Dapat mengendalikan tekanan darah

Jeruk mandarin mengandung berbagai mineral dan salah satunya adalah kalium. Kandungan ini membuat jeruk mandarin dipercaya mampu mengatur tekanan darah.Kalium merupakan mineral yang dapat mengurangi efek garam. Seperti yang Anda tahu, garam tergolong sebagai pemicu umum dari tekanan darah tinggi bila dikonsumsi secara berlebihan.
  • Berpotensi menyehatkan sistem saraf

Kandungan mangan dalam jeruk mandarin diyakini dapat membantu dalam menyehatkan otak dan fungsi saraf. Apa alsannya?Mangan bisa melindungi otak serta saraf dari kerusakan akibat radikal bebas, dan membantu dalam meningkatkan fungsi kognitif.
  • Membantu dalam menyehatkan tulang

Kandungan magnesium dan kalsium dalam jeruk mandarin berpotensi menyehatkan tulang. Pasalnya, kedua zat ini merupakan komponen penting untuk menjaga kekuatan tulang.

Tips memilih dan menyimpan jeruk mandarin dengan tepat

Bila Anda tertarik makan jeruk mandarin, Anda tentu perlu tahu cara memilih dan menyimpannya dengan benar. Saat membelinya, pilihlah jeruk dengan kulit mengkilap dan terasa lebih berat dari yang lain. Anda perlu menghindari buah yang memiliki tekstur lunak atau terdapat kerusakan pada kulitnya.Selanjutnya, Anda bisa menyimpan buah jeruk mandarin pada temperatur ruangan selama satu minggu. Namun bila sudah dikupas, simpanlah di kulkas. Jeruk mandarin dapat bertahan hingga enam minggu bila Anda simpan dalam kulkas.Jeruk mandarin termasuk buah yang kaya kandungan gizi, sehingga mampu memberikan beragam kashiat untuk kesehatan. Mulai dari sistem pencernaan, kekuatan tulang, hingga sistem imun.Buah jeruk ini pun mudah ditemukan dan disimpan. Anda juga dapat menyertakannya dalam hidangan sarapan, misalnya sebagai pemanis alami dalam oatmeal. Jadi tunggu apalagi, mari sertakan jeruk mandarin dalam menu sehat Anda.
jus jeruk
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/IngredientsProfiles/Mandarin
Diakses pada 3 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/mandarin-orange
Diakses pada 3 Agustus 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/257429-what-are-the-benefits-of-mandarin-oranges/
Diakses pada 3 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait