Sehat dan Menyegarkan, Ini 6 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi Hari

Peras buah lemon asli untuk mendapatkan airnya agar manfaatnya optimal bagi kesehatan Anda
Gunakan air perasan dari lemon asli, bukan produk ekstrak atau sirup lemon

Segelas teh atau kopi seringkali dijadikan sebagai ‘amunisi’ bagi sebagian besar orang sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Namun pernahkah Anda mempertimbangkan minum air lemon di pagi hari? 

Jika belum, tak ada salahnya Anda mencoba minum segelas air lemon sebagai awal rutinitas pagi. Pasalnya, ada berbagai manfaat minum air lemon yang bisa Anda petik. 

Dapatkan manfaat minum air lemon di pagi hari ini

Air lemon memiliki beragam manfaat untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Apa sajakah itu? 

1. Mengatasi dehidrasi

Kebanyakan orang bisa saja enggan minum air mineral di pagi hari karena rasanya yang hambar. Alhasil, banyak orang kemudian memilih konsumsi minuman lain sebagai penggantinya. Terutama minuman yang manis, misalnya teh dan kopi. 

Sebagai alternatif, Anda bisa menambahkan potongan atau sedikit perasan buah lemon ke dalam segelas air putih untuk menambah rasa. Selain menyegarkan, air lemon bisa membantu Anda minum lebih banyak air. Dengan begitu, tubuh Anda akan terhidrasi dengan baik. 

2. Meremajakan kulit

Minum air lemon di pagi hari secara rutin dapat mempercantik penampilan kulit. Apa alasannya?

Kandungan vitamin C di dalam lemon dianggap dapat membantu dalam meningkatkan produksi kolagen. Tak hanya itu, vitamin ini juga mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari

3. Mengatasi masalah bau mulut

Saat bangun tidur di pagi hari, mulut biasanya akan mengeluarkan bau tidak sedap. Untuk mengatasinya, Anda bisa minum air lemon di pagi hari. Pasalnya, air lemon dapat merangsang produksi air liur sehingga masalah bau mulut bisa diminimalisir. 

Tak hanya itu, air lemon juga dapat membantu dalam mencegah mulut kering. Saat mulut Anda kering, bakteri bisa muncul dan menyebabkan bau mulut. 

4. Membantu dalam melancarkan fungsi pencernaan

Manfaat minum air lemon pagi hari selanjutnya adalah membantu Anda untuk melancarkan pencernaan. Konsumsi air lemon hangat dipercaya dapat menjadi obat pencahar alami guna mencegah sembelit. 

Asam yang terkandung pada buah lemon dapat membantu tubuh untuk mengurai makanan. Berkat itu, sisa-sisa makanan pun bisa lebih cepat keluar saat mengonsumsi air perasan lemon. 

Namun bagi Anda yang memiliki riwayat gangguan pencernaan, Anda sebaiknya berhati-hati saat minum air lemon di pagi hari. Kenapa?

Pasalnya, minum air lemon saat perut kosong dapat menyebabkan iritasi dan gejala gangguan pencernaan kambuh karena kandungan asamnya yang cukup tinggi. Khususnya pada orang dengan gangguan pencernaan.

Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu mengenai konsumsi air lemon, sebelum menerapkan kebiasaan ini. 

5. Mengurangi risiko penyakit 

Lemon adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin ini berperan sebagai antioksidan yang membantu dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Paparan radikal bebas berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, serta tekanan darah tinggi. Asupan vitamin C yang cukup dapat membantu dalam mengurangi risiko ini. 

6. Mencegah pembentukan batu ginjal

Manfaat minum air lemon berikutnya adalah mencegah pembentukan batu ginjal. Kebaikan ini muncul berkat kandungan asam sitrat dalam lemon.

Peningkatan kadar asam sitrat dalam urine mampu menghalangi pembentukan batu ginjal. Luar biasa, bukan?

Kandungan sitrat dalam air lemon memang tidak seampuh potasium sitrat yang diresepkan oleh dokter. Namun bagi Anda yang ingin meminimalkan penggunaan obat untuk mencegah batu ginjal, konsumsi air lemon secara rutin dapat menjadi alternatif mudah yang bisa dicoba.

Meski demikian, pastikan dulu dengan konsultasi ke dokter bahwa langkah ini memang cocok untuk Anda. 

Cara membuat air lemon yang tepat

Untuk mendapatkan manfaat air lemon secara optimal, Anda sebaiknya mengonsumsi air perasan dari buah lemon asli. Jangan menggunakan ekstrak atau air lemon dalam kemasan. 

Cara membuat jus lemon termasuk mudah. Anda cukup memeras setengah buah lemon, lalu mencampurnya dengan air putih hangat atau dingin secukupnya. 

Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan-bahan pangan alami lain yang tak kalah baik untuk kesehatan. Misalnya, madu, irisan jahe, kayu manis, kunyit, daun mint, mentimun, atau rempah lain sesuai selera Anda. 

Adakah efek samping minum air lemon?

Meski memiliki air lemon menyehatkan tubuh, tetap ada risiko efek samping yang perlu Anda ketahui. Berikut penjelasannya:

  • Mengikis enamel gigi

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat mengikis enamel gigi. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk meminumnya dengan sedotan.

Anda juga bisa berkumur dengan air putih setelah mengonsumsi air lemon. Langkah ini akan membilas asam yang menempel pada permukaan gigi. 

  • Menyebabkan perut mulas pada sebagian orang

Kandungan asam sitrat dalam buah lemon dapat memicu perut mulas pada beberapa orang. Jika Anda termasuk salah satunya, ada baiknya Anda menghindari minum air lemon di pagi hari atau sebelum makan. 

Untuk mendapatkan beragam manfaat air lemon di pagi hari dengan optimal, gunakan perasan air lemon dari buahnya. Campurkan juga dengan air putih agar minuman ini tidak terlalu asam.

Apabila Anda memiliki kondisi medis tertentu (terutama yang berhubungan dengan pencernaan), Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan sampai usaha Anda dalam menjaga kesehatan malah berbalik merugikan Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-of-lemon-water
Diakses pada 23 Oktober 2019

WebMD. https://www.webmd.com/kidney-stones/news/20060524/lemonade-helps-kidney-stones#1
Diakses pada 23 Oktober 2019

Net Doctor. https://www.netdoctor.co.uk/healthy-eating/a22886377/lemon-water-health-benefits/
Diakses pada 23 Oktober 2019

Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/7-reasons-to-start-your-day-with-lemon-water-infographic/
Diakses pada 23 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed