Sehat, Akar Teratai Bisa Redakan Hipertensi hingga Stres

Manfaat akar teratai untuk kesehatan tubuh salah satunya turunkan kolesterol
Manfaat akar teratai yang bisa didapatkan oleh tubuh salah satunya turunkan gula darah

Selama ini, akar teratai memang ternyata belum banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Padahal, tanaman yang satu ini ternyata punya begitu banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat akar teratai yang cukup tersohor adalah membantu menurunkan tekanan darah. Tidak hanya itu, akar teratai juga dianggap baik untuk Anda yang sedang mencoba menurunkan berat badan dan ingin menambah asupan vitamin C.

Untuk mengonsumsi tanaman yang satu ini, Anda juga tidak perlu mengolahnya menjadi jamu atau obat. Sebab, akar teratai mudah untuk diolah, mulai dari ditumis, digoreng, hingga direbus.

Intip kandungan nutrisi akar teratai di bawah ini

Tidak hanya bunganya yang cantik dipandang, akar teratai juga dapat memberikan berbagai manfaat jika dikonsumsi. Semua itu didapatkan dari kandungan nutrisinya yang ternyata penuh dengan vitamin, mineral, serta nutrien lain yang baik untuk tubuh. Berikut ini nilai gizi yang terkandung dalam 100 gram akar teratai mentah.

  • Air: 79 g
  • Kalori: 74
  • Protein: 2,6 g
  • Lemak: 0,1 g
  • Karbohidrat: 17,23 g
  • Serat: 4,9 g
  • Kalsium: 45 g
  • Fosfor: 100 mg
  • Kalium: 556 mg
  • Sodium: 40 mg
  • Vitamin C: 44 mg

Manfaat akar teratai untuk kesehatan

Selain kandungan gizinya yang padat, akar teratai juga memiliki serangkaian manfaat untuk tubuh, seperti:

1. Menurunkan kadar gula darah dan kolesterol

Akar teratai mengandung serat dan juga karbohidrat kompleks. Kedua komponen tersebut, dapat berkerja sama di dalam tubuh untuk mengatur kadar kolesterol dan gula di dalam darah.

2. Meredakan nyeri haid

Akar teratai juga sudah sejak lama digunakan di dalam pengobatan tradisional Tiongkok sebagai bahan untuk membantu mengatur siklus menstruasi dan mengatasi perdarahan berlebih saat haid.

Beberapa kepercayaan juga menyebutkan bahwa mengonsumsi jus akar teratai dapat membantu mencegah anemia setelah haid. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang bisa memastikan kedua khasiat ini. Sehingga, Anda tetap harus berhati-hati jika ingin mengonsumsinya.

3. Memperlancar peredaran darah

Tanaman yang satu ini juga ternyata bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan tingkat energi. Manfaat akar teratai yang satu ini didapatkan dari kandungan zat besi dan tembaga yang ada di dalamnya. Kedua mineral ini, merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah.

4. Menstablikan tekanan darah

Kandungan kalium yang tinggi di dalam akar teratai membuatnya baik untuk menstabilkan tekanan darah. Sebab, mineral yang satu ini dapat bekerja sebagai vasodilator, yang artinya bisa membuat pembuluh darah melebar dan rileks. Dengan adanya vasodilator, aliran darah ke jantung akan semakin lancar, sehingga tekanan darah pun bisa stabil.

5. Menurunkan tingkat stres

Akar teratai mengandung vitamin B kompleks serta piridoksin, yang dapat berinteraksi langsung dengan reseptor alami di otak. Reseptor tersebut, secara langsung dapat memengaruhi mood atau suasana hati dan kondisi mental.

Manfaat yang satu ini juga secara tradisional telah diakui. Namun lagi-lagi, belum ada penelitian yang bisa mendasari hubungan antara konsumsi akar teratai dengan turunnya tingkat stres seseorang.

6. Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi akar teratai juga bisa melancarkan pencernaan. Sebab, tanaman ini mengandung cukup banyak serat. Seperti yang kita tahu, serat sangat dibutuhkan untuk kelancaran pencernaan.

7. Baik untuk yang sedang diet

Tanaman yang satu ini pun dianggap baik dikonsumsi oleh orang yang sedang mencoba menurunkan berat badan. Selain karena kandungan seratnya, sifat akar teratai yang rendah kalori juga membuatnya semakin ideal untuk disisipkan di salah satu menu diet Anda.

8. Dipercaya dapat melindungi tubuh dari penyakit kronis

Tidak heran jika akar teratai dianggap asupan yang menyehatkan. Sebab ternyata, tanaman ini juga mengandung asam lemak omega-3. Komponen ini sangat baik bagi tubuh, karena bisa melindungi kita dari berbagai penyakti seperti Alzheimer, rematik, degenerasi makula, hingga penyakit jantung dan kanker.

9. Meredakan gejala alergi di hidung

Akar teratai juga dipercaya dapat membantu meredakan gejala alergi di hidung. Namun, penelitian mengenai manfaat yang satu ini baru dilakukan pada hewan uji dan belum pernah pada manusia.

Setelah mengetahui berbagai manfaat akar teratai di atas, Anda mungkin sudah tidak sabar lagi untuk memasukan akar teratai ke dalam menu harian di rumah. Namun ingat, Anda juga perlu memperhatikan cara memasaknya. Pilihlah cara mengolah yang lebih sehat seperti merebus atau memanggangnya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/8-uses-for-lotus
Diakses pada 7 Februari 2020

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/lotus-root-nutrition-facts-calories-carbs-and-health-benefits-4772425#allergies-and-interventions
Diakses pada 7 Februari 2020

Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/lotus-root.html
Diakses pada 7 Februari 2020

Artikel Terkait