Seharian di Depan Laptop? Coba 6 Latihan Senam Mata untuk Latih Fokus

(0)
29 Sep 2020|Azelia Trifiana
Lakukan senam mata agar mata tidak mudah lelah di depan komputerSeharian di depan komputer membuat mata cepat lelah
Bukan hanya tubuh, mata pun perlu dilatih salah satunya dengan melakukan senam mata. Sejak berabad-abad silam, senam mata diyakini merupakan obat alami masalah penglihatan. Meski belum banyak terbukti secara ilmiah, senam mata dapat mengatasi mata lelah.Namun perlu diingat bahwa senam mata bukan untuk menghilangkan kondisi lensa mata seperti myopia, hyperopia, atau astigmatisme. Senam mata lebih dianjurkan bagi orang yang seharian harus melihat monitor sehingga rentan mengalami computer vision syndrome.

Cara melakukan senam mata

Senam mata dapat menjga kesehatan mata
Berdasarkan tujuannya, senam mata dibedakan menjadi:

1. Untuk melatih fokus

Latihan senam mata ini dilakukan sambil duduk dan bertujuan untuk melatih fokus. Caranya adalah fokus melihat jari beberapa cm di depan mata. Perlahan, hilangkan jari dari depan mata. Lihat ke arah lebih jauh untuk beberapa saat.Kemudian, perlahan kembali melihat ke jari di depan mata. Kembali lihat ke arah lebih jauh. Senam mata ini bisa diulangi sebanyak tiga kali.

2. Untuk melatih penglihatan jauh dekat

Sama seperti latihan fokus seelumnya, senam mata ini dilakukan sambil duduk. Pertama, lihat ibu jari sekitar 5 cm di depan mata. Fokus lihat selama sekitar 15 detik. Kemudian cari objek lain dengan jarak sekitar 5 meter dan fokus selama 15 detik. Terakhir, kembali fokus melihat ke ibu jari di depan mata. Senam mata ini bisa diulangi sebanyak lima kali.

3. Gerakan angka 8

Salah satu gerakan dalam yin yoga ini juga merupakan senam mata yang dilakukan sambil duduk. Pertama, pilih titik tertentu sejauh 3 meter di depan Anda kemudian fokus lihat ke titik itu.Selanjutnya, buat gerakan seperti angka 8 dengan kedua mata. Lakukan senam mata ini selama 30 detik kemudian ganti ke arah sebaliknya.

4. 20-20-20

Aturan 20-20-20 juga penting untuk mencegah mata lelah, utamanya apabila menghabiskan waktu cukup lama melihat ke satu titik saja. Selain tahu posisi duduk yang benar di depan komputer, pastikan melakukan aturan 20-20-20.Aturan ini adalah setiap 20 menit, lihat ke objek sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Implementasikan aturan ini untuk mencegah mata terasa lelah hingga iritasi.

5. Brock string

Senam mata brock string dapat membantu melatih koordinasi mata. Untuk melakukannya, siapkan benang panjang dan manik-manik. Latihan ini bisa dilakukan sembari duduk maupun berdiri.Pertama, pastikan ujung benang panjang sudah terikat agar manik-manik bisa tertahan. Kemudian, pegang ujung benang satunya di bawah hidung. Tempatkan satu manik-manik di benang, lihat lurus ke arahnya dengan kedua mata terbuka.Jika penglihatan masih baik, akan terlihat satu manik-manik dan dua benang membentuk visual huruf X. Sementara jika melihat dengan satu mata tertutup, salah satu visual benang akan menghilang yang berarti mata bisa melihat dengan fokus.

Apakah cukup hanya dengan senam mata?

Pencegahan akan selalu lebih baik ketimbang pengobatan, termasuk untuk mata. Melakukan senam mata merupakan salah satu cara untuk mencegah mata terasa lelah dan kering yang berisiko menyebabkan iritasi.Selain itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, seperti:
  • Periksa ke dokter mata meski tak ada masalah penglihatan
  • Ketahui adakah penyakit keturunan berhubungan dengan penglihatan
  • Jika ada keturunan menderita diabetes, periksakan kesehatan mata setiap 6 bulan sekali
  • Lindungi mata dari sinar ultraviolet dengan memakai kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan
  • Konsumsi makanan bergizi dan kaya vitamin A seperti wortel untuk menutrisi mata
  • Memakai kacamata jika memang diperlukan
Kombinasi senam mata secara berkala sekaligus beberapa hal di atas akan membantu mengantisipasi adanya masalah pada mata. Perlu diingat juga ada kondisi anak-anak yang sudah harus memakai kacamata, ini tidak melulu karena paparan gadget. Mata silinder pada anak terkadang terjadi karena faktor kondisi lensa mata sejak lahir.Belum ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim bahwa senam mata dapat membuat seseorang melihat lebih baik. Namun, tak ada salahnya melakukan senam mata jika aktivitas sehari-hari Anda mengharuskan melihat monitor atau fokus ke jarak tertentu dalam waktu yang lama.
kesehatan matamata minushidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-health/eye-exercises
Diakses pada 11 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327524
Diakses pada 11 September 2020
WebMD. https://www.webmd.com/eye-health/eye-exercises
Diakses pada 11 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait