Segudang Manfaat Vitamin B1 yang Jarang Diketahui

(3)
15 Jun 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Vitamin B1 bersumber dari kacang-kacangan, biji-bijian, makanan laut, hingga dagingBerbagai sumber vitamin B1
Vitamin B1, yang juga dikenal dengan tiamin, merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh manusia untuk mendukung fungsi sejumlah sistem organ tubuh. Vitamin ini dapat ditemukan dalam banyak makanan, di antaranya ragi, biji-bijian, kacang-kacangan, dan daging.
Banyak orang menggunakan vitamin B1 dalam kombinasi dengan vitamin B lainnya, dan ditemukan dalam banyak produk vitamin B kompleks. Vitamin B1 juga efektif untuk mengatasi beberapa masalah yang dapat mengganggu kesehatan Anda.

Manfaat vitamin B1 secara umum

Tidak hanya berfungsi untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan, berikut adalah manfaat vitamin B1 secara umum.

1. Mengatur nafsu makan

Salah satu manfaat vitamin B1 adalah membantu mengatur nafsu makan. Vitamin ini bekerja dengan neurotransmitter di otak untuk memberi tahu tubuh Anda ketika lapar.Selain itu, fungsi vitamin B1 lainnya adalah membuat tubuh tahu kapan waktunya kenyang selama makan. Vitamin ini juga dapat mencegah Anda makan berlebihan.

2. Memaksimalkan fungsi sistem saraf dan kardiovaskuler

Vitamin B1 atau tiamin menyediakan nutrisi untuk sel-sel saraf yang sehat, serta struktur dan fungsi sel sataf. Sistem saraf pusat Anda mengandalkan vitamin B1 untuk berfungsi secara normal. Vitamin B1 juga bermanfaat bagi sistem kardiovaskuler dalam tubuh Anda dengan mempertahankan sel darah merah dan meningkatkan sirkulasi darah.

3. Metabolisme energi

Vitamin B bekerjasama dengan vitamin lainnya untuk melepaskan energi dari lemak, protein, dan karbohidrat dalam makanan yang Anda makan. Tubuh Anda menggunakan energi ini untuk menjalankan berbagai fungsi dasar, seperti pencernaan, pernapasan, dan sirkulasi darah.Dilansir dari University of Maryland Medical Center, salah satu fungsi vitamin B1 adalah memetabolisme dan melepaskan energi dari karbohidrat. Masukkan vitamin B1 dalam diet Anda untuk mendapatkan energi yang Anda butuhkan dari makanan yang Anda makan.

4. Melindungi tubuh dari infeksi

Selaput lendir membantu melindungi tubuh Anda dari benda asing yang dapat menyebabkan infeksi. Selaput ini melapisi bagian dalam hidung, paru-paru dan kelopak mata Anda.Salah satu manfaat vitamin B1 adalah menjaga selaput lendir Anda agar tetap sehat dengan memberi nutrisi untuk membangun sel baru. Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan selaput lendir Anda rusak dan mengering.Tubuh Anda mungkin tidak dapat membuat selaput lendir baru apabila tubuh Anda kekurangan kadar vitamin B1.

5. Memelihara koordinasi otot

Tanpa kontraksi dan relaksasi otot yang tepat, Anda tidak akan dapat melakukan gerakan apa pun. Salah satu manfaat vitamin B1 dalam tubuh adalah memastikan bahwa otot dapat terus-menerus menerima sinyal untuk berkontraksi dan rileks sehingga memungkinkan Anda untuk bergerak dengan bebas.

Suplemen vitamin B1 untuk mencegah berbagai penyakit

Selain dari makanan, vitamin B1 juga tersedia dalam bentuk suplemen. Mengonsumsi suplemen vitamin B1 dapat mengurangi risiko berbagai gangguan kesehatan yang mengancam tubuh Anda, seperti:

1. Memperbaiki gangguan metabolisme

Vitamin B1 dapat membantu memperbaiki gangguan metabolisme yang terkait dengan penyakit genetik, termasuk sindrom Leigh, maple syrup urine disease (penyakit genetik di mana tubuh tidak dapat memproses asam amino dengan benar), dan berbagai gangguan lainnya.

2. Mencegah gangguan otak

Gangguan otak ini terkait dengan rendahnya kadar vitamin B1 yang sering terjadi pada pecandu alkohol. Sekitar 30-80 persen pecandu alkohol diyakini mengalami kekurangan vitamin B1.Memberikan asupan vitamin B1 dapat membantu mengurangi risiko berkembangnya sindrom Wernicke-Korsakoff dan mengurangi gejalanya selama penghentian konsumsi alkohol.

3. Mengurangi risiko penyakit ginjal

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin B1 dosis tinggi atau 100 mg tiga kali sehari selama tiga bulan, mampu mengurangi jumlah albumin dalam urine pada orang dengan diabetes tipe 2. Albumin dalam urine merupakan indikasi kerusakan ginjal.

4. Mencegah kanker dan penyakit jantung

Kadar vitamin B1 yang memadai dapat membantu Anda menurunkan risiko beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker. Vitamin B1 bekerja seperti antioksidan dengan cara melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada DNA sel.

Berbagai sumber vitamin B1

Beberapa makanan hewani mengandung banyak vitamin B1. Organ-organ, seperti ginjal atau hati sapi, kaya akan vitamin B1, tetapi Anda juga bisa makan kuning telur untuk mendapatkan vitamin B1 yang Anda butuhkan.Anda juga dapat mengonsumsi sayuran, seperti bayam atau kangkung, dan menikmati kacang-kacangan sebagai camilan sekaligus menambahkan lebih banyak vitamin B1 ke asupan harian Anda.Itulah penjelasan mengenai besarnya manfaat vitamin B1 untuk tubuh Anda. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin ini, niscaya tubuh Anda akan berfungsi dengan baik sekaligus mencegahnya dari berbagai gangguan kesehatan.
vitamin
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/373790-vitamin-b1-benefits/
Diakses pada 1 Juni 2020
Medindia. https://www.medindia.net/patientinfo/vitamin-b1.htm#
Diakses pada 1 Juni 2020.
Thehealthside. https://www.thehealthsite.com/fitness/top-5-health-benefits-of-vitamin-b1-or-thiamine-176502/
Diakses pada 1 Juni 2020
Webmd. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-965/thiamine-vitamin-b1
Diakses pada 1 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait

Ragam Gejala Kekurangan Vitamin C, Picu Gangguan pada Kulit Hingga Gusi

Walau sumbernya mudah didapat, beberapa orang masih kekurangan vitamin C. Saat seseorang kekurangan vitamin C, tubuh akan memberi sinyal berupa masalah kulit, kuku, hingga gusi.
08 Nov 2019|Arif Putra
Baca selengkapnya
Ragam Gejala Kekurangan Vitamin C, Picu Gangguan pada Kulit Hingga Gusi

Berbagai Vitamin Ibu Hamil, Mulai dari Asam Folat Hingga Kalsium

Vitamin ibu hamil tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Semua harus sesuai takaran dan seimbang.
13 Jun 2019|Maria Yuniar
Baca selengkapnya
Berbagai Vitamin Ibu Hamil, Mulai dari Asam Folat Hingga Kalsium

Segar dan Sehat, Ini 8 Buah yang Mengandung Kalsium

Buah yang mengandung kalsium antara lain jeruk, pisang, apel, labu kuning, dan anggur yang dikeringkan. Kalsium penting untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.
13 Agu 2020|Nina Hertiwi Putri
Baca selengkapnya
Segar dan Sehat, Ini 8 Buah yang Mengandung Kalsium