Segudang Manfaat Suplemen Zinc Picolinate bagi Kesehatan


Digadang-gadang sebagai jenis zinc yang terbaik, ada banyak manfaat zinc picolinate yang bisa Anda dapatkan. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan sistem imun tubuh hingga mengatasi jerawat yang meradang.

0,0
31 Jul 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat zinc picolinate adalah meningkatkan sistem imun tubuhIlustrasi suplemen zinc picolinate yang dianggap membawa banyak manfaat
Zinc picolinate adalah salah satu bentuk dari zinc. Zinc ini dianggap mampu diserap tubuh dengan lebih baik dibandingkan jenis zinc lainnya. Anda bisa mendapatkan zinc picolinate dalam bentuk suplemen. Namun, harga suplemen zinc ini biasanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan suplemen zinc yang lain, misalnya zinc citrate atau zinc gluconate.

Kelebihan zinc picolinate dibandingkan jenis zinc lainnya

Penyerapan zinc di dalam tubuh merupakan proses yang rumit. Zinc harus melewati membran usus, menuju ke dalam aliran darah, serta ke dalam sel-sel individu. Tubuh Anda juga membutuhkan zinc sebagai komponen utama dalam mendukung proses metabolisme.Seperti yang telah disinggung sebelumnya, zinc picolinate adalah bentuk asam dari zinc yang lebih mudah diserap tubuh manusia jika dibandingkan jenis zinc lainnya. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah studi yang dipublikasikan di National Library of Medicine.Dalam studi ini, para ilmuwan mengukur tingkat penyerapan berbagai jenis zinc dengan mengukur kadarnya pada rambut, kulit, dan urine peserta penelitian. Hasil studi ini menunjukkan bahwa zinc picolinate memiliki penyerapan yang lebih baik ketimbang zinc citrate atau zinc gluconate.Terjadi peningkatan kadar zinc yang signifikan dalam empat minggu pada kelompok yang mengonsumsi zinc picolinate dibandingkan kelompok lainnya yang mengonsumsi zinc citrate, zinc gluconate, atau plasebo.

Manfaat zinc picolinate bagi kesehatan

Berikut adalah sejumlah manfaat zinc picolinate yang bisa Anda dapatkan.

1. Mengatasi jerawat

Konsumsi suplemen zinc picolinate dapat membantu mengendalikan jerawat. Zinc ini juga sering digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mengobati masalah-masalah kulit umum.Sebuah studi yang dirilis dalam jurnal Dermatology Research and Practice pada tahun 2014 menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen zinc telah terbukti sangat berguna mengurangi gejala jerawat parah dan mengatasi jerawat yang meradang.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Salah satu manfaat zinc picolinate yang akhir-akhir ini sering dibahas adalah membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan melawan peradangan. Selain itu, zinc juga dapat membantu membuang berbagai jenis racun. Dokter biasanya merekomendasikan suplemen ini untuk mengobati paparan timbal.Dilansir dari New York Times, zinc bahkan mampu mengurangi durasi flu biasa hingga 33 persen lebih singkat. Selain itu, orang tua yang mengonsumsi zinc secara teratur juga mengalami penurunan tanda-tanda peradangan dan frekuensi infeksi.

3. Sebagai suplemen kehamilan

Zinc picolinate juga sering direkomendasikan oleh dokter sebagai suplemen kehamilan. Hal ini dikarenakan ibu hamil cukup rentan mengalami kekurangan zinc. Selain itu, zinc juga dibutuhkan untuk mendukung perkembangan janin.

4. Membantu mengendalikan gula darah

Manfaat zinc yang cukup populer adalah perannya dalam mengontrol gula darah dan sekresi insulin. Konsumsi suplemen zinc picolinate dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat zinc picolinate yang tidak kalah penting adalah potensinya untuk meningkatkan kesehatan jantung. Konsumsi zinc secara teratur dianggap membantu menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar trigliserida beserta kolesterol jahat (LDL).Di samping itu, zinc juga memiliki kaitan dengan tekanan darah sistolik yang lebih rendah. Sebaliknya, kekurangan zinc dalam tubuh diasosiasikan dengan risiko penyakit jantung koroner yang lebih tinggi.

6. Memperlambat degenerasi makula

Salah satu penyakit mata yang umum dan menjadi penyebab utama kehilangan penglihatan adalah degenerasi makula. Suplemen zinc sering dimanfaatkan untuk memperlambat perkembangan degenerasi makula terkait usia dan mengurangi risiko perkembangan tahap lanjutnya.Meskipun demikian, sebuah studi yang dirilis dalam jurnal Investigative Ophthalmology & Visual Science menyarankan bahwa suplemen zinc sebaiknya dibarengi dengan perawatan lain untuk memaksimalkan manfaatnya.Zinc picolinate dapat dikombinasikan dengan antioksidan lain, seperti vitamin C, E, dan beta karoten, untuk membantu meningkatkan penglihatan secara signifikan.Itulah berbagai manfaat zinc picolinate bagi tubuh. Meski dianggap membawa banyak manfaat, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai mengonsumsi suplemen zinc picolinate. Khususnya jika Anda memiliki kondisi medis tertentu dan sedang menjalani pengobatan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
vitaminsuplemen
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/471892-what-is-zinc-picolinate/
Diakses 20 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/zinc-supplements#benefits
Diakses 20 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait