Segudang Manfaat Latihan Aerobik untuk Kesehatan Anda

Latihan kardio juga meliputi olahraga ringan seperti lari di treadmill
Lari di treadmill termasuk dalam latihan kardio

Latihan aerobik pada dasarnya merupakan jenis olahraga kardio yang memompa darah Anda dan membuat otot-otot besar dalam tubuh bergerak. Jenis olahraga ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah.

Berbeda dengan cabang anaerobik, seperti angkat besi dan lari cepat, yang melibatkan ledakan energi dalam waktu yang singkat, olahraga yang termasuk dalam latihan aerobik melibatkan kerja jantung dan paru-paru secara berlanjut. Beberapa cabang olahraga yang termasuk dalam latihan aerobik, antara lain:

  • Jalan cepat
  • Berenang
  • Berlari
  • Bersepeda
  • Sepak bola
  • Zumba

Sebagian besar olahraga di atas, kecuali Zumba, dapat Anda lakukan tanpa instruktur atau peragaan sehingga mudah untuk Anda lakukan sendiri.

Manfaat latihan aerobik untuk kesehatan

Ada banyak manfaat latihan aerobik untuk kesehatan. Selain menjaga kesehatan jantung, latihan aerobik juga disebut dapat mencegah risiko diabetes tipe 2.

Untuk mendapatkan manfaat latihan aerobik secara optimal, para ahli menganjurkan agar latihan aerobik dengan intensitas sedang dilakukan setidaknya 150 menit dalam setiap minggunya.

Lantas, apa saja manfaat latihan aerobik untuk kesehatan?

1. Menjaga kesehatan jantung

Berdasarkan rekomendasi asosiasi jantung Amerika Serikat (AHA), latihan aerobic disarankan untuk dilakukan para penderita penyakit jantung atau orang yang memiliki risiko penyakit tersebut.

Olahraga ini bermanfaat untuk membantu jantung memompa darah secara lebih efisien ke seluruh tubuh dan memperkuat jantung Anda. Melakukan latihan aerobik secara rutin juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Bagi Anda pengidap kolesterol dan tekanan darah tinggi, sangat disarankan melakukan latihan aerobik dengan intensitas sedang secara rutin sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Lakukan olahraga ini selama 40 menit per harinya.

2. Menurunkan berat badan

Latihan aerobik juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Jenis olahraga ini dapat membantu tubuh membakar kalori sehingga berat badan bisa turun.

Untuk hasil lebih optimal, imbangi latihan aerobik dengan menjalani pola makan sehat dan mengurangi asupan kalori sehari-hari.

3. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Penting untuk selalu mengontrol gula darah supaya mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2. Gula darah yang tinggi tak hanya dapat menyebabkan diabetes, tetapi juga menyebabkan penyakit lainnya seperti penyakit jantung.

Latihan aerobik dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang dibutuhkan untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Dengan latihan aerobik secara rutin, kebutuhan tubuh akan insulin berkurang sehingga gula darah dapat dikontrol.

Saat menjalani latihan aerobik, otot-otot juga menggunakan glukosa dari darah sehingga dapat mencegah kenaikan kadar gula darah yang tinggi.

4. Mencegah stroke

Stroke terjadi ketika pasokan darah ke area otak terhambat. Hal ini menyebabkan risiko gangguan kesehatan serius yang dapat mengancam jiwa.

Latihan aerobik secara rutin dapat membantu mengurangi risiko stroke dengan menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung sehingga aliran darah ke otak senantiasa lancar.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Berdasarkan penelitian Pennsylvania State University, latihan aerobik secara rutin dalam intensitas sedang dapat meningkatkan immunoglobulin, yang merupakan salah satu antibodi dalam darah. Peningkatan ini akan membuat sistem kekebalan tubuh semakin kuat.

6. Menjaga kesehatan otak

Penelitian lain menyebutkan bahwa latihan aerobik secara rutin dapat menjaga kesehatan otak dan menjaga fungsi kognitif manusia.

7. Meningkatkan mood

Sebuah studi mengungkapkan latihan aerobik ringan, seperti berjalan di treadmill selama 30 menit, dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan.

Anda tidak perlu menunggu lama untuk merasakan peningkatan tersebut. Studi di atas juga mengungkapkan bahwa peningkatan suasana hati dapat dirasakan bahkan dengan satu sesi latihan saja.

Cobalah untuk mulai melakukan latihan aerobik setiap hari. Tidak perlu dalam intensitas tinggi karena dengan intensitas ringan dan sedang pun Anda bisa mendapatkan manfaatnya. Dengan tubuh yang sehat, kita bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Healthline.
https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/benefits-of-aerobic-exercise#benefits
Diakses pada 16 April 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/aerobic-exercise-examples#athome-exercises
Diakses pada 16 April 2020

Medical News Today.
https://www.medicalnewstoday.com/articles/327100
Diakses pada 16 April 2020

Artikel Terkait