Segudang Manfaat Ikan Halibut bagi Kesehatan


Ikan halibut adalah spesies ikan sebelah (flatfish) yang kaya akan omega-3, protein, selenium, serta vitamin B6 dan B12. Beberapa manfaat ikan halibut bagi kesehatan, di antaranya menjaga kesehatan jantung dan memperkuat sistem imun.

0,0
19 Aug 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat ikan halibut adalah menjaga kesehatan jantungIkan halibut punya banyak manfaat bagi kesehatan
Ikan halibut adalah spesies ikan sebelah (flatfish) berbentuk berlian dari famili Pleuronectidae. Ikan berwarna putih ini dapat ditemukan di samudra Pasifik dan Atlantik. Ikan halibut memiliki tekstur daging yang kuat dengan serpihan besar dan umumnya dikonsumsi dalam bentuk fillet atau steak.Ikan halibut juga kaya nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jenis ikan sebelah atau flatfish ini dapat menjadi sumber protein dan mengandung banyak mikronutrien (zat gizi mikro), terutama vitamin B dan selenium.

Kandungan nutrisi ikan halibut

Ikan halibut merupakan ikan laut yang memiliki segudang kandungan nutrisi. Dalam seporsi ikan halibut (sekitar 85 gram) mengandung:
  • Kalori: 77
  • Lemak: 1 miligram
  • Natrium: 58 miligram
  • Protein: 16 gram
Selain itu, salah satu jenis flatfish ini juga mengandung zat gizi mikro lainnya, seperti selenium, niasin, vitamin B6, vitamin B12, fosfor, dan vitamin D.Ikan halibut merupakan jenis ikan yang kandungan lemaknya sangat rendah. Meski tidak sebanyak salmon, spesies ikan sebelah ini juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung.

Manfaat ikan halibut bagi kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ikan halibut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah sejumlah manfaat ikan halibut yang perlu Anda ketahui.

1. Sumber asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh kita secara alami. Nutrisi ini berperan penting dalam melindungi kesehatan tubuh, khususnya sistem kardiovaskuler (jantung dan pembulh darah), sehingga bisa menurunkan risiko terhadap gangguan penyakit jantung dan stroke.

2. Menjaga kesehatan jantung

Selain kandungan omega-3, berbagai nutrisi lainnya yang dimiliki sejenis ikan sebelah ini juga ramah dengan jantung. Konsumsi ikan halibut dapat membantu meningkatkan sifat listrik sel-sel jantung, menjaga irama jantung tetap normal, dan mengurangi pembekuan darah di dalam arteri.

3. Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat ikan halibut lainnya adalah meningkatkan kesehatan otak. Pasalnya, flatfish ini kaya akan kalium yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak untuk belajar dan mengingat.Terlebih lagi, kekurangan kalium dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan pada tubuh, misalnya tekanan darah tinggi, epilepsi, dan kelemahan otot.

4. Menjaga kesehatan sel tubuh

Tingginya kandungan asam amino esensial yang dimiliki ikan halibut dapat mendorong pembentukan protein sehingga membantu regenerasi dan pemulihan sel-sel tubuh sekaligus menjaganya senantiasa sehat.Beberapa sel tubuh, seperti sel darah dan kulit, hanya dapat bertahan selama beberapa minggu. Maka dari itu, diperlukan sel pengganti untuk menjaga tubuh supaya tetap berfungsi dengan baik. Kandungan vitamin B12 pada halibut juga berperan penting dalam menjaga sel-sel darah merah tetap sehat.

5. Menyehatkan pencernaan dan memperkuat imunitas

Kandungan vitamin B3 atau niasin yang dimiliki ikan halibut memiliki banyak manfaat, di antaranya menjaga fungsi saraf, sistem pencernaan, dan nafsu makan. Sementara itu, kandungan vitamin B6 jenis ikan sebelah ini juga berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.Selain kedua vitamin tersebut, masih banyak kandungan nutrisi lainnya yang dimiliki ikan halibut untuk membantu memperkuat sistem imunitas tubuh, misalnya kalium dan selenium.

6. Meredakan gangguan otot

Manfaat ikan halibut berikutnya adalah menjaga kesehatan dan meredakan gangguan otot. Kandungan fosfor pada ikan halibut bahkan dapat membantu mencegah kelelahan, lemah otot, serta mati rasa. Nutrisi ini juga berkontribusi dalam memperbaiki masalah seksual, termasuk impotensi dan masalah motilitas sperma atau pergerakan sperma.Itulah berbagai manfaat ikan halibut yang berlimpah. Sama halnya dengan jenis ikan atau makanan laut lainnya, jenis ikan sebelah ini juga berpotensi menyebabkan alergi bagi sebagian orang.Jika Anda mengalami gejala-gejala, seperti bersin-bersin, gatal-gatal, sesak napas, bengkak, muntah, atau sakit kepala, setelah makan ikan halibut, sebaiknya hentikan konsumsinya. Kunjungi dokter untuk memastikan apakah Anda memiliki alergi terhadap ikan halibut atau tidak.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatmakanan mengandung omega 3
Dove Med. https://www.dovemed.com/healthy-living/natural-health/7-health-benefits-rainbow-trout/
Diakses 5 Agustus 2021
Facty. https://facty.com/food/nutrition/10-amazing-health-benefits-of-halibut/
Diakses 5 Agustus 2021
Nutrition Advance. https://www.nutritionadvance.com/rainbow-trout-nutrition-benefits/
Diakses 5 Agustus 2021
Vert Well Fit. https://www.verywellfit.com/rainbow-trout-nutrition-facts-and-health-benefits-4801177
Diakses 5 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait