Segudang Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah

(0)
08 Feb 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat daun jambu biji untuk wajah adalah mencegah penuaan diniDaun jambu biji punya manfaat bagi kesehatan kulit wajah
Tidak kalah dengan buahnya, tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat daun jambu biji untuk wajah? Daun ini mengandung banyak senyawa penting bagi kesehatan kulit dan tubuh Anda secara keseluruhan. Daun jambu biji memiliki sejumlah nutrisi yang jumlahnya lebih banyak ketimbang pada buahnya, bahkan ada beberapa nutrisi tertentu yang tak bisa dijumpai pada buahnya.

Manfaat daun jambu biji untuk wajah

Mulai dari mencegah penuaan hingga menyembuhkan jerawat, berikut adalah sejumlah manfaat daun jambu biji untuk wajah Anda.

1. Mencegah penuaan dini

Daun jambu biji memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak dari buahnya. Antoksidan ini dapat berfungsi melindungi kulit sekaligus memperlambat proses penuaan. Daun jambu biji juga memiliki senyawa yang dapat membuat kulit lebih merona sehingga mampu menyamarkan kerutan di wajah.

2. Menghilangkan noda hitam

Ekstrak daun jambu biji dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit. Manfaat daun jambu biji untuk wajah ini didapatkan lewat kandungan senyawa yang dapat membantu meredakan peradangan dan menyamarkan noda di wajah, baik berupa bintik hitam atau bintik merah.

3. Mengatasi jerawat

Efektivitas ekstrak daun jambu biji dalam membunuh bakteri penyebab jerawat sudah terbukti secara ilmiah. Selain sifat antimikroba yang dimiliki daun ini, sifat antiradangnya juga membantu menenangkan kulit dan mengurangi penampakan jerawat.

4. Meredakan alergi

Manfaat daun jambu biji untuk wajah selanjutnya adalah meredakan alergi yang dapat menyebabkan gatal atau bengkak pada wajah. Manfaat ini dihasilkan oleh sifat antialergi daun jambu biji yang mampu menghambat produksi histamin.

Cara penggunaan daun jambu biji

Cara mendapatkan manfaat daun jambu biji untuk wajah bisa Anda dapatkan melalui rebusan teh daun jambu biji. Air seduhan teh ini dapat dioleskan langsung ke area wajah yang Anda inginkan.Berikut adalah langkah-langkah untuk mendapatkan manfaat daun jambu biji untuk wajah:
  • Hancurkan beberapa lembar daun jambu biji kering.
  • Didihkan air secukupnya.
  • Masukkan bubuk daun jambu ke dalam panci berisi air mendidih.
  • Biarkan air mendidih selama beberapa menit sampai air berwarna kecokelatan dan pekat.
  • Matikan kompor dan biarkan air hingga dingin.
  • Oleskan air rebusan secara menyeluruh pada wajah dengan menggunakan bola kapas.
  • Biarkan larutan meresap selama lima belas menit sebelum dibilas dengan air bersih.
Lakukan cara di atas sebanyak dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif.

Manfaat daun jambu biji lainnya untuk kesehatan

Selain manfaat daun jambu biji untuk wajah, masih ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dari daun ini untuk kesehatan tubuh Anda. Sejumlah manfaat tersebut meliputi:
  • Sifat antimikroba pada daun jambu biji dapat dimanfaatkan untuk mengatasi diare.
  • Konsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji per hari dapat membantu meringankan kram pada saat menstruasi.
  • Konsumsi daun jambu biji dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan. Secara keseluruhan, daun jambu biji sangat baik untuk mengontrol gula darah dalam jangka waktu lama.
  • Daun jambu biji juga berdampak positif bagi kesehatan jantung. Selain membantu menurunkan tekanan darah tinggi, daun ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.
  • Tingginya kandungan antioksidan tidak hanya memberikan manfaat daun jambu biji untuk wajah, tapi juga berpotensi memiliki efek antikanker. Ekstrak daun jambu biji terbukti secara ilmiah mampu menghambat pertumbuhan kanker, bahkan empat kali lipat lebih efektif dibandingkan jenis obat kanker tertentu. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.
Itulah manfaat daun jambu biji untuk wajah dan cara mengolahnya. Perlu diingat bahwa seduhan daun jambu biji sebaiknya tidak dijadikan pengganti perawatan dan pengobatan medis. Konsultasikan terlebih dahulu penggunaan daun jambu biji apabila Anda memiliki riwayat penyakit tertentu.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan kulit, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
daun jambu bijiperawatan wajah
The Health Site. https://www.thehealthsite.com/beauty/use-guava-leaves-to-beat-wrinkles-acne-dark-spots-and-skin-allergies-259105/
Diakses 25 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/8-benefits-of-guavas
Diakses 25 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait