Segudang Manfaat Buah Malaka untuk Kesehatan Tubuh Anda


Buah malaka atau amla (indian gooseberry) memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak boleh diremehkan. Buah berukuran bola golf ini dipercaya dapat mencegah kanker dan mengatasi nyeri ulu hati.

(0)
25 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Buah malaka atau amla memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya mencegah kanker.Buah malaka memiliki rasa yang asam dan sedikit pahit.
Buah malaka atau amla (indian gooseberry) tumbuh secara alami di berbagai negara Asia. Buah ini dapat dikonsumsi dan dijadikan bahan masakan. Akan tetapi, belum banyak yang tahu kalau buah seukuran bola golf ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.Buah malaka memiliki rasa yang asam dan sedikit pahit.  Buah ini dijual dalam berbagai bentuk, seperti suplemen, bubuk, hingga ekstraknya.

Manfaat buah malaka untuk kesehatan tubuh Anda

Mulai dari mencegah kanker, mengatasi ulu hati, hingga menjaga kesehatan jantung. Berikut adalah berbagai manfaat buah malaka bagi kesehatan tubuh Anda.

1. Bernutrisi tinggi

Berbagai manfaat buah malaka tak lepas dari kandungan nutrisinya yang luar biasa. Dalam 100 gram buah malaka memiliki kandungan nutrisi ini:
  • Kalori: 44
  • Air: 87,87 gram
  • Protein: 0,88 gram
  • Lemak: 0,58 gram
  • Karbohidrat: 10,18 gram
  • Serat: 4,3 gram
  • Kalsium: 25 miligram
  • Zat besi: 0,31 miligram
  • Magnesium: 10 miligram
  • Fosfor: 27 miligram
  • Kalium: 198 miligram.

2. Mengatasi gejala GERD

Di dalam sebuah studi berdurasi empat minggu, 68 pasien gastroesophageal reflux disease (GERD) diminta untuk mengonsumsi 1.000 miligram buah malaka dalam bentuk tablet.Studi tersebut mengungkapkan bahwa mengonsumsi buah malaka dapat meredakan gejala nyeri ulu hati dan muntah-muntah yang sering dirasakan penderita GERD.Meskipun hasil penelitiannya menjanjikan, penelitian lanjutan diperlukan untuk membuktikan klaim-klaim keampuhan buah malaka ini.

3. Mencegah penuaan dini

Buah malaka mengandung kadar vitamin C yang cukup tinggi sehingga dipercaya bisa mencegah penuaan dini.Senyawa antioksidan yang dimiliki buah malaka dipercaya dapat mencegah kerusakan kolagen. Selain itu, ekstrak buah ini juga terbukti bisa menghambat kemunculan enzim yang sering kali menyebabkan kerontokan rambut.

4. Mencegah kanker

Di dalam tes tabung dan studi hewan uji, ekstrak buah malaka terbukti bisa membunuh berbagai macam sel kanker, yakni kanker payudara, paru-paru, ovarium, hingga serviks.Ditambah lagi, senyawa antioksidan yang dimiliki buah malaka dianggap mampu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Manfaat ini datang dari kandungan fitokimianya, seperti flavonoid dan tanin.Sayangnya, belum ada studi terhadap manusia yang bisa membuktikan khasiat buah malaka ini.

5. Menjaga kesehatan jantung

Buah malaka dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Sebuah riset membuktikan bahwa buah ini dipercaya ampuh menurunkan tekanan darah tinggi.Tidak hanya itu, studi lainnya juga menunjukkan kalau buah malaka dapat mencegah penggumpalan darah.

6. Meningkatkan sistem imun tubuh

Buah malaka dipercaya dapat mencegah kanker
Buah malaka dipercaya bisa meningkatkan sistem imun tubuh
Buah malaka dipercaya sebagai peningkat sistem imun tubuh alami karena mengandung vitamin C dan A, polifenol, alkaloid, serta flavonoid. Menurut sebuah studi yang dirilis dalam The International Journal of Pharmaceutics, buah malaka berpotensi memiliki senyawa antibakteri dan antiradang.Dalam pengobatan tradisional India, buah malaka dipercaya dapat meningkatkan kadar sel darah putih yang merupakan pertahanan utama dalam sistem kekebalan tubuh.

7. Bertindak sebagai diuretik alami

Buah malaka mengandung kadar air yang cukup tinggi. Tidak heran kalau buah ini dipercaya sebagai diuretik alami dan bisa membantu tubuh mengeluarkan cairan berlebih.

8. Menjaga kestabilan gula darah

Dalam studi hewan uji, buah malaka telah terbukti bisa menurunkan kadar gula darah. Efek yang sama juga dirasakan pada studi manusia, di mana 32 partisipan mengalami penurunan gula darah setelah mengonsumsi 1-3 gram bubuk buah malaka selama 21 hari. Namun, studi lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan kebenarannya.

9. Mencegah kerusakan organ hati

Ekstrak buah malaka dipercaya bisa menjaga organ hati dari kerusakan karena mengandung senyawa antiradang dan antioksidan. Namun, manfaat buah malaka dalam menjaga organ hati baru dibuktikan lewat studi hewan uji.

10. Meredakan sakit saat menstruasi

Buah malaka dipercaya dapat meredakan sakit menstruasi
Buah malaka dinilai ampuh redakan gejala PMS
Menurut sebuah studi yang dirilis dalam Indigenous Health Care and Ethno Medicine, buah malaka juga dikonsumsi untuk mengatasi rasa sakit dan tidak nyaman saat fase menstruasi.Studi ini menegaskan bahwa mengonsumsi buah malaka secara rutin dapat meredakan kram akibat menstruasi.

Peringatan sebelum mengonsumsi buah malaka

Mengonsumsi buah malaka dipercaya memiliki beberapa efek samping. Pertama, buah malaka memiliki senyawa antiplatelet, yang bisa mengencerkan darah dan menghambat proses pembekuan darah.Jika Anda memiliki gangguan darah atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah, Anda harus berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mengonsumsi buah malaka dalam berbagai bentuk. Anda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi buah malaka sebelum menjalani prosedur operasi karena dapat meningkatkan risiko perdarahan.Selain itu, belum ada penelitian yang bisa membuktikan keamanan mengonsumsi buah malaka saat sedang hamil atau menyusui. Maka dari itu, ibu hamil dan menyusui disarankan untuk menghindarinya.

Catatan dari SehatQ

Bagi Anda yang ingin bertanya tentang masalah kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/indian-gooseberry#what-it-is
Diakses pada 10 Desember 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/indian-gooseberry-amla.html
Diakses pada 10 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait