Segudang Manfaat Biotin untuk Rambut dan Ibu Hamil

(0)
07 Jun 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat biotin sangatlah beragam, salah satu yang terpenting adalah membantu metabolisme tubuh.Manfaat biotin sangat dibutuhkan untuk memperkuat kuku jari.
Selama ini, manfaat biotin dikenal bisa menyehatkan rambut rontok. Padahal, masih ada banyak manfaat biotin yang berpotensi meningkatkan kesehatan tubuh Anda.Tidak hanya untuk pria, manfaat biotin ternyata juga dibutuhkan wanita yang sedang hamil dan menyusui, lho. Sudah penasaran dengan berbagai manfaat biotin itu? Cari tahu berbagai manfaat biotin di bawah ini!

Manfaat biotin yang beragam

Sebenarnya, biotin adalah nama lain dari vitamin H, yaitu salah satu jenis vitamin B kompleks yang juga dibutuhkan tubuh Anda. Nama biotin sendiri diambil dari bahasa Yunani kuno, “biotos”, yang berarti kehidupan. Berikut ini sederet manfaat biotin yang sayang jika dilewatkan.

1. Membantu metabolisme tubuh

Manfaat biotin yang pertama adalah memproduksi energi. Sebab, beberapa enzim di dalam tubuh Anda, membutuhkan biotin untuk berfungsi secara baik.Beberapa enzim ini memiliki tugas dalam metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat. Selain itu, biotin juga memerankan banyak peran penting di dalam tubuh, seperti:
  • Glukoneogenesis: Biotin bisa membantu proses produksi glukosa dari sumber selain karbohidrat, seperti asam amino. Enzim yang mengandung biotin lah yang membantu berjalannya proses ini.
  • Sintesis asam lemak: Biotin membantu enzim yang mengaktifkan reaksi penting untuk pembentukan asam lemak.
  • Pemecahan asam amino: Enzim yang sudah mengandung biotin, akan terlibat dalam metabolisme beberapa asam amino penting, termasuk leusin.
Dari berbagai peran penting biotin di atas, pada akhirnya biotin akan memproduksi energi yang Anda butuhkan untuk beraktivitas sehari-hari.

2. Memperkuat kuku jari

Kuku yang rapuh, bisa membuatnya lebih mudah retak dan terkelupas. Jangan salah, sekitar 20% populasi dunia ternyata memiliki kuku yang rapuh, lho.Manfaat biotin yang kedua adalah memperkuat kuku jari yang rapuh. Dalam sebuah penelitian, sebanyak 8 responden dengan kuku rapuh, diminta mengonsumsi suplemen biotin sebanyak 2,5 miligram selama 6-15 bulan. Hasilnya, ketebalan kuku meningkat 25% di semua responden.Penelitian lain yang melibatkan 35 responden dengan kuku rapuh, diminta untuk meminum biotin sebanyak 2,5 miligram selama 1,5-7 bulan. Menjelang akhir masa riset, gejala kuku rapuh bisa diredakan hingga 67%.Namun, beberapa riset di atas masih dianggap belum mampu membuktikan manfaat biotin dalam mengobati kuku rapuh.

3. Menyehatkan rambut

Bagi para pria yang ingin menumbuhkan rambut halus di wajahnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama biotin. Sebab, beberapa produk obat penumbuh jenggot di pasaran, memiliki kandungan biotin untuk mendukung pertumbuhan jenggot atau berewok.Selain itu, biotin juga sering dikaitkan dengan pertumbuhan rambut yang kuat dan sehat. Padahal, belum ada cukup penelitian untuk membuktikan manfaat biotin yang satu ini. Mungkin Anda bertanya-tanya,”Mengapa biotin selalu dikaitkan dengan kesehatan rambut?”Dalam sebuah riset, ternyata partisipan yang mengalami rambut rontok, terbukti kekurangan biotin dalam tubuhnya. Itulah sebabnya banyak orang yang percaya bahwa biotin bisa menyehatkan rambut.
Bagaimanapun juga, masih dibutuhkan riset lebih lanjut untuk mendukung klaim ini.

4. Mendukung kesehatan ibu hamil dan menyusui

Ibu hamil dan menyusui, ternyata membutuhkan biotin. Faktanya, sekitar 50% ibu hamil akan mengalami kekurangan biotin. Itulah sebabnya, bumil dan busui disarankan untuk mengonsumsi biotin.
Penurunan kadar biotin dalam tubuh ibu hamil, disebabkan oleh proses terpecahnya biotin dalam waktu yang terlalu cepat.
Dalam sebuah penelitian pada hewan uji, kekurangan biotin bisa menyebabkan kelainan bawaan pada bayi.
Namun tetap saja, masih dibutuhkan penelitian pada manusia untuk membuktikan efek kekurangan biotin dalam menyebabkan kelainan bawaan.
Sebelum Anda mengonsumsi biotin, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan, untuk mencegah efek samping yang merugikan.

5. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat biotin selanjutnya disebut bisa menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Beberapa riset bahkan membuktikan, penderita diabetes tidak memiliki kadar biotin sebanyak orang sehat pada umumnya.Itulah sebabnya, penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi biotin. Apalagi, ada penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi biotin dan kromium, berpotensi menurunkan kadar gula darah penderita diabetes tipe 2.

6. Menyehatkan kulit

Belum ada penjelasan detail mengenai hubungan antara biotin dan kesehatan kulit. Namun, ada bukti bahwa kekurangan biotin bisa menyebabkan kulit berwarna merah yang bersisik.Beberapa studi juga membuktikan, orang yang kekurangan biotin akan mengalami seborrheic dermatitis (kondisi yang sebabkan kulit bersisik dan gatal).Namun, manfaat suplemen biotin yang satu ini tidak bisa dirasakan oleh mereka yang tidak kekurangan biotin dalam tubuh. Kesimpulannya, manfaat biotin ini hanya ampuh jika dikonsumsi oleh orang dengan tubuh yang benar-benar kekurangan biotin.

7. Mengobati multiple sclerosis

Multiple sclerosis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan kerusakan penutup pelindung serabut saraf di otak, sumsum tulang belakang, dan mata.Penutup pelindung itu bernama myelin, dan biotin berperan penting dalam pembuatan myelin dalam tubuh.
Sebuah penlitian melibatkan para responden yang merupakan penderita multiple sclerosis. Mereka diminta untuk meminum biotin dalam dosis tertentu. Hasilnya, gejala-gejala multiple sclerosis dapat diredakan. Namun, dibutuhkan penelitian lebih besar untuk membuktikannya.

Makanan yang mengandung biotin

Selain dari suplemen, alam semesta telah menyediakan berbagai sumber makanan yang mengandung biotin, seperti:
  • Ragi
  • Kuning telur
  • Keju
  • Kacang kedelai
  • Kacang tanah
  • Sayuran hijau
  • Kol
  • Jamur
  • Mentega yang terbuat dari kacang
Jangan salah, tubuh juga bisa memproduksi biotin lewat bakteri di usus, lho. Namun dalam beberapa kasus, beberapa orang bisa mengalami kekurangan biotin. Itulah sebabnya mereka disarankan mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Rekomendasi asupan harian biotin

Mengonsumsi biotin tidak boleh sembarangan. Biasanya, remaja hingga orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi 30-100 mikrogram biotin per harinya. Lebih dari itu, biotin malah bisa menyebabkan efek samping merugikan.Beberapa efek samping tersebut berupa mual dan masalah pencernaan. Maka dari itu, sebelum mengonsumsinya, baik dari makanan ataupun suplemen, konsultasikanlah dulu dengan dokter.
makanan sehatnutrisihidup sehatbuah dan sayuranpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/the-benefits-of-biotin
Diakses pada 5 April 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318724#benefits
Diakses pada 5 April 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait