Segudang Manfaat Asam Oleat bagi Kesehatan Tubuh Anda


Asam oleat termasuk lemak baik atau sehat. Sejumlah manfaat asam oleat yang bisa Anda nikmati, di antaranya membantu menurunkan kadar kolesterol hingga gula darah.

(0)
01 Dec 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kadar asam oleat yang tinggi dapat ditemukan dalam minyak zaitunMinyak zaitun memiliki kandungan asam oleat yang tinggi
Asam oleat adalah asam lemak omega-9 yang dapat ditemukan secara alami pada lemak dan minyak, baik dari hewan maupun sayuran. Asam ini termasuk dalam asam lemak tak jenuh tunggal yang tergolong sebagai lemak baik atau sehat. Asam oleat umumnya tidak berbau dan berwarna.Manfaat asam oleat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga fungsi dan kesehatan sel di dalamnya. Sehingga, sel-sel tubuh dapat melawan patogen, mengangkut mineral, dan merespons hormon. Asam oleat juga berfungsi sebagai sumber energi utama sel, serta digunakan untuk produksi dan proses biosintesis berbagai senyawa penting dalam tubuh.

Manfaat asam oleat bagi kesehatan

Asam oleat dipercaya membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Manfaat asam oleat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Menurunkan tekanan darah

Konsumsi makanan mengandung asam oleat direkomendasikan bagi penderita darah tinggi. Asam oleat dipercaya memiliki efek hipotensi atau menurunkan tekanan darah. Kemampuan asam oleat mengatur struktur lipid membran dianggap membawa dampak postif dalam mengatur tekanan darah.

2. Menurunkan kolesterol

Jika dibandingkan dengan jenis-jenis diet tinggi lemak sehat lainnya, diet kaya asam oleat lebih menguntungkan bagi kesehatan. Hal ini karena asam oleat bermanfaat dalam:
  • Memiliki efek penurunan kolesterol yang sama dengan lemak sehat lainnya
  • Menjaga kadar kolesterol HDL (kolesterol baik)
  • Mampu mengurangi trigliserida.
Kadar trigliserida yang tinggi kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskuler, seperti stroke dan penyakit jantung koroner.

3. Mengontrol berat badan

Manfaat asam oleat juga dapat digunakan untuk mengontrol berat badan. Asam oleat dapat mengurangi rasa lapar dan terhindar dari makan berlebihan. Diet dengan asam oleat tidak hanya membuat kenyang lebih cepat, tapi rasa kenyang juga dapat bertahan lebih lama.

4. Membantu mencegah diabetes tipe-2

Manfaat asam oleat dapat membantu orang-orang yang mengalami pradiabetes atau telah didiagnosis menderita diabetes tipe-2.Pasalnya, mengonsumsi makanan yang mengandung asam oleat dipercaya dapat membantu mengatur pelepasan jumlah insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin sehingga membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

5. Meningkatkan fungsi otak

Beberapa penelitian mengaitkan ada hubungan terbalik antara asam emak tak jenuh tunggal pada asam oleat dengan penurunan fungsi kognitif. Berikut adalah kaitan antara kedua hal ini.
  • Diet tinggi asam lemak tak jenuh tunggal dapat melindungi otak dari penurunan fungsi kognitif akibat penuaan. Asam lemak tak jenuh tunggal juga dapat berfungsi sebagai pengobatan alami bagi penyakit Alzheimer.
  • Peneliti menemukan bahwa plasma otak penderita gangguan kognitif memiliki kadar asam oleat yang lebih rendah daripada orang dengan fungsi otak normal.

6. Mencegah kolitis ulseratif

Salah satu manfaat asam oleat bagi pencernaan adalah mencegah kolitis ulseratif, yakni penyakit peradangan kronis pada usus besar dan rektum yang tidak dapat disembuhkan. Kadar asam oleat yang tinggi dianggap mampu menurunkan risiko perkembangan kolitis ulseratif.

7. Melawan infeksi

Asam oleat telah terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa membantu mencegah infeksi berbagai penyakit.

8. Menyehatkan kulit

Manfaat asam oleat bagi kesehatan kulit, yakni melembutkan, melembapkan, dan mempercepat penyembuhan luka. Asam lemak ini juga memiliki efek antiradang dan antioksidan yang mampu menjaga vitalitas kulit.

9. Membantu melawan kanker

Asam oleat dapat mencegah stres oksidatif yang terkait dengan risiko kanker. Asam ini juga terbukti dapat menginduksi apoptosis (kematian sel terprogram) pada sel kanker.

Sumber-sumber asam oleat

Minyak zaitun merupakan sumber asam oleat yang paling populer. Hampir semua manfaat minyak zaitun berasal dari kandungan asam oleat di dalamnya. 80 persen dari kandungan lemak pada minyak zaitun adalah asam oleat.Selain minyak zaitun, sumber-sumber makanan yang tinggi asam oleat adalah minyak almond, hazelnut, minyak alpukat, kemiri, kacang mete, keju, daging sapi, telur, minyak argan, minyak wijen, susu, minyak bunga matahari, dan daging ayam.Satu hal yang perlu Anda perhatikan, asam oleat juga diproduksi sendiri oleh tubuh kita. Jadi, tidak perlu mengonsumsi asam oleat secara berlebihan karena asam ini memiliki efek pencahar yang dapat menyebabkan sakit perut jika dikonsumsi dalam jumlah besar.Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut seputar asam lemak yang baik untuk kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatkolesterol
Dr. Axe. https://draxe.com/nutrition/oleic-acid/
Diakses 18 November 2020
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/topics/agricultural-and-biological-sciences/oleic-acid
Diakses 18 November 2020
Pubmed NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23588432/
Diakses 18 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait