Segudang Ide Bekal Anak TK yang Lezat dan Menyehatkan

(0)
18 Jun 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ide bekal TK yang lezat dan menyehatkan sangatlah beragam, mulai dari sandwich tuna hingga telur.Kreasikan ide bekal anak TK agar Si Kecil tidak merasa bosan dengan makan siangnya di sekolah.
Bekal anak TK menjadi suatu hal yang harus dipikirkan oleh orangtua di pagi hari. Sebab, bekal anak TK tidak sekadar yang disukai lidahnya, tapi juga harus menyehatkan tubuhnya. Apalagi, di masa pertumbuhannya, anak-anak membutuhkan makanan bernutrisi untuk menopang tumbuh kembangnya.Ayah dan Bunda jangan khawatir, berbagai rekomendasi bekal anak TK di sini sangat mudah dibuat dan tentunya menyehatkan. Mari kenali berbagai ide bekal anak TK yang lezat dan juga sehat ini.

Ide bekal anak TK yang lezat dan juga sehat

Terkadang, memaksa anak untuk memakan makanan yang sehat, sangatlah sulit. Namun ternyata, ada beberapa ide bekal anak TK yang yang tidak hanya lezat, tapi juga menyehatkan tumbuh kembangnya.

1. Yogurt

Dikemas dengan warna yang bisa menarik perhatian anak-anak, yogurt bisa menjadi salah satu bekal anak TK yang sulit ditolak oleh lidah Si Kecil. Selain rasanya yang manis dan asam, kandungan nutrisi yogurt seperti kalsium pun sangat dibutuhkan oleh anak-anak.Namun ingat, carilah yogurt yang tidak mengandung gula tambahan dan lemak tinggi. Selain itu, carilah yogurt yang mengandung probiotik.

2. Telur

Telur seringkali dilupakan oleh orangtua ketika membuat bekal anak TK. Padahal, makanan “sejuta umat” ini memiliki banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan anak-anak.Satu butir telur saja sudah mengandung 6 gram protein, vitamin D, vitamin B12, dan zat besi. Beberapa telur juga sudah diperkaya dengan asam lemak omega-3 yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak.Kreasikan telur ke dalam bentuk dadar, orak-arik, ataupun ceplok. Setelah itu, biarkan anak Anda memilih yang paling disukainya.

3. Ubi jalar

Bagi orangtua yang tidak memiliki waktu banyak untuk memasak bekal anak TK, ubi jalar bisa jadi pilihannya. Dari bentuknya, ubi jalar memang tidak menggugah selera. Namun, jika Anda memotongnya layaknya french fries atau kentang goreng, kemungkinan besarnya Si Kecil akan menyukainya.Jangan salah, bekal anak TK yang satu ini diperkaya dengan vitamin dan zat mineral penting, sebut saja vitamin A untuk kesehatan mata, kemudian ada serat yang menyehatkan sistem pencernaan, dan kalium!Kalau bisa, jangan tambahkan garam, untuk menjaga kesehatan jantung anak Anda.

4. Berry

Bekal anak TK tidak selalu harus makanan berat. Di saat ia ingin “ngemil” saja, bawalah buah-buahan berry yang manis dan menyehatkan itu.Satu cangkir buah-buahan berry seperti blueberry atau stroberi sudah mengandung 4 gram serat, vitamin C, dan antioksidan seperti anthocyanins. Terlebih lagi, buah-buahan berry tidak mengandung gula yang tinggi seperti buah-buahan lainnya.

5. Sandwich tuna

Ikan adalah makanan penting yang dibutuhkan anak-anak. Jika orangtua kehabisan ide untuk membuat bekal anak TK, buat saja sandwich tuna! Anda juga bisa menambahkan roti gandum utuh, dan berbagai macam sayuran di dalam sandwich tuna yang kaya omega-3.

6. Sayur-sayuran

Anak-anak
Bekal anak TK
Ya, memberikan sayuran pada anak memang akan sulit, ditambah lagi rasa sayuran yang tidak familiar di lidah anak. Namun ada beberapa sayuran yang bisa dijadikan bekal anak TK, yang tidak membuat Si Kecil “tutup mulut”.Beberapa sayuran seperti wortel yang sudah direbus, jagung, dan kentang bisa menjadi bekal anak TK yang menyehatkan. Selain kaya akan vitamin A. Sayur-sayuran ini juga mengandung vitamin C, serat, dan kalium.Coba lebih fokus dalam membuat tekstur sayuran lebih dapat diterima oleh lidah anak. Jangan memberikannya sayuran matang dalam keadaan utuh. Berikan kentang yang bisa dipotong kecil-kecil layaknya french fries.

7. Susu

Jangan terlalu fokus pada makanannya saja, ingat juga dengan minuman untuk bekal anak TK. Di samping air putih, susu juga bisa menjadi minuman yang menyehatkan untuk anak-anak. Selain mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, susu juga dilengkapi dengan vitamin D dan protein. Pastikan bahwa anak Anda tidak memiliki alergi terhadap susu, ya.

8. Roti selai kacang

Anak-anak
Bekal anak TK
Selai kacang yang rendah lemak sangat baik untuk pertumbuhan anak. Sebab, selai kacang mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B6, asam folat, zat besi, magnesium, zinc, hingga tembaga.Pilihlah roti gandum, dan oleskan selai kacang. Selain bisa menjadi bekal anak TK yang menyehatkan, roti selai kacang ini juga lezat.

Catatan dari SehatQ:

Berbagai bekal anak TK ini bisa Anda coba berikan pada anak. Selain lezat, tumbuh kembang Si Kecil pun akan terjaga karena kandungan nutrisi dari makanan yang dibawa ke sekolah.
Jangan lupa untuk mengkreasikan bekal anak TK, agar Si Kecil tidak merasa bosan dengan yang disantapnya.
makanan sehatkesehatan anakbuah dan sayurananak sekolah
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/best-foods-for-kids-2633967
Diakses pada 4 Juni 2020
Eating Well. http://www.eatingwell.com/article/291139/the-top-10-healthiest-foods-for-kids/
Diakses pada 4 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait