Segudang Cara Tradisional Menurunkan Berat Badan dengan Bahan Dapur

(0)
14 Aug 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara tradisional menurunkan berat badan dengan rempah-rempah dianggap ampuh.Cara tradisional menurunkan berat badan dengan rempah yang mudah ditemukan di dapur.
Cara tradisional menurunkan berat badan bisa menjadi pilihan bagi mereka yang takut mengonsumsi obat-obatan. Tahukah Anda kalau berbagai macam rempah-rempahan dapat membantu turunkan berat badan?Supaya tidak mengonsumsinya secara asal-asalan, ada baiknya Anda pahami dulu penjelasan ilmiah mengenai rempah-rempah yang bisa digunakan sebagai cara tradisional menurunkan berat badan.

Cara tradisional menurunkan berat badan

Di luar sana, terdapat berbagai suplemen, metode diet, hingga obat-obatan yang diklaim dapat menurunkan berat badan. Namun nyatanya, tidak banyak penelitian ilmiah yang bisa membuktikan efektivitasnya. Agar perjuangan Anda dalam menurunkan berat badan tidak sia-sia, ada baiknya mengenal berbagai rempah-rempahan yang terbukti bisa membantu Anda meraih berat badan ideal ini.

1. Fenugreek

Fenugreek adalah rempah-rempah yang sering ditemukan di dapur. Ia dipetik dari tumbuhan Trigonella foenum-graecum.Sebuah penelitian berskala kecil membuktikan bahwa mengonsumsi ekstrak biji fenugreek dapat menurunkan asupan lemak hingga 17%, dibandingkan dengan obat plasebo. Hal ini menyebabkan turunnya porsi kalori yang Anda konsumsi.

2. Cabe rawit

Bagi pencinta pedas yang suka makan cabe rawit, ada kabar baik. Bumbu dapur yang sering digunakan untuk membuat cita rasa masakan lebih “menggigit” ini ternyata bisa membantu menurunkan berat badan.Beberapa riset menemukan, komponen capsaicin yang dikandung cabe rawit dapat meningkatkan metabolisme, sehingga jumlah kalori yang dibakar tubuh menjadi lebih banyak.

3. Jahe

Jahe
Jahe
Kemampuan jahe dalam menghadirkan aroma khas pada setiap masakan, memang tak perlu diragukan. Namun bagaimana kemampuannya dalam menurunkan berat badan?Sebuah riset yang diikuti oleh 14 partisipan telah membuktikan bahwa suplemen yang mengandung jahe dapat menurunkan berat badan dan lemak di perut secara signifikan.

4. Oregano

Pernah melihat taburan potongan daun hijau di bagian spaghetti atau pizza yang Anda santap? Ya, itu adalah oregano, rempah-rempah yang sangat harum.Dengan ukurannya yang kecil, oregano ternyata mengandung komponen carvacrol yang dipercaya dapat menurunkan berat badan.Dalam sebuah riset pada hewan uji, tikus yang mengonsumsi makanan berlemak tinggi dengan kandungan carvacrol mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh secara signifikan.Sayangnya, penemuan ini masih didasari oleh penelitian pada hewan uji. Riset pada manusia masih diperlukan untuk membuktikannya sebagai cara tradisional menurunkan berat badan yang efektif.

5. Ginseng

Anda bisa menjumpai berbagai macam ginseng. Namun ginseng yang dipercaya bisa menurunkan berat badan datang dari Korea. Sebuah penelitian berskala kecil membuktikan, mengonsumsi ginseng asal Korea sebanyak 2 kali dalam sehari, selama 8 minggu, mampu menurunkan berat badan para partisipan.Namun penelitian berskala besar masih diperlukan untuk membuktikan kemampuan ginseng dalam menurunkan berat badan.

6. Kunyit

Kunyit
Kunyit
Warna kuning yang ada pada makanan seperti nasi kuning atau lontong kari, datang dari rempah-rempahan kunyit. Selain menyedapkan makanan, kunyit juga dianggap bisa menurunkan berat badan.Sebagian besar manfaat kunyit untuk kesehatan datang dari senyawa curcumin yang dikandungnya. Sebuah riset yang melibatkan 44 partisipan dengan obesitas membuktikan, mengonsumsi curcumin sebanyak 2 kali dalam sehari, selama sebulan, bisa membantu membakar lemak dan menurunkan lemak di perut sebanyak 5%.Perlu diingat juga, riset tersebut menggunakan kadar kurkumin yang jauh lebih banyak dibandingkan jumlah kurkumin yang dikandung kunyit.

7. Kayu manis

Kayu manis mengandung komponen yang dapat menyerupai insulin, untuk memindahkan gula dari aliran darah ke dalam sel tubuh untuk dijadikan energi. Tidak hanya itu, sebuah riset juga membuktikan kalau kayu manis juga dipercaya menstabilkan kadar gula darah, untuk mengurangi nafsu makan dan rasa lapar. Berbagai kehebatan kayu manis inilah yang membuatnya dapat dicoba sebagai cara tradisional menurunkan berat badan.Meskipun berbagai rempah-rempahan ini dapat dicoba sebagai cara tradisional menurunkan berat badan, bukan berarti efeknya akan langsung dirasakan. Ditambah lagi, berbagai penelitian yang mendukung kehebatan rempah-rempah tersebut masih perlu diperkuat untuk membuktikan efektivitasnya.Kunci utama dalam meraih berat badan ideal tak lepas dari pola hidup sehat, seperti makan buah dan sayur, istirahat secara teratur, hingga rajin olahraga. Jangan anggap berbagai cara tradisional menurunkan berat badan di atas dapat “menyulap” badan Anda menjadi kurus dalam satu malam!

Kebiasaan yang bisa bantu turunkan berat badan

Tidak hanya olahraga secara teratur. Masih banyak kebiasaan lain yang bisa bantu turunkan berat badan, seperti:
  • Tidak melewatkan sarapan

Jangan pikir dengan tidak sarapan, berat badan akan turun dengan cepat. Nyatanya, dengan mengonsumsi makanan sehat di pagi hari, rasa lapar tidak akan menyerang Anda di siang harinya. Hal ini bisa membuat Anda makan lebih sedikit, dibandingkan jika tidak sarapan.
  • Menambah asupan buah dan sayur

Buah dan sayur tidak mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Selain itu, buah dan sayuran mengandung serat yang banyak! Ketiga aspek ini dapat membantu Anda meraih berat badan ideal dengan cepat.
  • Aktif bergerak

Aktif bergerak tidak melulu mengharuskan Anda berolahraga berat. Beranjak dari bangku kantor, dan berjalan kaki untuk mencari makan siang juga termasuk dalam kategori aktif bergerak.Dengan aktif bergerak, tubuh akan membakar kalori lebih banyak, sehingga berat badan ideal dapat diraih.
  • Mengonsumsi air ecara teratur

Terkadang, Anda menganggap rasa haus sebagai rasa lapar. Jangan sampai salah, terkadang rasa haus yang Anda rasakan, bisa “berkamuflase” mernjadi rasa lapar. Maka dari itu, jangan sampai tertipu dan minumlah air secara teratur agar tetap terhidrasi.
  • Selalu melihat informasi pada label pada makanan

Mulai saat ini, biasakan untuk melihat label pada makanan sebelum menyantapnya. Dengan begitu, Anda bisa tahu jumlah kalori atau lemak yang didapatkan dari makanan tersebut. Ditambah lagi, Anda jadi tahu makanan yang sehat dan tidak, dengan meneliti informasi tersebut terlebih dahulu.Selain mencoba berbagai cara tradisional menurunkan berat badan dengan rempah-rempah di atas, jadikanlah pola hidup sehat sebagai kebiasaan. Dengan begitu, perjuangan Anda dalam menuju berat badan ideal tidak akan sia-sia.
makanan sehatberat badan idealmenurunkan berat badanherbalhidup sehatbuah dan sayuran
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322345
Diakses pada 24 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/weight-loss-herbs#section1
Diakses pada 24 Juli 2020
NHS. https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/12-tips-to-help-you-lose-weight/
Diakses pada 24 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait