Segera Tangani Radang Usus Besar Sebelum Menjadi Kanker Kolorektal!

Radang usus besar dapat berpotensi menjadi kanker kolorektal
Segera konsultasi ke dokter jika perut sering mengalami sakit

Bagi sebagian besar orang, mengonsumsi makanan adalah hal yang sangat menyenangkan. Beberapa orang bahkan menjadikan kegiatan makan sebagai salah satu hobi. Bagaimana jika sewaktu-waktu kegiatan tersebut terhenti karena masalah pencernaan?

Sakit perut umumnya menjadi tanda adanya masalah di pencernaan, salah satunya adalah penyakit radang usus besar atau istilah medisnya, ulcerative colitis.

Apa itu radang usus besar?

Radang usus besar adalah kondisi di mana usus besar mengalami peradangan dan menimbulkan luka besar serta disertai nanah. Kondisi ini tidak terjadi secara instan, tetapi berkembang secara perlahan.

Sayangnya, sering kali banyak orang yang tidak menyadari telah terkena penyakit ini karena gejalanya bisa muncul dan hilang. Oleh karena itu penderitanya tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang serius.

Penyebab radang usus besar

Sampai saat ini belum ada yang tahu penyebab radang usus besar, tetapi banyak dokter yang berpendapat bahwa penyebabnya adalah sistem imun tubuh yang berbalik menyerang sel-sel di saluran pencernaan.

Di samping itu, stres dan diet diduga memiliki pengaruh terhadap munculnya penyakit radang usus besar

Waspadai gejala radang usus besar!

Ciri-ciri utama dari radang usus besar adalah:

  • Rasa sakit di perut.
  • Kelelahan.
  • Diare yang muncul terus-menerus dan mengandung darah, nanah, atau lendir.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Demam.
  • Penurunan berat badan.

Gejala lainnya adalah rasa sakit di dubur atau bahkan pendarahan di dubur. Peningkatan keinginan untuk buang air besar maupun kesulitan BAB.

Terkadang gejala dapat merambat ke area lain, seperti luka pada mulut, iritasi mata, mata merah, rasa sakit serta bengkak di persendian, dan sebagainya.

Apakah ada pengobatan untuk radang usus besar?

Karena penyebab pastinya belum diketahui, pengobatan yang pastinya pun juga belum ditemukan. Kabar baiknya, sudah ada penanganan untuk mengurangi atau memperpanjang periode tidak munculnya gejala.

Umumnya, dokter akan memberikan obat yang menekan sistem imun dan obat antiradang. Ditambah obat tambahan sesuai dengan kondisi penderita, seperti obat diare, antibiotik, obat penambah zat besi, dan obat antisakit.

Alternatif lain untuk penderita dengan radang usus besar yang parah adalah dengan metode bedah yang bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan gejala radang usus besar yang dialami. Meskipun demikian, bedah meliputi pengangkatan usus besar.

Pengangkatan usus besar secara total dapat menghilangkan keseluruhan gejala radang usus besar yang dimiliki. Dokter akan membuat suatu kantong sebagai pengganti tempat kotoran ditampung. Namun, terdapat beberapa efek samping dari penggunaan kantong tersebut.

Biasanya, para penderita lebih memilih untuk mengangkat daerah usus besar yang mengalami peradangan. Sebelum memilih bedah, selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Kaitan radang usus besar dan kanker kolorektal

Tahukah Anda kalau penyakit radang usus besar bisa meningkatkan risiko terkena kanker kolorektal? Peradangan pada usus besar yang terus menerus dapat memicu perubahan sel-sel pada dinding pencernaan menjadi sel-sel kanker.

Meskipun jarang terjadi, tetapi tidak ada salahnya jika penderita radang usus besar lebih berhati-hati agar tidak terjangkit kanker kolorektal. Kemunculan kanker kolorektal atau kanker pada bagian usus besar atau dubur dapat diatasi dengan pemeriksaan dini.

Setidaknya lakukanlah pemeriksaan sebanyak satu kali setahun serta rutin mengontrol penyakit radang usus besar yang dimiliki.

Penderita radang usus besar yang sudah mengalami gejala radang usus besar selama lebih dari delapan tahun sangat direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan kanker kolorektal.

Crohn's & Colitis Foundation. http://www.crohnscolitisfoundation.org/what-is-ibd/colorectal-cancer
Diakses pada 14 Juni 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/ulcerative-colitis
Diakses pada 14 Juni 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ulcerative-colitis/symptoms-causes/syc-20353326
Diakses pada 14 Juni 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/ulcerative-colitis/
Diakses pada 14 Juni 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed