Segar dan Sehat, Ini 8 Buah yang Mengandung Kalsium

(0)
13 Aug 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Buah yang mengandung kalsium ada beberapa seperti pisang, apel, dan jerukPisang, jeruk, dan apel adalah contoh buah yang mengandung kalsium
Kalsium merupakan mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Biasanya kalau sudah bicara soal sumber kalsium, orang langsung terpikir susu dan produk olahannya. Padahal selain susu, buah yang mengandung kalsium juga bisa jadi sumber tambahan yang segar sekaligus menyehatkan.Kandungan kalsium yang ada di dalam buah memang tidak bisa disejajarkan dengan susu, ikan sardin, atau kacang-kacangan. Namun tentu tidak ada salahnya kalau Anda memperbanyak asupan kalsium secara alami dengan memasukkan jenis buah-buahan di bawah ini ke dalam menu harian.

Buah yang mengandung kalsium

Berikut ini jenis buah yang mengandung kalsium yang baik untuk dikonsumsi.
Jeruk buah mengandung kalsium
Jeruk bisa menyumbangkan 74 mg kalsium untuk tubuh

1. Jeruk

Terkenal sebagai sumber vitamin C, jeruk rupanya juga bisa memberikan asupan kalsium untuk tubuh Anda. Dalam satu buah jeruk berukuran besar, diperkirakan terdapat sekitar 74 mg kalsium.Jus jeruk yang banyak tersedia di pasaran juga umumnya yang sudah diperkaya dengan kalsium. Dalam satu gelas jus jeruk (sekitar 240 ml) terdapat kurang lebih 27 mg kalsium.

2. Apel

Meski hanya sedikit, apel juga mengandung kalsium. Dalam satu buah apel berukuran sedang atau sekitar 120 gram, terdapat kandungan kalsium sebanyak 6 miligram.
Pisang buah yang mengandung kalsium
Pisang mengandung kalsium dan karbohidrat

3. Pisang

Pisang adalah buah dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Buah ini kaya akan kandungan kalium dan juga menjadi salah satu dari beberapa buah yang mengandung karbohidrat.Di antara banyaknya kandungan nutrisi yang dikandungnya, terselip kandungan kalsium sebanyak 12 miligram dalam setiap 150 gram sajian pisang.

4. Labu kuning

Labu kuning jenis butternut squash, mengandung sekitar 85 mg kalsium dalam setiap porsinya (sekitar 130 gram). Tidak hanya bisa bertindak sebagai sumber kalsium, labu kuning juga merupakan sumber vitamin C dan vitamin A.
buah yang mengandung kalsium aprikot
Meski sedikit, aprikot juga mengandung kalsium

5. Aprikot

Tiga buah aprikot berukuran kecil, atau sekitar 120 gram, bisa memberikan kalsium untuk tubuh sebesar 19 mg.

6. Buah fig atau buah tin

Buah fig segar merupakan sumber kalium dan magnesium yang bermanfaat bagi tubuh. Namun buah yang satu ini, apabila dikeringkan, rupanya juga bisa masuk sebagai salah satu buah yang mengandung kalsium.Setengah porsi buah kering atau sebanyak 65 gram, bisa menyumbangkan kalsium sebanyak 112 miligram untuk tubuh.
Gooseberry buah mengandung kalsium
Gooseberry bisa dijadikan alternatif sumber kalsium

7. Gooseberry

Buah gooseberry atau yang di Indonesia mirip dengan buah ciplukan, adalah salah satu buah yang mengandung kalsium. Dalam 120 gram buah gooseberry yang dikeringkan, terkandung 72 miligram kalsium.

8. Kismis atau anggur kering

Kismis tidak hanya bisa menyumbangkan sensasi manis di kudapan seperti kue dan roti. Buah yang merupakan olahan anggur kering ini juga mengandung sekitar 30 miligram kalsium dalam setiap satu porsi sajiannya (sekitar 40 gram).

Kalsium dan vitamin D

Agar semua kalsium yang sudah dikonsumsi bisa diserap dengan baik oleh tubuh, maka Anda juga harus mengonsumsi vitamin D dalam jumlah yang cukup. Dengan cara inilah manfaat kalsium dan vitamin D seperti mencegah osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang, bisa Anda dapatkan secara maksimal.Kebutuhan kalsium orang dewasa adalah 1.000 mg per hari. Sementara itu, kebutuhan kalsium perempuan yang berusia di atas 50 tahun dan laki-laki di atas 70 tahun, naik menjadi 1.200 mg per hari. Kebutuhan kalsium terbanyak ada pada anak-anak dan remaja berusia 4-18 tahun, yaitu sebanyak 1.300 mg per hari.Apabila Anda sudah berhasil memenuhi kebutuhan harian ini tapi tidak mengonsumsi cukup vitamin D, maka sebagian asupan kalsium tersebut akan sia-sia, karena tidak akan terserap oleh tubuh. Jadi, untuk mendapatkan tulang yang kuat, keduanya harus Anda penuhi.Kebutuhan vitamin D untuk usia 1-70 tahun sama, yaitu 600 IU per hari. Sementara itu, para lansia di atas 80 tahun memerlukan vitamin D 800 IU per hari.Vitamin D bisa Anda dapatkan dari sinar matahari dan makanan. Namun berbeda dari kalsium, hingga saat ini tidak ada buah yang dianggap mumpuni sebagai sumber vitamin D. Vitamin ini biasanya ditemukan pada telur, ikan, dan jamur.Baca juga: Ternyata Ini Waktu Berjemur yang Baik di Bawah Sinar MatahariNah, setelah mengetahui pentingnya peran kalsium dan vitamin D untuk tubuh, Anda diharapkan tidak lagi lalai dalam memenuhi kebutuhan keduanya. Apabila kesulitan, Anda juga bisa penuhi kebutuhan vitamin mineral dengan mengonsumsi suplemen.Namun sebelum melakukannya, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar bisa memastikan jenis suplemen yang paling tepat.
vitaminmakanan sehatmakanan peningkat kalsiumbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/15-calcium-rich-foods
Diakses pada 30 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322585
Diakses pada 30 Juli 2020
International Osteoporosis Foundation. https://www.iofbonehealth.org/osteoporosis-musculoskeletal-disorders/osteoporosis/prevention/calcium/calcium-content-common-foods
Diakses pada 30 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/9-foods-high-in-vitamin-d#10
Diakses pada 30 Juli 2020
Health. https://www.health.com/nutrition/14-non-dairy-foods-that-are-high-in-calcium
Diakses pada 30 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait