Segala Manfaat Vitamin B2 untuk Kesehatan Tubuh Anda

(0)
16 Jun 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat vitamin B2 bisa didapatkan dari berbagai sumber makananBerbagai sumber makanan vitamin B2
Tahukah Anda akan pentingnya vitamin B2 bagi tubuh? Vitamin B2, yang juga dikenal sebagai riboflavin, adalah salah satu dari delapan vitamin B penting untuk tubuh. Beberapa fungsi vitamin B2 yang krusial untuk tubuh Anda, di antaranya menghancurkan komponen-komponen makanan, menyerap nutrisi lainnya, dan mempertahankan jaringan tubuh.Vitamin B2 umumnya ditemukan pada sejumlah sayuran hijau, telur, kacang-kacangan, jamur, dan produk susu. Selain itu, vitamin ini juga bisa Anda jumpai dalam bentuk suplemen bersama beberapa vitamin lainnya. Vitamin B2 termasuk vitamin yang larut dalam air dan dibawa melalui aliran darah.

Manfaat vitamin B2

Selain dikonsumsi melalui makanan, Anda juga bisa mendapatkan manfaat vitamin B2 melalui berbagai suplemen yang mudah dijumpai di pasaran.Vitamin B2 dipercaya dapat mengobati beberapa masalah kesehatan sekaligus dapat menjaga fungsi tubuh agar tetap maksimal. Berikut beberapa manfaat vitamin B2.

1. Sebagai pengobatan sakit migrain

Menurut National Institutes of Health Amerika Serikat, salah satu manfaat vitamin B2 adalah sebagai pengobatan potensial untuk migrain. Sakit kepala ini terjadi karena adanya perubahan dalam batang otak atau ketidakseimbangan bahan kimia otak.Vitamin B2 atau riboflavin dapat membantu mengatasi ketidakseimbangan ini dengan meningkatkan respirasi dan produksi energi dalam mitokondria dari sel-sel otak.

2. Mencegah kanker

Ada juga bukti yang menunjukkan manfaat vitamin B2 dalam mencegah kanker. Pada intinya, kanker adalah kerusakan fungsi seluler normal di mana sel tidak lagi berfungsi dengan baik. Jika ini terjadi, sel-sel akan mereproduksi di luar kendali dan membentuk tumor.Vitamin B2 diyakini dapat melindungi DNA seluler dari kerusakan oleh agen penyebab kanker, seperti asap rokok. Dengan menstabilkan struktur DNA sel, beberapa jenis kanker, seperti kanker kerongkongan dan kanker serviks, dapat dicegah.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Katarak adalah kondisi terkait penuaan, di mana lensa mata mulai keruh dan terganggu penglihatannya. Orang-orang yang memanfaatkan vitamin B2 memiliki risiko lebih rendah terkena katarakObat tetes mata yang mengandung vitamin B2 terkadang digunakan untuk mengobati gangguan mata degeneratif yang dikenal sebagai keratoconus bersamaan dengan terapi cahaya ultraviolet (UV). Ketika digunakan bersama-sama, kedua hal ini dapat memperkuat kolagen kornea dan menstabilkan lensa mata.

4. Menurunkan kadar asam amino dalam darah

Homosistein ??adalah asam amino yang ditemukan dalam darah. Kadar asam amino yang tinggi atau homosisteinemia sering dikaitkan dengan berbagai kondisi medis yang serius, termasuk stroke, demensia, hingga serangan jantung.Suplemen vitamin B2 yang diminum setiap hari dapat mengurangi kadar homosistein hingga 40 persen dalam sebagian orang. Pengurangan tersebut dapat meminimalisir risiko gangguan neurokognitif, seperti penyakit Alzheimer, Parkinson, demensia vaskuler, dan epilepsi.

5. Meredakan nyeri PMS

Premenstrual syndrome (PMS) adalah suatu kondisi yang merujuk pada suatu kompleks gejala fisik dan psikologis yang terjadi selama siklus menstruasi dan menghilang ketika menstruasi dimulai.Peningkatan asupan vitamin B2 dari sumber makanan sering dikaitkan dengan penurunan risiko PMS. Dalam sebuah penelitian, asupan 2,52 mg vitamin B2 per hari dapat menurunkan 35 persen risiko terkena PMS.

6. Melindungi dari kelainan jantung

Manfaat vitamin B2 sebagai senyawa tunggal telah menunjukkan hasil yang menjanjikan sebagai perlindungan dari kelainan jantung.Masalah jantung ini dapat diminimalisir dengan menggunakan vitamin B2. Selain itu, vitamin ini juga bisa dikombinasikan dengan senyawa lain untuk menghasilkan efek yang menguntungkan.

7. Mencegah hipertensi

Hipertensi dianggap sebagai faktor utama penyebab kematian di seluruh dunia. Sebuah penelitian telah menunjukkan hubungan asupan vitamin B2 dan tekanan darah. Salah satu manfaat vitamin B2 adalah sebagai suplemen yang membantu menurunkan tekanan darah sistolik secara signifikan.Vitamin B2 kemungkinan aman jika dikonsumsi sesuai dengan dosis yang diberikan dokter. Pada beberapa orang, kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan urine berubah warna menjadi kuning pekat.Apabila dikonsumsi dalam jumlah besar, vitamin ini bisa menimbulkan efek samping, seperti diare dan peningkatan jumlah urine.
vitaminvitamin b2
Medicalnewstoday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/219561
Diakses pada 01 Juni 2020
Ncbi. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7037471/
Diakses pada 01 Juni 2020
Verywellfit. https://www.verywellfit.com/riboflavin-requirements-and-dietary-sources-2507043
Diakses pada 01 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait