Segala Hal Tentang Sekolah Luar Biasa yang Perlu Anda Ketahui

(0)
18 Aug 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sekolah Luar Biasa punya beberapa jenis yang berbedaSekolah Luar BIasa memiliki beberapa jenis sesuai dengan kelainan yang disandang anak
Dalam peraturan pemerintah pemerintah Republik Indonesia nomor 72 tahun 1991 tentang pendidikan luar biasa, dijelaskan bahwa pendidikan luar biasa adalah pendidikan yang khusus diselenggarakan bagi peserta didik yang menyandang kelainan fisik dan/atau mental.Sementara menurut buku Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus karangan Profesor Pendidikan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus Universitas Negeri Yogyakarta, Suparno, Sekolah Luar Biasa (SLB) adalah bentuk pendidikan bagi mereka yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran pada umumnya dikarenakan adanya kelainan fisik, kelainan emosional, atau mental sosial, tetapi memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa.Yang perlu digarisbawahi adalah seorang anak dapat menempuh pendidikan di SLB apabila ia mengalami kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran dengan metode belajar pada umumnya. 

Jenis-jenis Sekolah Luar Biasa

Jenis-jenis Sekolah Luar Biasa dibedakan berdasarkan jenis kelainan yang disandang oleh peserta didik. Berikut beberapa jenis SLB yang perlu Anda ketahui. 

1. Sekolah Luar Biasa A (SLB A)

SLB A adalah sekolah yang diperuntukkan bagi anak-anak penyandang tunanetra. Oleh karena itu, metode pembelajaran dalam sekolah ini harus mampu mendorong siswanya dalam memahami materi pelajaran. Media pembelajaran pada SLB A umumnya berbentuk buku-buku dengan huruf braille dan tape recorder.

2. Sekolah Luar Biasa B (SLB B)

SLB B merupakan sekolah yang diperuntukkan bagi anak-anak penyandang tunarungu, yakni anak-anak yang memiliki hambatan pada indra pendengarannya.Di Sekolah Luar Biasa ini, anak-anak akan diajarkan cara berkomunikasi dengan membaca gerakan bibir. belajar bahasa isyarat dengan menggunakan gerakan tangan (cued speech), dan belajar dengan menggunakan alat bantu denganr (cochlear implant).

3. Sekolah Luar Biasa C (SLB C)

SLB C adalah sekolah yang dikhususkan bagi anak-anak penyandang tunagrahita atau anak dengan intelegensi di bawah rata-rata. Anak-anak yang tidak memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sekitar pun juga dapat bersekolah di SLB ini.Oleh karena itu, dalam sekolah ini, mereka akan mendapatkan pembelajaran tentang cara membina diri dan sosialisasi karena anak-anak tunagrahita cenderung mengalami kesulitan dalam pergaulan dan menarik diri dari lingkungan.

4. Sekolah Luar Biasa D (SLB D)

SLB D adalah sekolah khusus bagi anak-anak yang menyandang tunadaksa, yakni mereka yang memiliki kekurangan pada anggota tubuhnya. Fokus pendidikan di Sekolah Luar Biasa ini adalah untuk mengembangkan potensi setiap anak sehingga siswa bisa mandiri dan produktif.

5. Sekolah Luar Biasa E (SLB E)

SLB E merupakan sekolah yang diperuntukkan bagi penyandang tunalaras. Tunalaras adalah gangguan, hambatan, atau kelainan tingkah laku sehingga anak kurang dapat menyesuaikan diri, baik terhadap lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat di sekitarnya.Anak dengan tunalaras memiliki gangguan dalam perkembangan emosi dan sosial atau keduanya. Untuk mengembangkan potensi anak-anak tunalaras, diperlukan pelayanan dan pendidikan secara khusus agar dapat mengukur emosi dan menjalankan fungsi sosialisasi mereka.

6. Sekolah Luar Biasa G (SLB G)

SLB G merupakan sekolah yang diperuntukkan bagi anak penyandang tunaganda, yakni mereka yang memiliki kombinasi beberapa kelainan. Penyandang tunaganda biasanya kurang bisa untuk berkomunikasi, atau bahkan tidak berkomunikasi sama sekali.Perkembangan motorik anak penyandang tunaganda biasanya terlambat. Oleh karena itu, anak dengan kelainan tunaganda membutuhkan media pembelajaran yang berbeda sehingga rasa mandiri pada anak dapat meningkat.Masing-masing SLB memiliki fasilitas dan metode pembelajaran berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus siswa-siswinya.Tujuan utama anak-anak berkebutuhan khusus bersekolah di SLB adalah untuk mendapatkan perlakuan sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan kelainan yang disandangnya. Sehingga, para siswa dan siswi bisa mendapatkan kemampuan untuk mandiri dan keahlian yang bermanfaat bagi kehidupannya kelak.

Apa yang diajarkan di Sekolah Luar Biasa?

Di Sekolah Luar Biasa, para siswa dan siswi akan mendapatkan bimbingan dan rehablitasi khusus kelainan yang mereka sandang. Bimbingan yang disediakan merupakan bantuan kepada siswa dan siswi untuk menemukan diri mereka, mengatasi masalah seputar kelainan yang dimiliki, pengenalan terhadap lingkungan, dan perencanaan masa depan.Sementara, rehabilitasi adalah upaya bantuan medis, sosial, dan keterampilan yang diberikan agar anak mampu mengikuti pendidikan. Rehabilitasi medis mencakup proses penyembuhan dan pemulihan kesehatan siswa atau siswi yang menyandang kelainan, serta pemberian alat pembantu atau pengganti tubuh.Terakhir, rehabilitasi sosial meliputi pemberian bimbingan sosial, contohnya pengarahan untuk penyesuaian diri dan pengembangan pribadi peserta didik. Rehabilitasi ini biasanya diberikan oleh dokter umum, dokter spesialis, ahli terapi wicara, ahli terapi fisik, ahli psikologi, perawat, dan pekerja sosial.   
sekolah
Direktorat Pendidikan Masyarakat Dan Pendidikan Khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
https://pmpk.kemdikbud.go.id/jenis-jenis-sekolah-luar-biasa/
Diakses pada Agustus 2020
Badan Pembinaan Hukum Nasional
https://www.bphn.go.id/data/documents/91pp072.doc
Diakses pada Agustus 2020
Universitas Pendidikan Indonesia
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195208231978031-MAMAD_WIDYA/PENDIDIKAN_KHUSUS.pdf
Diakses pada Agustus 2020
Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Digital Library
http://digilib.uinsby.ac.id/5937/5/Bab%202.pdf:
Diakses pada Agustus 2020
Jannah, Miftahul. 2016. penerapan fingerspelling untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa tunarungu di SMPLB Putra Harapan Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Diakses pada Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait