Segala Hal Mengenai Akupuntur Wajah yang Perlu Anda Ketahui

Akupuntur wajah punya manfaat yang baik bagi kesehatan kulit wajah Anda
Akupuntur juga bisa dilakukan pada wajah

Akupuntur adalah metode pengobatan tradisional yang sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu. Metode pengobatan asal Tiongkok ini bahkan sudah diakui oleh WHO. Akupuntur dianggap bisa mengatasi penyumbatan aliran energi vital pada tubuh yang dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai gangguan kesehatan.

Tak hanya bisa digunakan untuk membantu mengatasi beberapa jenis penyakit, akupuntur ternyata juga dipercaya bisa membuat Anda lebih awet muda lewat akupuntur wajah.

Dengan memasukkan jarum ke beberapa titik tertentu di sepanjang garis meridian, ahli akupuntur akan mengembalikan aliran energi vital dan meningkatkan kesehatan tubuh. Lalu, bagaimana cara kerja akupuntur untuk wajah?

Akupuntur wajah dan manfaatnya

Pada akupuntur wajah, ahli akupuntur akan memasukkan sekitar 40 hingga 70 jarum kecil ke beberapa titik di wajah Anda. Biasanya ahli akupuntur akan melakukan menusukkan jarum ke tubuh Anda, baru kemudian pada bagian wajah. Tusukan jarum ini umumnya tidak menyakitkan.

Saat jarum menusuk kulit wajah Anda, tusukan tersebut akan menciptakan luka mikrotrauma yang positif. Luka jenis ini akan merangsang tubuh untuk memperbaiki bagian tersebut. Tusukan ini dipercaya akan menstimulasi sistem peredaran darah dan limfatik, yang akan bekerja sama untuk memberikan oksigen serta nutrisi ke sel-sel kulit Anda.

Selain itu, tusukan di beberapa area wajah juga dapat menstimulasi produksi kolagen yang dapat membantu Anda mencegah penuaan dan memperbaiki kondisi kulit. Misalnya dengan meminimalkan garis halus dan kerutan, serta membantu meningkatkan elastisitas kulit wajah.

Sebuah studi menunjukkan bahwa dari 27 peserta yang menjalani sesi akupuntur wajah, 15 di antaranya mendapatkan hasil yang positif, sedangkan 12 peserta lainnya merasa tidak ada perubahan yang terjadi pada kulit mereka.

Meski demikian, fokus dari akupuntur wajah adalah hasil jangka panjang sehingga dibutuhkan lebih banyak waktu hingga Anda bisa merasakan hasil dari metode pengobatan ini. Tidak secepat dermal fillers atau botox, butuh sekitar lima hingga sepuluh sesi akupuntur wajah untuk dapat melihat hasilnya.

Efek samping akupuntur wajah

Meski akupuntur wajah bermanfaat untuk membantu kulit Anda memproduksi kolagen yang dapat mencegah penuaan, metode pengobatan ini juga memiliki efek samping yang perlu Anda ketahui.

Meski hal ini jarang terjadi atau hanya terjadi pada sekitar 20 persen orang, akupuntur wajah dapat meninggalkan bekas memar pada titik yang ditusukkan jarum.

Guna menghindari memar akibat akupuntur, Anda disarankan untuk memiliki kondisi tubuh yang prima selama menerima perawatan ini. Selain itu, orang dengan penderita diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol dan gangguan pendarahan, juga dilarang untuk melakukan akupuntur.

Itulah beberapa informasi seputar akupuntur wajah yang perlu Anda ketahui. Meski tidak bisa menawarkan hasil yang instan, akupuntur wajah masih relatif murah dan aman dibandingkan dengan perawatan kecantikan instan, seperti botox atau derma filler, yang sama-sama bekerja mengatasi kerutan.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk melakukan akupuntur wajah? Akupuntur dapat dilakukan di dokter spesialis akupuntur atau di ahli akupuntur bersertifikat resmi.

Pastikan Anda melakukan perawatan ini dengan ahli akupuntur yang sudah berlisensi, guna menghindari beragam risiko yang mungkin muncul. Jangan biarkan upaya Anda memperbaiki kondisi kulit wajah justru memberikan hasil sebaliknya.

Healthline
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/facial-acupuncture
Diakses 22 April

Verywell health
https://www.verywellhealth.com/what-is-cosmetic-acupuncture-88707
Diakses 22 April

NCBI
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3745857/
Diakses 22 April

Artikel Terkait