Golongan darah AB memiliki karakteristik yang khas dan kerentan terhadap penyakit tertentu
Golongan darah AB bisa dikatakan istimewa karena cukup jarang ditemukan

Apakah Anda memiliki golongan darah AB? Jika iya, berarti Anda termasuk ke dalam kelompok yang cukup istimewa karena populasi orang yang memiliki golongan darah ini relatif kecil.

Bukan hanya itu, orang dengan golongan darah AB juga memiliki sifat-sifat tertentu yang dipercaya hanya dimiliki oleh orang-orang dalam golongan darah ini. Agar lebih jelas, berikut beberapa fakta golongan darah AB yang dapat Anda ketahui.

Apa itu golongan darah AB?

Golongan darah AB adalah golongan darah yang memiliki antigen A dan B, namun tidak banyak orang yang memiliki golongan darah ini. Pada umumnya, golongan darah dibagi menjadi empat, yaitu A, B, AB, dan O.

Tidak sampai di situ, golongan darah selanjutnya diklasifikasikan menggunakan faktor Rh positif (memiliki faktor Rh) atau Rh negatif (tanpa faktor Rh). Faktor Rh merupakan protein atau antigen D yang ada pada permukaan sel darah merah. Terdapat 8 golongan darah yang termasuk dalam klasifikasi ini, yaitu:

  • O negatif tidak memiliki faktor Rh
  • O positif memiliki faktor Rh
  • A negatif tidak memiliki faktor Rh
  • A positif memiliki faktor Rh
  • B negatif tidak memiliki faktor Rh
  • B positif memiliki faktor Rh
  • AB negatif tidak memiliki Rh
  • AB positif memiliki faktor Rh

Golongan darah AB disebut sebagai penerima darah universal karena dapat dengan aman menerima transfusi darah dari golongan darah manapun, baik O, A, B, atau AB. Akan tetapi, orang dengan golongan darah AB hanya bisa mendonorkan darahnya bagi mereka yang bergolongan darah AB saja.

Sifat golongan darah AB

Sifat atau karakter seseorang diyakini dipengaruhi oleh berbagai faktor, tak terkecuali golongan darah. Teori kepribadian golongan darah awalnya dikembangkan di Jepang dengan menilai hubungan, penyesuaian diri, dan perilaku seseorang berdasarkan golongan darahnya.

Kepribadian orang dengan golongan darah AB dipercaya merupakan gabungan dari kepribadian golongan darah A dan B, serta dipandang sebagai orang yang rumit dan eksentrik. Orang dengan golongan darah AB juga mungkin memiliki dua sifat yang bertentangan, seperti pemalu tapi ramah.

Selain itu, orang dengan golongan darah AB juga punya karakteristik sifat lainnya, seperti:

  • Kreatif
  • Tenang
  • Pendiam
  • Cerdas
  • Kritis
  • Ragu-ragu
  • Peduli
  • Terkendali
  • Dapat dipercaya
  • Rasional
  • Pelupa
  • Berfokus pada diri sendiri

Tokoh-tokoh terkenal yang memiliki golongan darah AB, yaitu Barack Obama, John F. Kennedy, Jackie Chan, dan Marilyn Monroe.

Bukan hanya sifat saja yang diklasifikasikan menurut golongan darah, namun diet juga. Bagi pemilik golongan darah AB, ada beberapa makanan tertentu yang disarankan, seperti tahu, makanan laut, susu, dan sayuran hijau.

Selain itu, ada pula makanan yang perlu dihindari, misalnya kafein, alkohol, dan daging asap. Orang dengan golongan darah AB cenderung memiliki asam lambung yang rendah sehingga harus menghindari asupan yang bisa memicu kenaikan asam lambung.

Sebagai catatan, kepribadian dan sifat berdasarkan golongan darah ini belum terbukti kebenarannya secara ilmiah. Adanya satu atau dua penelitian yang mendukung, tidak serta-merta membuktikan kebenaran sifat dan kepribadian berdasarkan golongan darah ini. 

Penyakit yang rentan menyerang golongan darah AB

Golongan darah juga dipercaya menjadi faktor yang memengaruhi seseorang terkena penyakit. Oleh sebab itu, golongan darah seringkali dikaitkan dengan risiko penyakit tertentu, tak terkecuali golongan darah AB. Risiko penyakit yang kerap dikaitkan dengan golongan darah AB, di antaranya:

  • Demensia

Orang dengan golongan darah AB memiliki risiko yang jauh lebih tinggi mengalami masalah berpikir dan ingatan yang mengarah pada demensia ketimbang golongan darah lainnya. Risiko gangguan kognitif ini bahkan mencapai 82% lebih tinggi pada orang dengan golongan darah AB.

  • Penyakit jantung

Penelitian telah menunjukkan hubungan antara golongan darah dengan risiko pengembangan penyakit jantung koroner. Para peneliti menyatakan bahwa seseorang dengan golongan darah AB memiliki risiko yang lebih tinggi sebesar 23% terserang penyakit jantung koroner. Sementara, golongan darah A hanya 5%, golongan darah B 11%, dan golongan darah O menjadi yang paling rendah risikonya.

  • Venous Thromboembolism (VTE)

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan golongan darah AB memiliki peningkatan risiko venous thromboembolism (VTE). VTE adalah penyakit yang ditandai dengan pembentukan gumpalan darah di dalam pembuluh darah yang seringkali berakibat fatal. Namun, orang dengan golongan darah A dan B juga memiliki risiko yang sama.

  • Kanker pankreas

Hubungan golongan darah dengan bentuk kanker tertentu juga telah diteliti. Golongan darah AB dikatakan berisiko lebih besar mengembangkan kanker pankreas ketimbang golongan darah O. Sementara untuk kanker kulit, golongan darah AB memiliki risiko yang lebih rendah terjangkit penyakit tersebut.

Meski demikian, penyakit-penyakit di atas tidak selalu menyerang para pemilik golongan darah AB secara pasti. Dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikan kaitan yang lebih jelas antara penyakit-penyakit di atas dengan golongan darah AB. 

Pemilik golongan darah apa pun tentunya tetap harus waspada akan berbagai penyakit. Melakukan pola hidup sehat dan pemeriksaan kesehatan secara rutin penting untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima.

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/what-is-a-universal-recipient-3157299
Diakses pada 11 September 2019

Health Testing Centers. https://www.healthtestingcenters.com/what-you-need-know-about-blood-type-and-your-health/
Diakses pada 11 September 2019

Web MD. https://www.webmd.com/diet/a-z/blood-type-diet
Diakses pada 11 September 2019

Kids Health. https://kidshealth.org/en/teens/blood-types.html
Diakses pada 11 September 2019

Better Help. https://www.betterhelp.com/advice/personality/blood-type-personality-what-does-your-blood-say-about-you/
Diakses pada 11 September 2019

Ecounseling. https://www.e-counseling.com/mental-health/does-your-blood-type-affect-your-personality/
Diakses pada 11 September 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed