Sedih Tanpa Sebab? Pahami Pemicu dan Cara Mengatasinya dengan Benar


Penyebab utama rasa sedih tanpa sebab adalah depresi. Namun, kondisi ini juga bisa muncul sebagai tanda dari kondisi lain mulai dari gangguan bipolar, gangguan afektif musiman, hingga perubahan hormon.

0,0
Penyebab utama rasa sedih tanpa sebab adalah depresiBerkonsultasilah ke dokter apabila Anda mengalami sedih tanpa sebab terus-menerus
Kesedihan adalah salah satu rasa yang normal muncul ketika seseorang baru saja melalui peristiwa tidak menyenangkan, mulai dari kegagalan, kematian, perpisahan dengan orang tersayang, kekecewaan, hingga beratnya masalah hidup. Rasa ini juga dapat muncul saat melihat orang lain sedih.Di sisi lain, beberapa orang kerap kali merasakan sedih tanpa sebab. Jika Anda termasuk salah satu orang yang sering mengalaminya, Anda perlu memerhatikan apakah ada gejala lain yang juga dirasakan. Cara paling tepat untuk mengidentifikasi penyebab sedih tanpa sebab ini adalah dengan menemui ahli kesehatan mental.

Apa pemicu sedih tanpa sebab?

Ada berbagai macam kondisi yang dapat menjadi pemicu sedih tanpa sebab. Perasaan ini bisa muncul sebagai gejala kondisi medis tertentu sampai tanda adanya masalah kesehatan mental dalam diri Anda.Berikut ini sejumlah kondisi yang dapat menyebabkan sedih tanpa sebab:

1. Depresi

Depresi merupakan salah satu penyebab utama mengapa Anda mengalami rasa sedih tanpa sebab. Perasaan ini dapat menjadi tanda depresi jika diikuti dengan kemunculan gejala-gejala lain, seperti:
  • Kecemasan
  • Perasaan hampa
  • Mudah tersinggung
  • Perubahan pola tidur
  • Kegelisahan atau agitasi
  • Mudah lelah dan merasa kekurangan energi
  • Perasaan bersalah, tidak berdaya, dan tak berharga
  • Pesimis atau putus asa saat memikirkan masa depan
  • Penurunan minat terhadap hal-hal yang sebelumnya disuka
  • Rasa sakit atau ketegangan fisik yang tidak dapat dijelaskan
  • Kesulitan berkonsentrasi, mengingat, dan mengambil keputusan
  • Munculnya pikiran untuk mengakhiri hidup sendiri atau bunuh diri

2. Gangguan bipolar

Penderita gangguan bipolar bisa mengalami sedih tanpa sebab saat memasuki episode depresi
Perasaan sedih tanpa sebab biasanya muncul saat episode depresi
Gangguan bipolar bisa memicu munculnya perasaan sedih tanpa sebab. Rasa sedih ini sendiri muncul sebagai bagian dari episode depresi. Beberapa gejala lain yang mungkin muncul ketika Anda menderita gangguan bipolar, di antaranya:Episode depresi mungkin akan berlangsung selama seminggu. Namun, dalam beberapa kasus, episode ini dapat terjadi dalam waktu yang lebih lama.

3. Gangguan afektif musiman

Gangguan afektif musiman (SAD) dapat menyebabkan rasa sedih tanpa sebab. SAD adalah kondisi depresi yang muncul dan terjadi pada waktu, cuaca, atau musim tertentu setiap tahun. Selain gejala umum depresi, gejala lain yang mungkin akan dirasakan penderita SAD, meliputi:
  • Penarikan diri dari lingkungan sosial
  • Meningkatnya keinginan untuk makan dan tidur
  • Perasaan marah, pesimis, dan frustasi terhadap cuaca atau musim tertentu

4. Perubahan hormon

Jelang menstruasi, wanita bisa mengalami sedih tanpa sebab
Perubahan hormon jelang haid memicu perasaan sedih tanpa sebab
Rasa sedih tanpa sebab bisa terjadi karena perubahan hormon. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan perubahan hormon dan memicu kemunculan perasaan ini antara lain kehamilan, pre-menstrual syndrome (PMS), dan pasca melahirkan.

5. Distimia

Distimia atau persistent depressive disorder (PDD) merupakan salah satu bentuk depresi yang dapat membuat Anda sedih tanpa sebab. Selain kesedihan yang muncul begitu saja, penderita kondisi ini umumnya juga akan merasakan gejala lain seperti:
  • Rendah harga diri
  • Merasa kurang energi untuk beraktivitas
  • Terjebak dalam pola pemikiran pesimistis
  • Kesulitan untuk menemukan kesenangan dan kegembiraan dalam segala hal
Tidak seperti gejala depresi berat, distimia mungkin tidak membuat penderitanya malas untuk beraktivitas. Namun, perubahan suasana hati bisa terjadi begitu saja, entah saat Anda tengah sekolah, bekerja, maupun liburan.

Cara mengatasi rasa sedih tanpa sebab

Cara mengatasi rasa sedih tanpa sebab harus disesuaikan dengan kondisi yang mendasarinya. Jika kesedihan tersebut muncul akibat depresi, dokter mungkin akan merekomendasikan terapi, meresepkan obat, atau mengombinasikan keduanya.Untuk mengatasi depresi, terapi yang umumnya direkomendasikan dokter adalah terapi perilaku kognitif. Lewat terapi ini, Anda akan diajak untuk mengidentifikasi pola pikir dan perilaku negatif yang menjadi penyebab depresi. Terapis juga akan mengajarkan cara merespons pemicunya dengan cara yang positif.Sementara itu, pemberian obat biasanya dilakukan untuk meredakan gejala. Beberapa obat yang mungkin akan diresepkan antara lain SSRI, antidepresan atipikal, antidepresan trisiklik, dan monoamine oxidase inhibitors (MAOI).Untuk mendapatkan tindak penanganan yang tepat, segeralah berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami perasaan ini secara terus-menerus. Tindak penanganan yang tepat bisa membantu mencegah kondisi Anda bertambah parah.

Catatan dari SehatQ

Penyebab utama rasa sedih tanpa sebab adalah depresi. Namun, kondisi ini juga bisa muncul sebagai tanda dari kondisi lain mulai dari gangguan bipolar, gangguan afektif musiman, hingga perubahan hormon. Cara mengatasinya bisa dengan terapi, konsumsi obat sesuai resep dokter, atau kombinasi antara keduanya.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
bipolardepresi
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/can-you-be-depressed-but-not-know-it-yet-1066886
Diakses pada 7 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/why-am-i-sad-for-no-reason
Diakses pada 7 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait