Sederhana, Ini Pilihan Obat Maag untuk Anak yang Bisa Anda Persiapkan di Rumah

(0)
Obat maag untuk anak bergantung pada apa yang menjadi penyebabnyaSaat anak menderita maag, tanyakan pada dokter adakah obat yang bisa diberikan saat di rumah
Sakit maag  adalah kondisi yang terjadi ketika lapisan lambung mengalami peradangan atau iritasi. Tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, anak-anak ternyata juga dapat mengalami sakit maag. Jika terus dibiarkan dan tidak diatasi dengan benar, sakit maag bisa berkembang menjadi lebih parah seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, sangat penting bagi orangtua untuk mengetahui obat maag untuk anak supaya kondisi ini tidak semakin parah dan mengganggu aktivitas buah hati Anda.

Pilihan obat maag untuk anak

Obat maag untuk anak bergantung pada apa yang menjadi penyebabnya. Dokter mungkin akan meresepkan obat untuk membantu menurunkan asam lambung atau mengobati infeksi bakteri penyebab sakit maag. Dalam beberapa kasus, gejala yang dialami oleh anak mungkin hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.Di sisi lain, terdapat beberapa pilihan obat maag untuk anak yang bisa Anda persiapkan sendiri di rumah. Sejumlah pilihan obat maag untuk anak tersebut di antaranya:

1. Ekstrak bawang putih

Salah satu penyebab sakit maag yang paling sering terjadi adalah adanya bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) dalam saluran pencernaan. Menurut sebuah penelitian, mengosumsi ekstrak bawang putih dapat membantu membunuh bakteri H. pylori.Untuk membuat ekstraknya, Anda cukup menghancurkan bawang putih mentah. Setelah itu, berikan ekstrak tersebut pada anak dengan menggunakan sendok teh. Jika tidak ingin kerepotan, Anda juga dapat membeli ekstrak bawang putih yang dijual di pasaran.Selain membantu mengatasi sakit maag, sebuah studi menyebut bahwa mengonsumsi bawang putih juga bisa mengurangi risiko terkena kanker sistem pencernaan.

2. Makanan yang mengandung probiotik

Salah satu obat maag untuk anak adalah makanan probiotik
Makanan probiotik dapat membantu kurangi gejala sakit maag
Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan anak Anda. Selain memperlancar buang air besar, bakteri baik dalam probiotik membantu menghentikan penyebaran bakteri H. pylori dan mengurangi gejala sakit maag.Beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi asupan probiotik anak, antara lain yogurt, kimchi, kombucha, dan kefir.

3. Teh dengan campuran madu manuka

Meminum teh yang dicampur dengan madu manuka merupakan salah satu alternatif obat maag untuk anak. Diminum dalam kondisi hangat, teh yang diberi campuran campuran madu manuka dapat membantu melegakan serta melancarkan saluran pencernaan anak Anda.Madu manuka dapat digunakan sebagai obat maag untuk anak karena madu jenis ini mempunyai sifat antibakteri yang secara efektif mengendalikan penyebaran bakteri H. pylori.

4. Makanan pereda inflamasi/peradangan

Makanan-makanan seperti produk olahan susu, makanan asam, makanan dengan kandungan gluten, makanan tinggi gula, makanan olahan, dan makanan yang memakai bahan pengawet dapat memicu peradangan pada lapisan lambung dan menyebabkan sakit maag. Maka dari itu, sebaiknya hindarkan makanan-makanan itu dari anak Anda.Untuk membantu mengatasi sakit maag, tambahkanlah makanan-makanan seperti blueberry, kecambah, dan brokoli pada menu makan anak Anda.

5. Minyak atsiri

Dalam uji laboratorium, minyak atsiri disebut membantu meningkatkan resistensi (perlindungan dan perlawanan) terhadap bakteri H. pylori. Tidak bisa dikonsumsi secara langsung, minyak ini harus dicampurkan dengan pengencer sebelum dioleskan ke kulit anak Anda.Selain itu, Anda juga bisa menggunakan diffuser untuk mendapatkan manfaat dari minyak atsiri dalam mengatasi sakit maag. Namun, konsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui cara penggunaan yang benar dan aman.

6. Relaksasi

Stres dapat mengakibatkan maag anak Anda kambuh. Untuk mengatasi hal tersebut, bantulah anak Anda untuk melupakan masalah maupun beban pikirannya dengan melakukan tindakan-tindakan seperti pijat, meditasi, yoga, dan latihan pernapasan.Sebelum menerapkan cara-cara di atas, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kondisi anak Anda dengan dokter. Tanyakan apa saja obat maag untuk anak yang dapat Anda persiapkan maupun terapkan di rumah. Hal ini sangatlah penting untuk mencegah gejala yang ditimbulkan semakin parah.

Apa saja gejala sakit maag pada anak?

Gejala sakit maag pada anak kurang lebih sama seperti yang terjadi pada orang dewasa. Beberapa gejala yang menjadi indikasi bahwa anak Anda mengalami sakit maag meliputi:
  • Sakit atau rasa terbakar pada perut
  • Nyeri saat perut ditekan
  • Perut terasa penuh sesak
  • Mual atau muntah
  • Kehilangan selera makan
  • Bau mulut
  • Kelelahan
Apabila gejala tersebut tidak kunjung berkurang setelah mengonsumsi obat maag untuk anak, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Penanganan yang tepat dapat mencegah gejala sakit maag pada anak menjadi semakin parah.

Cara mencegah sakit maag pada anak

Selain menyiapkan obat maag untuk anak di rumah, ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan supaya buah hati tidak mengalami sakit maag. Beberapa tindakan untuk mencegah sakit maag pada anak antara lain:

1. Menjauhkan bahan-bahan berbahaya dari jangkauan anak

Ketika tertelan, baterai bisa menyebabkan masalah serius pada anak. Selain baterai, jauhkan bahan beracun lainnya dari tempat yang bisa dijangkau dengan mudah oleh anak Anda. Jika perlu, masukkan baterai dan bahan berbahaya lainnya dalam tempat khusus yang diberi kunci pengaman.

2. Hindari makanan yang memicu peradangan

Untuk mencegah kambuhnya sakit maag, hindari memberikan makanan yang dapat memicu peradangan seperti jeruk. Mengonsumsi jeruk dengan rasa asam pada anak bisa berpotensi menyebabkan rasa terbakar atau nyeri pada perut anak.Selain itu, Anda juga dapat memberikan anak makanan-makanan sehat seperti buah (selain jeruk), sayur, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan, roti gandum, ikan, dan daging tanpa lemak.

3. Jangan merokok di dekat anak

Merokok di dekat anak akan memperparah gejala sakit maag yang Si Kecil rasakan
Hindari merokok di dekat anak
Secara umum merokok membahayakan bagi setiap orang, baik si perokok maupun orang sekitar. Lebih lanjut, kandungan nikotin dan bahan kimia lain dalam rokok bisa membuat gejala sakit maag anak Anda semakin parah. Selain itu, merokok di dekat anak dapat memperbesar risiko buah hati Anda mengalami kerusakan paru-paru.

4. Bantu anak untuk menghilangkan stres

Stres dapat meningkatkan asam lambung dan memperparah sakit maag. Untuk membantu anak rileks, ajak buah hati Anda untuk melakukan aktivitas-aktivitas seperti yoga, meditasi, maupun mendengarkan musik.

Catatan dari SehatQ

Penting bagi orangtua untuk mengetahui apa saja yang bisa menjadi obat maag untuk anak guna mencegah gejala semakin parah. Beberapa pengobatan rumahan seperti minum teh dengan campuran madu manuka, mengonsumsi makanan yang punya kandungan prebiotik, atau menghirup uap minyak esensial dari diffuser bisa membantu mengatasi maag pada anak.Meski begitu, Anda lebih disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter saat anak menunjukkan sakit maag sehingga bisa mendapatkan langkah penanganan yang tepat. Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai obat maag untuk anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
maagkesehatan anakstresinfeksi helicobacter pylori
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-gastritis
Diakses pada 8 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321138
Diakses pada 8 Oktober 2020
Drugs. https://www.drugs.com/cg/gastritis-in-children.html
Diakses pada 8 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait