Sederhana, Ini Cara Menghormati Orang Tua yang Bisa Diterapkan Sehari-hari


Menghormati orangtua merupakan sikap yang wajib diterapkan oleh setiap anak. Cara menghormati orang tua bisa dilakukan lewat tindakan sederhana, bukan dengan selalu menunjukkan sikap takut.

(0)
Cara menghormati orang tua tidak perlu ditunjukkan dengan selalu menunjukkan sikap takut di depan merekaMeluangkan waktu adalah salah satu cara menghormati orang tua yang sederhana
Setiap orangtua pasti hendak memberikan semua yang terbaik untuk anak. Berbagai cara pun kemudian dilakukan oleh orangtua untuk membahagiakan anak mereka, salah satunya dengan mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaga.Melihat apa yang telah dilakukan dan diberikan, penting bagi anak untuk menaruh sikap hormat kepada orangtua. Cara menghormati orang tua dapat dilakukan dengan menerapkan berbagai tindakan sederhana sehari-hari.

Cara menghormati orang tua dengan tindakan sederhana

Cara menghormati orang tua tidak perlu ditunjukkan dengan selalu menunjukkan sikap takut di depan mereka. Anda cukup melakukan tindakan-tindakan yang sederhana, tetapi berarti untuk orangtua.Berikut cara menghormati orang tua lewat tindakan sehari-hari:

1. Meluangkan waktu untuk orangtua

Meluangkan waktu adalah salah satu cara menghormati orang tua yang sederhana, namun bagi beberapa orang mungkin sulit untuk melakukannya. Tidak peduli seberapa sibuknya Anda, cobalah untuk meluangkan waktu untuk orangtua.Orangtua kerap kali merasa kesepian ketika ditinggal oleh anak-anak mereka. Apabila Anda hidup jauh dari orangtua, sempatkan untuk menelepon lewat sambungan video call maupun berkunjung saat ada libur panjang.

2. Sampaikan rasa terima kasih ke orangtua

Orangtua selalu mengusahakan apa pun untuk kebahagiaan anak. Hal tersebut memanglah tugas dan tanggung jawab orangtua, namun jangan lupa untuk selalu menyampaikan terima kasih atas apa yang telah diberikan. Ungkapan terima kasih dapat menjadi bentuk rasa cinta Anda terhadap orangtua.

3. Rayakan momen penting bersama orangtua

Pada momen-momen penting, usahakan untuk merayakannya bersama orangtua. Mengajak orangtua untuk merayakan momen penting merupakan salah satu cara menghormati mereka. Selain itu, tindakan ini juga bisa membuat mereka merasa dihargai dan dicintai.

4. Tidak berbicara dengan nada tinggi

Akan ada waktu di mana Anda dan orangtua nantinya berbeda pendapat. Ketika mempunyai pandangan berbeda, jangan pernah sekalipun menaikkan nada suara hanya untuk membuat orangtua memahami atau mengikuti pendapat Anda.Meninggikan nada suara saat berbicara dengan orangtua bisa membuat mereka tersinggung. Apabila memiliki pendapat berbeda, selalu jelaskan pandangan Anda dengan perlahan tanpa melukai perasaan orangtua.

5. Meminta maaf saat melakukan kesalahan

Tidak hanya  suami-istri, pertengkaran dalam keluarga juga dapat dialami oleh orangtua dan anak. Jika Anda merasa telah berbicara kasar atau meninggikan nada suara saat bertengkar dengan orangtua, segeralah meminta maaf. Permintaan maaf bisa mengobati rasa sakit yang dirasakan orangtua akibat tindakan Anda.

6. Bersikap terbuka dengan orangtua

Waktu kecil, anak seringkali berbagi cerita sedetail mungkin ke orangtua. Ketika mulai tumbuh dewasa, anak cenderung bersikap tertutup dan menyaring informasi yang hendak disampaikan kepada orangtuaBersikap terbuka adalah salah satu cara menghormati orang tua yang bisa Anda terapkan sehari-hari. Dengan bersikap terbuka, orangtua akan dianggap sebagai orang yang berarti untuk Anda.

7. Jangan menghakimi orangtua

Jangan pernah menyalahkan orangtua hanya karena hidup tak seperti yang Anda bayangkan. Ketahuilah bahwa setiap orangtua pasti berusaha memberikan semua yang terbaik untuk anak-anak mereka. Jika tidak bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan, coba untuk berkompromi dan tidak melemparkan kesalahan ke orangtua.

8. Jangan sia-siakan kepercayaan yang diberikan

Salah satu cara menghormati orang tua adalah dengan tak merusak kepercayaan yang telah diberikan. Ketika Anda diberikan kebebasan penuh oleh orangtua, jangan pernah sekali pun mencoba untuk menyalahgunakannya.

9. Berdiskusi dengan orangtua sebelum mengambil keputusan penting

Meski Anda sudah dewasa, usahakan untuk berdiskusi dengan orangtua sebelum mengambil keputusan, khususnya untuk hal-hal yang penting. Orangtua punya lebih banyak pengalaman hidup dibanding Anda. Berdiskusi dengan orangtua membantu Anda mengambil keputusan dengan bijaksana.

10. Jauhkan diri dari ponsel saat bersama orangtua

Asik bermain ponsel tanpa mempedulikan kehadiran orangtua bisa membuat mereka merasa tidak dihargai. Ketika tengah bersama orangtua, fokuskan perhatian dan nikmati waktu Anda bersama mereka.

Tips mengajarkan rasa hormat kepada anak

Sebagai orangtua, sangatlah penting mengajarkan rasa hormat kepada anak sedini mungkin. Beberapa tindakan yang bisa diterapkan orangtua agar anak memiliki sikap hormat kepada orang lain sejak kecil, di antaranya:
  • Beri batasan dengan aturan
  • Hindari bertindak secara berlebihan
  • Ajari anak untuk menerima kegagalan
  • Contohkan sikap menghormati orang lain
  • Ajarkan untuk memberikan respons yang sopan

Catatan dari SehatQ

Menghormati orangtua merupakan sikap yang wajib diterapkan oleh setiap anak. Tidak perlu dengan menunjukkan rasa takut, cara menghormati orang tua bisa Anda lakukan lewat cara-cara sederhana.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai cara menghormati orang tua dan tindakan apa saja yang sebaiknya dilakukan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips parentinggaya parentingorangtua
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/ways-to-respect-your-parents_00488159/
Diakses pada 13 Januari 2021
We Have Kids. https://wehavekids.com/family-relationships/Simple-ways-to-show-love-to-parents
Diakses pada 13 Januari 2021
Baby Center. https://www.babycenter.com/child/parenting-strategies/the-respectful-child-how-to-teach-respect-ages-6-to-8_67920
Diakses pada 13 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait