Sederet Perawatan Kecantikan Sebelum Menikah Wajib Bagi Wanita

Perawatan sebelum menikah adalah persiapan yang sepatutnya dilakukan oleh para calon pengantin sebelum menikah
Perawatan sebelum menikah penting dilakukan agar penampilan Anda tampak menawan saat hari H

Ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan para calon pengantin sebelum menikah. Mulai dari urusan gedung, katering, baju pengantin, hingga hal-hal detail lainnya, termasuk perawatan sebelum menikah.

Ya, jangan sampai Anda lupa untuk mempersiapkan sesuatu yang paling penting sebelum melangsungkan pernikahan, yakni merawat kulit wajah dan tubuh Anda sendiri. Lantas, perawatan kecantikan pranikah apa saja yang perlu dilakukan?

Perawatan sebelum menikah yang perlu dilakukan pengantin wanita

Ingin tampil sempurna dan menawan di hari paling bahagia dalam hidup Anda? Berikut adalah berbagai perawatan kecantikan pranikah yang tak boleh dilewatkan oleh setiap calon mempelai wanita.

1. Perawatan kecantikan sederhana

Wajah menjadi bagian paling penting dan membutuhkan perhatian khusus dalam perawatan sebelum menikah. Maka dari itu, penting untuk melakukan perawatan kecantikan pranikah yang paling mendasar di rumah. 

Mulai dari membersihkan wajah, melakukan eksfoliasi atau mengangkat sel-sel kulit mati, melembapkan wajah, dan senantiasa menggunakan sunscreen sebelum bepergian ke luar rumah.  

2. Masker wajah

Anda juga dapat melengkapi rangkaian perawatan sebelum menikah dengan menggunakan masker wajah. Gunakan masker wajah secara rutin setiap seminggu dua kali.

Kemudian, Anda bisa menggunakan masker wajah H-7 dan H-1 hari bahagia Anda. Dengan demikian, wajah Anda akan tampak cerah dan terlihat glowing.

3. Facial wajah

Salah satu perawatan sebelum menikah untuk pengantin adalah facial wajah
Lakukan facial wajah secara rutin setiap bulan

Salah satu perawatan kecantikan untuk pengantin yang perlu dilakukan adalah facial wajah.

Pengantin wanita disarankan untuk melakukan facial wajah 8-10 bulan sebelum hari pernikahan. Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit guna mendapatkan perawatan facial sesuai dengan masalah kulit wajah yang Anda alami.

Sebaiknya, lakukan facial wajah secara rutin setiap satu bulan sekali. Dengan ini, sel-sel kulit dapat meregenerasi sehingga mencegah kulit kusam dan berjerawat.

4. Pijatan

Selain wajah, tubuh juga perlu dirawat selama persiapan pernikahan. Anda bisa melakukan massage atau pijatan yang dapat membantu meringankan stres dan memberi efek relaksasi. Pijatan juga bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga mencerahkan kulit.

Untuk mendapatkan efek relaksasi yang maksimal, Anda bisa melakukan massage di salon kecantikan. Atau Anda bisa pula melakukannya sendiri di rumah. Lakukan pijatan 1 bulan sekali selama proses persiapan pernikahan, atau cukup seminggu sebelum hari bahagia Anda.

5. Manicure dan pedicure

Meskipun tidak terlalu terlihat, merawat bagian tubuh ini tentu tidak kalah pentingnya dengan yang lain sebagai rangkaian perawatan sebelum menikah.

Pasalnya, pengantin umumnya akan menyalami banyak tamu undangan. Tak hanya itu, di hari pernikahan, akan ada banyak foto yang fokus terhadap cincin maupun jari-jari tangan.

Karenanya, menjaga kehalusan kulit di bagian kaki dan tangan dengan cara manicure dan pedicure rutin perlu dilakukan. Jangan lupa juga untuk mengoleskan minyak kutikula di kuku setiap malam agar tampilan kuku tampak cantik dan berkilau.

Tak perlu ke salon, Anda pun bisa melakukan cara merawat kuku agar tampak cantik di rumah melalui perawatan sederhana.

6. Memperbaiki penampilan gigi

Penampilan gigi juga penting untuk diperhatikan selama proses persiapan pernikahan. Jika Anda ingin merapikan atau memutihkan gigi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi jauh-jauh hari sebelum hari pernikahan Anda.

Jangan lupa untuk rutin menggosok gigi secara rutin minimal 2 kali sehari untuk mencegah Anda dari penyakit gigi dan mulut.

7. Menjaga kesehatan organ kewanitaan

Menjaga kesehatan organ intim juga penting sebagai perawatan sebelum menikah
Bikini waxing dapat dilakukan beberapa hari sebelum hari pernikahan

Perawatan organ kewanitaan juga menjadi persiapan penting menjelang pernikahan. Umumnya, calon mempelai wanita akan melakukan perawatan sebelum menikah ini dengan melakukan waxing beberapa hari sebelum hari H.

Langkah ini bertujuan guna membuat organ intim terlihat halus dan bersih. Selain organ intim, Anda juga bisa melakukan waxing pada area ketiak, kaki, dan tangan.

8. Olahraga

Tak hanya perawatan kecantikan, olahraga juga dibutuhkan untuk agar saat hari pernikahan tubuh Anda terlihat sehat dan menawan. Anda dapat melakukan berbagai jenis olahraga, seperti aerobik, yoga, zumba, pilates, atau lainnya.

Selain berguna membentuk tubuh, olahraga juga menjadi cara melepas stres dari segala rangkaian persiapan pernikahan yang tak jarang membuat calon pengantin merasa stres dan lelah.

Jangan lupa untuk menjaga konsumsi makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu banyak mengandung gula. Anda bisa memperbanyak konsumsi serat, vitamin, dan mineral.

Merawat wajah dan tubuh sebagai rangkaian perawatan sebelum menikah merupakan hal yang penting dilakukan. Dengan ini, aura kecantikan dapat akan terpancar saat hari pernikahan Anda.

Verywell Family. https://www.verywellhealth.com/clear-acne-before-your-wedding-day-15692

Diakses pada 10 Maret 2020

Grazia. https://graziadaily.co.uk/life/opinion/10-beauty-treatments-try-wedding-day/

Diakses pada 10 Maret 2020

Bride Magazine. https://www.bridemagazine.co.uk/articles/10-pre-wedding-beauty-treatments

Diakses pada 10 Maret 2020

Wedding Wire. https://www.weddingwire.com/wedding-ideas/pre-wedding-beauty-treatments

Diakses pada 10 Maret 2020

Her World. https://www.herworld.com/weddings/top-7-pre-wedding-beauty-treatments-brides/

Diakses pada 10 Maret 2020

Artikel Terkait