Sederet Penyebab Ujung Jari Kesemutan yang Perlu Anda Ketahui

(0)
01 Nov 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ujung jari kesemutan dapat disebabkan karena CTS hingga diabetesUjung jari kesemutan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi
Ujung jari kesemutan merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, jika kondisi ini terus berulang atau bertahan lama, bisa jadi hal tersebut merupakan gejala dari adanya penyakit atau gangguan kesehatan lainnya.Ujung jari kesemutan dapat terjadi karena terhambatnya aliran darah atau disebabkan oleh kerusakan saraf yang memasok area tersebut. Kondisi ini biasanya menandakan adanya iritasi, infeksi, peradangan, trauma, atau tekanan pada saraf di sekitar area jari.

Penyebab ujung jari kesemutan

Ada beberapa gangguan kesehatan yang menyebabkan ujung jari kesemutan. Kondisi tersebut umumnya terjadi di area tangan atau pergelangan. Berbagai kondisi ini juga bisa terjadi karena gangguan pada bagian lengan hingga leher.

1. Carpal tunnel syndrome (CTS) atau sindrom lorong karpal

Carpal tunnel syndrome
CTS juga sebabkan pergelangan tangan sakit
Carpal tunnel syndrome (CTS) merupakan gangguan kesehatan yang sering terjadi, khususnya pada wanita berusia 55-60 tahun dan pekerja kantoran. Kondisi ini merujuk pada berbagai gejala yang terjadi dikarenakan adanya tekanan pada saraf yang terletak di bagian carpal tunnel (lorong karpal). Carpal tunnel ini terletak di pergelangan tangan.Saat kambuh, sindrom lorong karpal umumnya akan memunculkan sensasi ujung jari kesemutan pada ibu jari, telunjuk, dan jari tengah. Khususnya setelah menggunakan jari-jari tersebut. CTS dapat memburuk seiring waktu dan mungkin terasa lebih parah di malam hari.CTS dalam tahap ringan biasanya dapat sembuh sendiri tanpa perawatan khusus. Namun, jika kondisi ini terasa sangat mengganggu, CTS dapat diatasi dengan pemberian suntikan steroid ke pergelangan tangan hingga pembedahan.

2. Saraf leher terjepit

Saraf leher terjepit atau radikulopati servikal disebabkan oleh gangguan saraf pada area leher yang mengalami himpitan atau peradangan. Kondisi ini dapat menyebabkan beberapa bagian tangan mati rasa, termasuk ujung jari kesemutan.Penanganan saraf leher terjepit bergantung pada seberapa parah kondisi tersebut. Anda mungkin akan memerlukan fisioterapi atau pembedahan.

3. Rematik

Rematik di telapak tangan
Rematik dapat menyerang telapak tangan dan jari
Rematik atau rheumatoid arthritis merupakan kelainan autoimun yang mengganggu kondisi sendi, tulang, dan otot. Selain peradangan dan perubahan bentuk tangan dan jari, rematik juga dapat menyebabkan ujung jari kesemutan.Terdapat beberapa cara untuk mengatasi rematik, di antaranya:
  • Pengobatan dengan pemberian obat antiperadangan nonsteroid, obat kortikosteroid, dan obat antirematik yang memodifikasi penyakit
  • Terapi untuk menjaga kelenturan sendi
  • Operasi.

4. Diabetes

Diabetes tidak secara langsung dapat menyebabkan ujung jari kesemutan. Namun, penyakit ini dapat menyebabkan neuropati diabetik, yakni sebuah kondisi gangguan saraf dikarenakan komplikasi diabetes.Neuropati diabetik dapat menyebabkan ujung jari kesemutan. Kesemutan ini lebih sering terjadi di jari kaki ketimbang jari tangan.Neuropati diabetes termasuk kondisi yang sulit ditangani. Untuk dapat meminimalisir kerusakan saraf, Anda harus mengontrol kadar gula dan tekanan darah. Hindari juga kebiasaan buruk seperti merokok.

5. Sindrom Raynaud

Sindrom raynaud serang telapak tangan
Sindrom Raynaud juga membuat jari berubah warna
Sindrom Raynaud adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah kecil pada jari mengalami kekejangan dan penyempitan, biasanya saat kedinginan. Kondisi ini dapat menyebabkan ujung jari kesemutan dan mati rasa.Penanganan sindrom Raynaud dapat dilakukan dengan menjaga tangan supaya tetap hangat. Pemberian obat antagonis kalsium mungkin juga bisa membantu meredakan masalah ini.

6. Jebakan saraf ulnar (ulnar nerve entrapment)

Jebakan saraf ulnar sering terjadi di siku (cubital tunnel syndrome) atau di pergelangan tangan (ulnar tunnel syndrome). Tekanan di saraf ulnar dapat memengaruhi kondisi saraf pada tepi tangan. Kondisi ini dapat menyebabkan sensasi ujung jari kesemutan pada area jari kelingking dan jari manis.Apabila Anda didiagnosis mengidap kondisi jebakan saraf ulnar, ada beberapa perawatan yang akan disarankan oleh dokter, seperti:
  • Menggunakan belat siku
  • Beristirahat
  • Pemberian obat antiradang nonsteroid
  • Operasi (untuk kasus yang parah).

7. Kondisi lainnya

Serangan stroke pada pria
Stroke juga bisa sebabkan ujung jari kesemutan
Masih banyak kondisi lain yang dapat menyebabkan ujung jari kesemutan. Berikut adalah kondisi-kondisi tersebut:
  • Penyakit arteri perifer (PAD)
  • Spondilosis servikal
  • Herniasi diskus
  • Cedera tangan atau cedera leher
  • Kecanduan alkohol
  • Keracunan logam berat
  • Hipotiroidisme
  • Multiple sclerosis
  • Neuroma jari
  • Cedera atau tumor sumsum tulang belakang
  • Stroke
  • Lupus
  • Mielitis transversa
  • Defisiensi vitamin B12
  • Dan lain sebagainya.
Jika ujung jari kesemutan terus bertahan dalam waktu yang lama, atau sering kambuh hingga mengganggu aktivitas harian, sebaiknya segera hubungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan yang diperlukan dan memberikan perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.Segera kunjungi instalasi gawat darurat, jika ujung jari kesemutan diikuti dengan gejala yang harus diwaspadai, yaitu kebingungan atau kehilangan kesadaran, sesak napas, pusing, sakit kepala parah secara tiba-tiba, kesulitan berjalan, perubahan penglihatan, kelumpuhan, cadel, dan tubuh terasa lemah. Waspadai juga jika jari kesemutan terjadi setelah cedera kepala, leher, atau punggung.Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut seputar ujung jari kesemutan atau masalah kesehatan lainnya, Anda bisa bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
diabetesrematikkesemutan
Net Doctor. https://www.netdoctor.co.uk/ask-the-expert/pains/a2788/tingling-and-numbness-in-my-fingertips/
Diakses 27 Oktober 2020
Health Grades. https://www.healthgrades.com/right-care/symptoms-and-conditions/tingling-fingers
Diakses 27 Oktober 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/rheumatoid-arthritis/diagnosis-treatment/drc-20353653#
Diakses 27 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait