Sederet Obat Herbal Asam Lambung Naik yang Aman, Manakah Pilihan Anda?

Gejala GERD bisa diatasi dengan obat herbal asam lambung naik
Asam lambung naik bisa memicu sakit perut maupun heartburn

Tak sedikit orang yang percaya bahwa bahan-bahan alami dapat mengatasi penyakit asam lambung naik atau GERD (gastroesophageal reflux disease). Namun tidak semua bahan pangan tersebut pasti efektif dan aman.

Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter apabila ingin meredakan gejala GERD dengan bahan-bahan alami. Perubahan gaya hidup juga dibutuhkan agar kinerja obat herbal asam lambung naik bisa optimal.

Obat herbal asam lambung naik yang aman

teh kamomil untuk asam lambung naik
Teh kamomil termasuk salah satu obat herbal asam lambung naik

 

Terdapat beberapa alasan yang membuat orang beralih ke pengobatan herbal. Ada yang memang ingin menghindari atau membatasi paparan bahan kimia, ada pula yang merasa gejalanya tak membaik dengan konsumsi obat-obatan konvensional sehingga ingin mencoba obat herbal. 

Jika Anda sudah mendapat lampu hijau dari dokter untuk menggunakan bahan-bahan alami, mari simak 5 pilihan obat herbal asam lambung naik di bawah ini:

  • Chamomile

Tanaman chamomile telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya asam lambung. Kandungan antiperadangan dan antimikroba di dalamnya dinilai dapat meredakan rasa tak nyaman pada kerongkongan (esofagus).

Kamomil juga dapat membantu dalam meringankan stres. Seperti diketahui, stres merupakan kondisi yang sering memicu terjadinya kenaikan asam lambung. Dengan rutin minum teh kamomil, tingkat stres bisa menurun sehingga mampu mengendalikan gejala GERD.

Meski begitu, tetap ada syarat yang Anda penuhi. Misalnya, Anda tidak dianjurkan untuk minum teh chamomile jika sedang menggunakan obat antikoagulan (seperti warfarin). Ibu hamil dan menyusui juga perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kamomil dalam bentuk apapun. 

  • Licorice

Licorice, atau dikenal juga sebagai akar manis, bisa menjadi salah satu obat herbal asam lambung naik yang aman.

Licorice tersedia dalam berbagai bentuk, dari teh, permen isap, dan banyak lagi. Anda mungkin bingung harus memilih yang mana.

Namun deglycyrrhizinated licorice (DGL) merupakan bentuk yang lebih disarankan oleh para praktisi medis. Pasalnya, DGL bisa dikonsumsi jangka panjang dan memiliki interaksi obat yang lebih sedikit. 

Cara kerja DGL adalah dengan meningkatkan produksi lendir, sehingga dapat melindungi lambung maupun kerongkongan dari asam lambung.

  • Akar tanaman marshmallow (Althaea)

Marshmallow di sini bukanlah camilan putih lembut yang sering dijual di toko-toko. Yang dimaksud adalah akar tanaman marshallow yang menjadi asal mula produk tersebut.

Zaman dulu, camilan marshmallow dibuat dari tanaman bernama sama. Ekstrak dari bagian akar tanaman ini bisa menjadi alternatif obat asam lambung naik yang Anda alami.

Sebagian kekuatan akar marshmallow terletak pada lendir yang dikandungnya. Untuk meredakan gejala asam lambung naik, Anda bisa mengonsumsi 2-5 militer ekstrak marshmallow berbentuk cair sebanyak tiga kali sehari. 

Perlu diperhatikan bahwa akar marshmallow bisa menimbulkan ketidaknyaman pada perut dan pusing. Jadi konsumsilah secara bertahap dan dimulai dari dosis paling rendah untuk mengurangi risiko efek samping. 

Pastikan pula Anda telah mendapat izin dokter untuk mengonsumsi obat herbal asam lambung naik ini. Pasalnya, bahan ini dapat berinteraksi dengan lithium dan obat-obatan diabetes.

Karena itu, penderita diabetes tidak disarankan untuk menggunakan akar marshmallow. Demikian pula bagi Anda yang sedang hamil dan menyusui, serta akan menjalani operasi dalam waktu dekat.

slippery elm sebagai obat herbal asam lambung naik
Jika ingin menggunakan slippery elm demi atasi gejala GERD, pastikan bentuk yang cocok untuk Anda
  • Slippery elm

Slippery elm atau elm licin adalah pohon yang berasal dari Amerika Utara. Bagian dalam kulitnya sudah lama dimanfaatkan sebagai obat alami.

Bagian tersebut mengandung lendir yang dapat membantu dalam mengurangi peradangan di saluran pencernaan. Dengan ini, slippery elm bisa menjadi obat herbal asam lambung naik yang efektif.

Kini slippery elm tersedia dalam berbagai bentuk. Mulai dari kapsul, bubuk, dan permen pelega tenggorokan. 

Namun tidak semua produk memiliki cara penggunaan yang sama. Jadi pastikan Anda membaca petunjuk pada kemasan sebelum mengonsumsinya. Jika tak yakin dengan dosisnya, berkonsultasilah dengan dokter. 

Penting diketahui bahwa slippery elm dapat memperlambat penyerapan nutrisi atau obat-obatan tertentu. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh mengonsumsi suplemen atau obat dalam waktu dua jam setelah mengonsumsi tanaman ini.  

  • Baking soda

Karena bersifat basa, baking soda dapat menetralkan kadar asam lambung yang berlebih. 

Anda bisa mengonsumsi baking soda dalam bentuk obat bebas atau resep, ikutilah petunjuk penggunaan pada kemasan.

Catat pula bahwa para ahli tidak menyarankan penggunaan baking soda dalam jangka panjang. Bahan ini hanya diperbolehkan untuk mengatasi gejala asam lambung naik yang berlangsung kurang dari dua minggu. Pasalnya, mengonsumsinya secara terus-menerus dapat membuat kadar basa terlalu tinggi dalam tubuh. 

Seperti obat herbal asam lambung naik lainnya, baking soda dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain. Untuk menghindarinya, informasikan mengenai obat-obatan yang tengah Anda konsumsi saat berkonsultasi dengan dokter. 

Bagaimana dengan cuka apel untuk asam lambung?

cuka apel untuk mengatasi gejala asam lambung naik
Konsumsi cuka apel tidak disarankan bagi pengidap GERD dan heartburn tingkat menengah dan parah

Ada banyak sekali klaim bahwa konsumsi cuka apel efektif untuk mengatasi asam lambung. Keasaman dari cuka ini dikatakan mampu membantu dalam mengurangi refluks. Padahal, belum ada penelitian yang mempelajari efek cuka apel terhadap refluks asam dan nyeri ulu hati (heartburn).

Faktanya, pada beberapa orang, cuka apel dapat memperparah kondisi nyeri ulu hati. Selain itu, jika esofagus Anda sudah mengalami iritasi, mengonsumsi cuka apel justru bisa membuatnya makin terasa tidak nyaman. 

Walau demikian, cuka apel masih bisa dikonsumsi oleh orang yang memiliki GERD ringan. Anda cukup mencampurkan satu sendok teh hingga satu sendok makan cuka apel ke dalam segelas air. Konsumsilah sebelum atau sesudah makan untuk membantu dalam mengurangi keluhan asam lambung naik. 

Namun konsumsi cuka apel tidak dianjurkan untuk penderita GERD dan heartburn dengan tingkat keparahan menengah hingga berat. 

Terapkan juga tips mencegah dan menangani asam lambung naik ini

menjaga berat badan bisa kurangi gejala asam lambung naik
Menjaga agar berat badan tetap ideal bisa menjadi langkah efektif untuk kurangi gejala GERD

Anda juga perlu melakukan perubahan gaya hidup untuk menangani GERD. Tanpa perbaikan ini, obat herbal asam lambung naik yang Anda konsumsi akan menjadi sia-sia.

Berikut ini sederet perubahan gaya hidup yang bisa Anda lakukan:

  • Singkirkan makanan dan minuman yang dapat memicu kenaikan kadar asam lambung 
  • Jaga berat badan agar tetap pada batas angka ideal
  • Makan secara perlahan
  • Jangan langsung berbaring setelah makan
  • Naikkan posisi kepala saat tidur berbaring agar lebih tinggi dari perut
  • Tidur miring ke sebelah kiri
  • Hindari pakaian yang ketat di bagian perut
  • Berhenti merokok
  • Kurangi stres

Dengan pengobatan yang tepat serta perubahan gaya hidup, gejala asam lambung naik akan lebih mudah untuk dikendalikan. Selalu ingat untuk berkonsultasi dengan dokter lebih dulu sebelum mengonsumsi obat herbal asam lambung. 

Dokter akan membantu Anda dalam menentukan jenis obat herbal asam lambung naik yang cocok untuk Anda. Pasalnya, obat herbal bisa saja berinteraksi dengan obat-obat lain yang sedang Anda gunakan.

Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/chamomile-tea-acid-reflux
Diakses pada 14 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/dgl-for-acid-reflux
Diakses pada 14 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/marshmallow-root
Diakses pada 14 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/slippery-elm-for-acid-reflux
Diakses pada 14 Januari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/314932.php
Diakses pada 14 Januari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324034.php
Diakses pada 14 Januari 2020

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/remedies-for-heartburn-relief-89992
Diakses pada 14 Januari 2020

Artikel Terkait

Banner Telemed