Sederet Manfaat Terong Hijau bagi Kesehatan Tubuh Anda

(0)
11 May 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak manfaat terong hijau bagi kesehatanTerong hijau atau terong lalap dianggap punya banyak manfaat bagi kesehatan
Dari berbagai varietas terong di dunia, dua jenis terong yang paling umum dikonsumsi di Indonesia adalah terong Jepang yang berukuran panjang berwarna ungu dan terong hijau atau terong Thailand yang berbentuk bulat dan berwarna hijau keputihan. Soal khasiat, manfaat terong hijau juga tidak kalah dari terong ungu.Di Indonesia, terong hijau juga dikenal dengan sebutan terong lalap. Sebab, terong ini lebih banyak dikonsumsi dalam bentuk mentah sebagai lalapan. Dibandingkan varian lainnya, terong hijau memiliki tekstur lebih renyah dengan rasa sedikit lebih pahit.Sayangnya, tidak sedikit orang yang enggan mengonsumsi terong hijau karena rasanya yang getir atau sulit diolah. Padahal, manfaat terong hijau bagi kesehatan bisa dibilang cukup banyak.

Manfaat terong hijau bagi kesehatan

Terong lalap mengandung sejumlah nutrisi yang diperlukan tubuh kita. Dalam 100 gram terong hijau, Anda bisa mendapatkan sekitar 90,2 gram vitamin A dan 24 mg vitamin C.Selain itu, Anda juga bisa menikmati karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, protein, dan vitamin B3 yang menguntungkan kesehatan. Kandungan gizi tersebut membuat manfaat terong hijau bagi kesehatan tidak boleh diremehkan.

1. Meningkatkan kesehatan kulit

Kandungan vitamin C pada terong hijau dianggap dapat membuat kulit lebih sehat, halus, dan lembap. Berkat kandungan berbagai nutrisi dalam terong hijau ini, kulit Anda dapat terlindungi dari risiko kanker dan berpotensi membantu mengatasi masalah peradangan pada kulit seperti jerawat.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu manfaat penting dari kandungan vitamin C pada terong lalap adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, tubuh dapat terjaga kesehatannya secara keseluruhan sehingga tidak mudah sakit dan lebih cepat pulih saat mengalami gangguan kesehatan.

3. Mengontrol tekanan darah

Manfaat terong hijau lainnya adalah membantu menjaga kesehatan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah). Manfaat ini didapatkan berkat kandungan kaliumnya yang berpotensi membantu mengontrol tekanan darah sehingga risiko stroke dan serangan jantung bisa diturunkan.

4. Mencegah kolesterol tinggi

Ekstrak terong, termasuk terong lalap, dipercaya mampu merangsang produksi cairan empedu sekaligus menurunkan kolesterol. Khasiat terong hijau ini dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit kronis dalam jangka panjang.

5. Mendukung kesehatan jantung

Manfaat terong hijau dalam mengontrol tekanan darah dan kolesterol juga menguntungkan bagi jantung. Jantung yang sehat dan kuat dapat meningkatkan fungsi organ tubuh lainnya secara keseluruhan.

6. Mengurangi risiko diabetes

Tidak hanya menjaga tekanan darah tetap sehat, terong hijau juga dianggap memiliki khasiat yang mirip insulin. Hal ini dianggap dapat membantu menurunkan risiko diabetes.

7. Menyehatkan sistem pencernaan

Serat pangan pada terong hijau memiliki kemampuan untuk melindungi dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan sehingga dapat membantu penyerapan berbagai nutrisi yang menyehatkan tubuh.

8. Membantu menurunkan berat badan

Serat pangan pada terong lalap juga dipercaya bisa membuat perut lebih lama kenyang. Alhasil, usaha menurunkan berat Anda bisa lebih maksimal karena mencegah Anda makan berlebihan.Masih banyak klaim manfaat terong hijau bagi kesehatan lainnya, seperti mengurangi stres, meningkatkan fungsi hati, mencegah bayi lahir cacat, serta menurunkan risiko kanker. Meski demikian, berbagai manfaat tersebut belum didukung hasil penelitian yang meyakinkan.

Cara mengonsumsi terong hijau

Manfaat terong hijau tidak hanya bisa didapatkan lewat mengonsumsinya langsung. Terong lalap juga dapat dibumbui atau dimasak menjadi berbagai hidangan.Terong hijau sering digunakan sebagai salah satu bahan campuran karedok, yaitu makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari berbagai sayuran mentah dan diberi bumbu kacang. Selain itu, terong lalap juga dapat dihidangkan dengan cara ditumis, disayur, atau digoreng.Terong hijau termasuk jenis sayuran yang dapat digunakan dalam masakan dengan bumbu melimpah, tahan direbus, serta cocok digabungkan dengan berbagai macam sayur-mayur lainnya. Terong ini juga dapat digunakan sebagai bahan masakan dengan rasa pedas, gurih, ataupun asam.Jika Anda ingin mendapatkan manfaat terong hijau tapi tidak menyukai pahitnya, cobalah buang bagian bijinya untuk membantu mengurangi rasa pahit.Jika Anda punya pertanyaan seputar makanan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatbuah dan sayuran
Dr Health Benefits. https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/fruits/health-benefits-of-thai-eggplant
Diakses 15 April 2021
Wellness Bin. https://www.wellnessbin.com/have-you-heard-about-the-health-benefits-offered-by-thai-eggplant/
Diakses 15 April 2021
My Recipes. https://www.myrecipes.com/ingredients/types-of-eggplant
Diakses 15 April 2021
The Spruce Eats. https://www.thespruceeats.com/types-of-eggplant-2216262
Diakses 15 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait