Sederet Manfaat Tape Singkong, Batasi Hanya 50 Gram Per Hari

Kandungan alkohol dalam proses fermentasi menjadikan manfaat tape singkong untuk menghangatkan tubuh
Manfaat tape singkong untuk pencernaan adalah kandungan probiotik yang dapat menangkal bakteri

Olahan tape singkong lewat fermentasi akan menghasilkan tape, dengan ciri khas rasanya yang manis. Manfaat tape singkong tak hanya untuk camilan atau campuran minuman saja, tapi juga baik untuk sistem pencernaan.

Memang benar bahwa tape singkong bisa mengandung alkohol selama proses fermentasinya, namun tidak berbahaya bagi tubuh. Bahkan, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk tape, es tape, campuran minuman, dan banyak lagi.

Manfaat tape singkong untuk kesehatan

Ada beberapa manfaat tape singkong untuk kesehatan yang sayang dilewatkan, tapi tentunya tetap harus dalam porsi yang secukupnya. Manfaat tape singkong di antaranya adalah:

  • Menghangatkan tubuh

Manfaat tape singkong yang bisa dirasakan saat itu juga adalah menghangatkan tubuh. Orang yang mengonsumsi tape akan merasakan hangat di bagian dada juga perut.

Itu sebabnya, mengonsumsi tape singkong baik bagi yang sedang merasa lesu atau demam. Tape singkong dapat menstimulasi tubuh sehingga terasa lebih hangat.

  • Sumber energi

Olahan tape dari singkong membuatnya menjadi karbohidrat sumber energi. Sensasinya sama seperti saat mengonsumsi nasi putih atau sumber karbohidrat lainnya. Artinya, dengan mengonsumsi tape singkong maka tubuh punya energi untuk mengolah protein sehingga terasa bugar.

  • Mengurangi jerawat

Bagi yang memiliki masalah jerawat pada kulit, coba konsumsi tape singkong sesekali. Kandungan dalam tape dapat menetralisir racun yang bisa menyumbat pori-pori. Namun ingat, mengonsumsinya tetap harus dalam porsi yang wajar.

  • Sumber probiotik

Tak kalah penting, manfaat tape singkong adalah sebagai sumber probiotik. Proses fermentasi yang melibatkan banyak mikroorganisme justru membentuk sari pati probiotik yang baik. Ditambah lagi, kandungan air dalam tape singkong yang mengandung probiotk mampu menangkal bakteri dan virus yang ada dalam sistem pencernaan.

  • Baik untuk otot dan saraf

Proses fermentasi tape singkong meningkatkan kandungan thiamin. Thiamin ini dapat meningkatkan kualitas sistem saraf dan otot di tubuh manusia. Itulah sebabnya banyak orang yang merasa lebih bugar dan berenergi setelah mengonsumsi tape singkong.

  • Superfood untuk pencernaan

Manfaat tape singkong yang tak kalah penting adalah sebagai superfood untuk sistem pencernaan. Kandungan probiotik dan asam laktat dalam tape singkong dapat menangkal bakteri dan meningkatkan performa bakteri baik dalam sistem pencernaan.

Tak hanya itu, mengonsumsi tape singkong secara berkala bisa membantu proses sekresi. Konstipasi pun dapat dihindari dengan mengonsumsi tape singkong.

  • Mencegah anemia

Bagi yang mengalami anemia dan kesulitan meningkatkan tekanan darah, coba konsumsi tape singkong. Kabar baiknya, proses fermentasi tape meningkatkan kandungan vitamin B12. Vitamin ini dapat membantu produksi sel darah merah dan mencegah anemia.

Konsumsi tape singkong dalam porsi wajar

Meskipun ada banyak manfaat tape singkong untuk kesehatan, tetap ingat bahwa ada batasan mengonsumsinya. Batas paling banyak konsumsi tape singkong dalam sehari adalah 50 gram.

Batasan ini pun bisa bereaksi berbeda-beda bagi setiap orang. Apabila perut terasa tidak nyaman meskipun belum mengonsumsi 50 gram, mungkin bisa dipertimbangkan untuk menguranginya.

Beberapa efek mengonsumsi terlalu banyak tape singkong di antaranya:

  • Sakit perut karena kandungan alkohol dalam tape
  • Meningkatkan risiko masalah pada darah seperti keracunan hingga stroke
  • Terkena virus atau bakteri apabila proses fermentasinya kurang bersih

Ingat pula bahwa tape singkong sebaiknya tidak dikonsumsi oleh anak-anak atau remaja yang mengalami gangguan kekebalan tubuh. Namun bagi yang tak ada masalah dengan konsumsi tape singkong, tak ada salahnya mencoba dan rasakan manfaatnya.

Dr. Health Benefits. https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/processed-food/health-benefits-tapai
Diakses 7 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/cassava
Diakses 7 Januari 2020

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed