Sederet Manfaat Rebusan Serai bagi Kesehatan yang Tak Boleh Dilewatkan


Manfaat rebusan sereh atau serai dihasilkan oleh aktivitas senyawa antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Beberapa manfaat rebusan serai adalah menjaga kesehatan gigi hingga melancarkan pencernaan.

(0)
09 Nov 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat rebusan sereh atau serai dihasilkan dari kandungannyaRebusan serai punya banyak manfaat bagi kesehatan
Serai atau sereh merupakan tanaman yang umumnya digunakan untuk memasak atau dibuat minuman. Salah satu cara memanfaatkan serai adalah dengan mengonsumsi air rebusannya, yang juga disebut sebagai teh serai. Manfaat rebusan serai terdapat pada senyawa antioksidan dan antiradang yang terkandung di dalamnya.

Manfaat rebusan serai

Cara paling praktis untuk mendapatkan manfaat serai adalah dengan merebus atau menyeduhnya. Berikut ini manfaat rebusan serai bagi kesehatan yang telah banyak digunakan di berbagai negara.

1. Meningkatkan kesehatan gigi dan mulut

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak serai mampu mencegah pertumbuhan bakteri. Termasuk di antaranya adalah bakteri yang dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut, seperti streptococcus sanguinis yang dapat menyebabkan gigi berlubang.Rebusan serai juga bisa dijadikan obat kumur untuk menjaga kesehatan mulut. Anda juga dapat menggigit dan menggosokkan sisa rebusan batang serai pada gigi.

2. Meredakan kecemasan

Meminum teh hangat dapat membuat rileks, tapi manfaat rebusan serai tidak sampai di situ saja. Serai juga membantu meredakan kecemasan. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menemukan bahwa menghirup serai, terutama dalam bentuk minyak esensial dapat membantu orang-orang yang punya masalah kecemasan.

3. Mengatasi kembung

Rebusan serai juga bisa digunakan untuk mengatasi kembung. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi rebusan serai dapat meningkatkan frekuensi berkemih karena memiliki efek diuretik.Sehingga, kembung yang terjadi karena menumpuknya cairan pada tubuh dapat diatasi. Manfaat rebusan serai yang satu ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang sama saat sindrom pramenstruasi (PMS).

4. Mencegah infeksi

Manfaat rebusan serai berikutnya adalah untuk mencegah infeksi. Sebuah studi menunjukkan bahwa serai mampu mencegah berbagai jenis infeksi yang dialami karena penurunan sistem imun tubuh, contohnya mengurangi dan meredakan sariawan pada penderita HIV.

5. Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak serai mampu menurunkan kadar kolesterol. Banyaknya kolesterol yang diturunkan tergantung pada banyaknya dosis yang digunakan. Untuk menurunkan lebih banyak kolesterol, maka diperlukan lebih banyak serai.

6. Meningkatkan jumlah sel darah merah

Manfaat rebusan serai lainnya adalah meningkatkan jumlah hemoglobin dan sel darah merah dalam tubuh. Hal ini dikaitkan dengan kandungan antioksidan yang terdapat pada serai. Manfaat ini dianggap bisa didapatkan lewat mengonsumsi rebusan serai selama 30 hari.

7. Mengatasi diare

Rebusan serai dapat digunakan untuk mengurangi frekuensi buang air besar sehingga bermanfaat untuk mengatasi diare. Tanaman ini juga memiliki fungsi antibakteri yang dapat mengurangi infeksi pada saluran pencernaan.

Cara membuat rebusan serai

Cara membuat rebusan serai sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikut:
  • Siapkan sebatang serai dan segelas air
  • Potong-potong batang serai dengan ukuran 2,5-5 cm
  • Panaskan air dan biarkan hingga mendidih
  • Siramkan air panas pada wadah tempat potongan batang serai
  • Biarkan rendaman batang serai setidaknya selama 5 menit
  • Saring air seduhan batang serai dan tuangkan ke dalam gelas.
Air rebusan serai dapat diminum panas atau dingin. Anda juga bisa menambahkan es batu untuk membuat minuman ini menjadi lebih segar.Belum ada dosis yang pasti mengenai penggunaan serai untuk kesehatan. Anda disarankan untuk memulainya dengan meminum satu gelas satu hari. Apabila telah terbiasa, Anda dapat meningkatkan jumlahnya sesuai keinginan.Konsumsi rebusan serai cenderung aman, tapi ibu hamil dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya. Meski belum ada bukti kasus atau penelitian yang mengungkapkan bahaya rebusan serai bagi kehamilan, manfaat rebusan serai yang dapat melancarkan menstruasi, dikhawatirkan dapat berdampak pada kehamilan hingga menyebabkan risiko keguguran.Jika Anda punya pertanyaan seputar makanan atau minuman sehat, Anda bisa bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehattanaman obat
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3217679/
Diakses 26 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321969
Diakses 26 Oktober 2020
Web MD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-719/lemongrass
Diakses 26 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait