logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Olahraga

Mengenal Berbagai Manfaat Olahraga Pagi untuk Kesehatan Tubuh

open-summary

Olahraga pagi adalah aktivitas yang membutuhkan motivasi lebih. Meskipun sulit untuk diterapkan sehari-hari, olahraga pagi bermanfaat untuk kesehatan Anda.


close-summary

3.9

(10)

17 Mei 2020

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Manfaat yoga sebagai olahraga pagi

Olahraga pagi memiliki manfaat yang tak dimiliki olahraga pada waktu lainnya.

Table of Content

  • Olahraga pagi dan manfaatnya
  • Berbagai jenis olahraga di pagi hari
  • Tips olahraga di pagi hari

Olahraga pagi jangan menjadi sebuah ketakutan. Sebab, ada banyak manfaat olahraga pagi yang berdampak baik untuk kesehatan fisik. Mulai saat ini, hilangkan lah rasa malas dan rasakan beragam manfaat olahraga pagi ini!

Advertisement

Olahraga pagi dan manfaatnya

Tentu saja, waktu paling tepat untuk berolahraga tergantung pada jadwal rutinitas Anda. Namun ternyata, olahraga pagi memiliki manfaatnya tersendiri. Bagi Anda yang penasaran dengan manfaat olahraga pagi, kenali penjelasannya di bawah ini.

1. Terhindar dari distraksi

Di pagi hari, kemungkinan besar belum ada kesibukan lain yang menjadi distraksi. Sebut saja pekerjaan hingga telepon dari atasan.

Dengan berkurangnya distraksi saat olahraga pagi, maka program olahraga Anda bisa berjalan dengan mulus, sehingga kesehatan fisik tetap terjaga.

2. Terhindar dari matahari yang terlalu menyengat

Sinar matahari yang terlalu panas dan menyengat, dapat berdampak buruk pada kesehatan kulit. Jika Anda olahraga pagi, sinar matahari belum terlalu menyengat, malahan akan membuat tubuh lebih semangat!

Terutama bagi Anda yang gemar berolahraga di luar rumah, seperti bersepeda atau sekadar jalan kaki. Tentu saja, matahari pagi tidak akan terlalu menguras tenaga Anda.

3. Meningkatkan kewaspadaan

Hormon kortisol dikenal sebagai hormon stres. Jika terlalu berlebihan atau kekurangan, hormon kortisol akan berdampak buruk pada diri Anda. Namun jika kadarnya ideal, hormon kortisol akan meningkatkan kewaspadaan diri.

Di saat kewaspadaan meningkat, tentunya pikiran Anda akan lebih fokus dalam melakukan olahraga pagi. Fokus adalah salah satu kunci penting dalam berolahraga, karena bisa menjaga konsistensi Anda.

4. Memberikan energi untuk seharian penuh

Olahraga teratur sangatlah baik untuk meningkatkan energi Anda dalam beraktivitas. Saat berolahraga, oksigen dan nutrisi mengalir menuju paru-paru. Hal ini akan menyehatkan sistem kardiovaskular, ketahanan, dan stamina.

Itulah sebabnya, olahraga pagi dianggap ampuh dalam memberikan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas keseharian Anda.

5. Suasana hati yang lebih baik

Olahraga
Olahraga pagi sangat bermanfaat untuk kesehatan

Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan suasana hati. Tidak heran banyak orang dengan gangguan mental stres, “melampiaskan” perasaan dengan berolahraga.

Olahraga pagi tentu akan meningkatkan suasana hati Anda seharian penuh. Tidak hanya itu, olahraga pagi akan memberikan perasaan bahwa Anda telah meraih satu pencapaian dalam hari Anda.

6. Membakar lebih banyak lemak

Sebuah riset meneliti para responden yang diminta untuk berolahraga di pagi, siang, dan malam hari. Ternyata, olahraga pagi terbukti lebih ampuh membakar lemak, dibandingkan olahraga siang ataupun malam.

Jika menurunkan berat badan menjadi salah satu pencapaian Anda dalam berolahraga, olahraga pagi adalah solusinya.

7. Mengontrol nafsu makan

Pada umumnya, berolahraga memang bisa mengontrol nafsu makan dengan mengurangi kadar “hormon lapar” ghrelin. Namun ternyata, olahraga pagi terbukti lebih mampu dalam mengontrol nafsu makan, sehingga membuat Anda tidak sering lapar.

Dalam sebuah riset, sekitar 35 wanita diminta jalan di treadmill selama 45 menit pada pagi hari. Hasilnya, para responden tidak mudah “lapar mata” saat dihadapkan dengan foto-foto makanan menggugah selera.

8. Mengontrol tekanan darah

Olahraga pagi dianggap sebagai aktivitas fisik paling ampuh dalam mengontrol tekanan darah. Dalam sebuah riset, sekitar 20 orang dewasa diminta untuk melakukan treadmill pada jam 7 pagi, 1 siang, dan 7 malam. Hasilnya, tekanan darah dikontrol lebih baik dengan olahraga pagi.

9. Meningkatkan kualitas tidur

Olahraga
Olahraga pagi

Dalam sebuah riset, para responden yang melakukan olahraga pagi, mendapatkan tidur yang lebih berkualitas di malam harinya.

Bahkan, mereka merasakan tidur yang lebih nyenyak dan tidak sering terbangun pada tengah malam.
Manfaat olahraga jika dilakukan secara konsisten

Setelah mengetahui sederet manfaat olahraga pagi di atas, kini saatnya Anda memahami manfaat olahraga jika dilakukan secara rutin dan konsisten, seperti berikut ini:

Berbagai jenis olahraga di pagi hari

Terdapat beberapa contoh olahraga ringan di pagi hari yang dapat kamu coba, di antaranya:

  • Jalan atau lari

Jalan atau lari adalah olahraga di pagi hari yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan merangsang proses pembakaran lemak.

  • Plank

Plank adalah contoh olahraga ringan di pagi hari yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat otot perut dan meningkatkan postur tubuhmu.

Tidak hanya itu, plank juga dianggap sebagai olahraga pagi hari yang bisa memperkuat tulang belakangmu.

  • Jumping jack

Jumping jack adalah olahraga pagi hari yang mudah dilakukan dan tidak membutuhkan perlatan apa pun. Jenis olahraga ini dipercaya mampu melancarkan aliran darah ke otot dan organ-organ tubuh.

  • Squat

Ingin memperkuat paha dan kakimu di pagi hari? Cobalah gerakan squat! Jenis olahraga di pagi hari ini dinilai mampu meningkatan mobilitas tubuh serta mencegah cedera lutut hingga pergelangan kaki.

  • Push-up

Selain dapat membentuk otot-otot di dadamu, push-up juga dianggap sebagai olahraga di pagi hari yang bisa memperkuat otot bahu hingga trisep.

Tips olahraga di pagi hari

Dengan waktu dan kesabaran, Anda bisa memulai rutinitas olahraga pagi Anda sendiri. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya:

1. Tidur yang cukup

Istirahat malam yang cukup penting untuk dapat bangun lebih awal. Usahakan untuk tidur tujuh hingga delapan jam setiap harinya sebelum memulai olahraga pagi.

2. Sesuaikan waktu latihan Anda secara bertahap

Alih-alih melompat ke latihan sepagi mungkin, sebaiknya Anda menjadwalkan waktu olahraga secara bertahap dari waktu normal ada biasanya ke waktu yang perlahan semakin pagi. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih mudah.

3. Siapkan perlengkapan olahraga Anda sebelum tidur

Sebelum tidur, siapkan pakaian olahraga, sepatu kets, dan kebutuhan olahraga lainnya agar tidak memakan waktu keesokan harinya. Kebiasaan ini kerap menjadi alasan malas berolahraga jika baru disiapkan di pagi hari.

4. Cari teman berolahraga

Membuat rencana dengan teman adalah cara yang bagus untuk membuat diri Anda bertanggung jawab dan menjadi semangat berolahraga pagi.

5. Lakukan olahraga yang Anda sukai

Cobalah latihan jenis olahraga yang baru dan lihat jenis olahraga mana yang paling Anda sukai. Saat Anda benar-benar menikmati olahraga, akan lebih mudah untuk bangun pagi dari tempat tidur.

Baca Juga

  • Ini Macam-macam Istilah dalam Permainan Bola Voli
  • Jenis Kelainan Darah Umum dan Dampaknya
  • Memiliki Tubuh Ramping, Ini Kebiasaan Olahraga dan Diet ala Blackpink

Tidak ada alasan untuk Anda melewatkan olahraga, kapan pun dan di mana pun. Maka dari itu, usahakanlah untuk membuat jadwal olahraga rutin, walau mungkin sebentar saja. Dampak baiknya akan Anda rasakan dalam jangka panjang.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Advertisement

olahragatips olahragahidup sehatpola hidup sehatadv odyn

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved