Sederet Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Sehat Berkilau

Manfaat minyak zaitun untuk rambut bisa melembutkan serta melembapkan
Tak hanya melembutkan rambut, minyak zaitun juga bisa mengurangi ketombe

Minyak zaitun termasuk salah satu bahan alami dengan segudang khasiat. Tidak hanya sehat dijadikan sebagai campuran dalam bahan makanan, manfaat minyak zaitun untuk rambut juga ternyata tak bisa diremehkan. 

5 manfaat minyak zaitun untuk rambut

Kandungan nutrisi yang terdapat pada minyak zaitun digadang-gadang dapat menutrisi, melembutkan, hingga melembapkan rambut. Mulai dari vitamin A, E, dan K, hingga asam lemak. 

Tak heran apabila minyak zaitun kerap digunakan sebagai kondisioner. Pasalnya, minyak ini dapat membuat rambut makin lembut, kuat, dan bercahaya. Kondisi ketombe dan kutu rambut pun dikatakan bisa berkurang berkat minyak zaitun. Berikut penjelasannya:

1. Mengurangi ketombe

Masalah ketombe di kulit kepala tidak hanya menimbulkan rasa gatal, tetapi juga dapat menurunkan kepercayaan diri. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengurangi ketombe yang membandel. 

Caranya mudah. Tuangkan 8-10 tetes minyak zaitun ke telapak tangan, lalu pijatkan ke kulit kepala Anda selama beberapa menit.

Setelah itu, kenakan topi mandi atau shower cap untuk melindungi rambut dan kulit kepala agar tidak menodai seprai maupun sarung bantal Anda. Lalu, diamkan selama semalaman.

Keesokan paginya, cuci rambut Anda hingga bersih menggunakan sampo antiketombe yang biasa Anda gunakan. 

2. Membasmi kutu rambut

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman akibat gatal, kehadiran kutu rambut berpotensi memicu iritasi kulit kepala hingga kerusakan rambut. Salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah membantu dalam membasmi kutu rambut

Sama seperti ketika Anda ingin mengurangi ketombe, cara menggunakan minyak zaitun untuk membasmi kutu rambut juga sama. Anda cukup mengoleskannya ke kulit kepala dan seluruh helai rambut.

Setelah minyak zaitun sudah dioleskan secara merata, bungkus kepala Anda selama kurang lebih tiga jam. Anda bisa membungkusnya dengan handuk maupun shower cap. Selanjutnya, keramaslah dengan sampo seperti biasa.

3. Mengatasi rambut bercabang

Rambut bercabang merupakan salah satu pertanda bahwa rambut Anda dalam kondisi rusak. Manfaat minyak zaitun bisa Anda gunakan sebagai solusinya. Bagaimanakah caranya?

Oleskan minyak zaitun pada ujung-ujung rambut yang bercabang dan membiarkannya. Cara ini dikatakan mampu mengatasi masalah rambut bercabang yang mengganggu keindahan mahkota Anda. 

4. Melembapkan rambut dan kulit kepala

Jika ingin sekaligus melembapkan rambut, Anda bisa mengoleskan minyak zaitun mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Jangan lupa pula untuk memijat kulit kepala agar lebih menyerap. Kemudian, bungkus rambut Anda semalaman dan keramaslah besok paginya. 

5. Mempercepat pertumbuhan rambut 

Manfaat minyak zaitun untuk rambut lainnya adalah memperkuat rambut dan membuatnya tampak berkilau. Selain vitamin A, E, dan K, minyak zaitun juga mengandung zat oleuropein.

Oleuropein dikatakan mampu membantu dalam merangsang pertumbuhan rambut. Dengan ini, rambut Anda pun bisa tumbuh lebih cepat dan lebat.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut memang tak bisa dipungkiri lagi. Namun sebelum menggunakannya, Anda sebaiknya mengamati jenis rambut Anda dulu.

Akan lebih baik lagi bila Anda juga berkonsultasi dengan dokter agar keamanan penggunaan minyak zaitun bisa dipastikan.

Jenis rambut yang cocok menggunakan minyak zaitun

Tidak semua jenis rambut cocok dapat merasakan manfaat minyak zaitun untuk rambut. Jika orang rambut berminyak menggunakan minyak ini, kondisi rambutnya akan menjadi lebih berminyak bahkan cenderung lepek. Lantas, tipe rambut seperti apa yang cocok menggunakan minyak zaitun?

  • Rambut yang tebal dan kering

Mengoleskan minyak zaitun pada rambut kering yang tebal dapat menjaga rambut agar tetap lembap dan tidak mudah patah. 

  • Rambut yang melalui proses perawatan kimiawi

Jika Anda sering melakukan proses penataan rambut (seperti bleaching, dicat, diluruskan, atau dikeriting), mengoleskan minyak zaitun pada rambut dapat memberikan kelembapan ekstra. Oleskan minyak zaitun 72 jam setelah melakukan perawatan rambut. 

Dapatkan manfaat minyak zaitun untuk rambut dengan tepat

Langkah-langkah yang perlu diketahui saat menggunakan minyak zaitun untuk rambut meliputi:

  • Gunakan dengan takaran yang tepat

Bagi Anda baru pertama kali memakai minyak zaitun untuk rambut, gunakan satu hingga dua sendok makan minyak ini untuk perawatan awal. Takaran minyak zaitun yang Anda gunakan juga akan tergantung pada perawatan yang Anda lakukan. 

Takaran minyak zaitun untuk ujung-ujung rambut sebaiknya tidak lebih dari 1 sendok makan. Sementara jika ingin merawat rambut sekaligus kulit kepala, Anda membutuhkan setidaknya ¼ cangkir minyak zaitun, apalagi bila rambut Anda tebal dan panjang. 

  • Lakukan pijatan

Setelah mengoleskan minyak zaitun ke helai rambut dan kulit kepala, berikanlah pijatan lembut di kulit kepala Anda selama beberapa menit. Agar mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk rambut yang optimal, tutupi kepala dan rambut Anda dengan shower cap atau handuk selama sekitar 15 menit. 

  • Jangan lupa keramas

Setelah minyak zaitun merata di rambut, sisir rambut Anda memakai sisir bergigi jarang. Cara ini berguna agar rambut tidak kusut setelah dicuci. Kemudian keramaslah dengan sampo seperi biasa, lalu keringkan rambut Anda. Hasilnya akan tampak setelah rambut sudah kering. 

Keefektifan manfaat minyak zaitun untuk rambut memang belum diakui secara ilmiah. Kendati demikian, para peneliti telah melakukan sejumlah studi terbatas terhadap berbagai minyak alami untuk perawatan rambut.

Penggunaan minyak zaitun untuk rambut umumnya terbilang aman. Tapi untuk lebih pastinya, Anda bisa memeriksakan diri dulu ke dokter guna mengetahui apakah Anda memiliki alergi terhadap minyak zaitun atau tidak. Dengan ini, manfaat minyak zaitun untuk rambut pun bisa didapatkan dengan optimal.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323581.php
Diakses pada 27 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321246.php
Diakses pada 27 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/olive-oil-hair-care
Diakses pada 27 September 2019

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/87040-benefits-olive-oil-hair/
Diakses pada 27 September 2019

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/529823-olive-oil-for-a-dry-itchy-flaky-scalp/
Diakses pada 27 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed