Sederet Manfaat Daun Jambu Biji untuk Rambut dan Kulit Kepala


Ada banyak klaim manfaat daun jambu biji untuk rambut dan kulit kepala. Daun ini dianggap bisa membersihkan kulit kepala, menyuburkan rambut, hingga mengatasi masalah rambut bercabang.

(0)
01 Dec 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada sejumlah manfaat daun jambu biji untuk rambut dan kulit kepalaDaun jambu biji dianggap bermanfaat untuk rambut dan kulit kepala
Daun jambu biji secara turun-temurun telah digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan, seperti infeksi dan peradangan, mengontrol gula darah, mengatasi gangguan pencernaan, hingga mengobati penyakit kulit. Tidak hanya itu, ada pula manfaat daun jambu biji untuk rambut dan kulit kepala.Penggunaan daun jambu biji bukan tanpa alasan. Daun ini mengandung sejumlah senyawa yang baik bagi kesehatan, yakni quercetin, katekin, vescalagin, asam galat, peltatoside, hyperoside, isoquercitrin, dan guaijaverin.Daun jambu biji juga mengandung vitamin B dan C serta berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Berkat beragam kandungan inilah, daun ini dianggap membawa sejumlah manfaat bagi kesehatan, termasuk di antaranya manfaat daun jambu biji untuk rambut dan kulit kepala.

Manfaat daun jambu biji untuk rambut

Ada banyak manfaat daun jambu biji untuk rambut dan kulit kepala, mulai dari membersihkan kulit kepala hingga mengatasi masalah rambut bercabang.

1. Membersihkan kulit kepala

Salah satu manfaat daun jambu biji untuk rambut adalah untuk membersihkan kulit kepala dengan seksama.Selain menyingkirkan berbagai kotoran dan polusi, kandungan daun jambu biji juga dapat mengatasi ketombe dan sebum. Penggunaan ekstrak daun ini dianggap dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut secara keseluruhan.

2. Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok umumnya disebabkan oleh kulit kepala yang tidak sehat. Daun jambu biji memiliki senyawa yang bersifat antiradang, antibakteri, dan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan kulit kepala. Dengan kesehatan kulit kepala yang terjaga berkat daun jambu biji, rambut rontok idealnya bisa diatasi.

3. Membuat rambut sehat dan berkilau

Manfaat daun jambu biji untuk rambut lainnya adalah menyehatkan rambut. Selain kesehatan kulit kepala yang terjaga, senyawa pada daun jambu biji juga dapat menutrisi setiap helai rambut hingga tampak sehat dan berkilau.

4. Menyuburkan rambut

Tidak hanya mengatasi kerontokan, manfaat daun jambu biji yang dapat Anda nikmati adalah menyuburkan rambut.Kondisi kulit kepala yang bersih dan sehat serta rambut yang ternutrisi dengan baik, dapat membuat rambut tumbuh dengan subur, sehat, dan kuat.

5. Meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala

Penelitian menunjukkan bahwa daun jambu biji dapat melancarkan sirkulasi darah, termasuk pada kulit kepala. Peningkatan sirkulasi darah di kulit kepala dapat membuat penyaluran nutrisi pada kulit kepala dan rambut lebih optimal.

6. Melindungi dari sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan rambut. Kandungan likopen pada daun jambu biji dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

7. Mengatasi rambut bercabang

Manfaat daun jambu biji untuk rambut lainnya adalah menutrisi dan menyehatkan rambut rusak, termasuk rambut bercabang.Meski dianggap bermanfaat, sejumlah khasiat di atas belum benar-benar terbukti secara ilmiah. Masih dibutuhkan sejumlah penelitian lebih lanjut untuk memvalidasi manfaat tersebut pada manusia.

Cara memanfaatkan daun jambu biji untuk rambut

Cara mendapatkan manfaat daun jambu biji untuk rambut dapat dengan merebusnya, dijadikan masker, atau berupa air infus. Berikut adalah sejumlah cara melakukannya.

1. Rebusan daun jambu biji

Rebusan daun jambu biji dapat digunakan untuk memerangi rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.Cara membuat rebusan daun jambu biji adalah:
  • Rebus 1 liter air hingga mendidih
  • Masukkan segenggam daun jambu biji ke dalam air yang mendidih
  • Biarkan selama 20 menit sebelum dimatikan
  • Saring air rebusan dan biarkan hingga dingin.
Setelah jadi, berikut cara memanfaatkan rebusan daun jambu biji untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala:
  • Bersihkan kulit kepala dan rambut
  • Setelah hampir kering, pijatkan air rebusan ke kulit kepala dan rambut selama 10 menit
  • Diamkan hingga 2 jam, atau dapat dibawa tidur semalaman
  • Setelahnya, bilas rambut hingga bersih dengan air hangat.

2. Masker rambut daun jambu biji

Cara membuat masker rambut dari daun jambu biji sangat mudah. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikut:
  • Lumatkan daun jambu biji secukupnya
  • Campurkan daun jambu biji yang telah dihaluskan dengan madu secukupnya.
  • Oleskan masker dari akar hingga ujung rambut
  • Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.
Masker ini bermanfaat untuk menutrisi rambut kering, rusak, dan bercabang agar bisa kembali sehat.

3. Air infus daun jambu biji

Air infus daun jambu biji bermanfaat memperkuat akar rambut. Rendam daun jambu biji di dalam air selama beberapa jam. Gunakan air infus tersebut untuk membilas rambut saat keramas.Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut seputar buah-buahan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tanaman obatdaun jambu biji
US National Library of Medicine - National Institutes of Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5412476/#sec2-ijms-18-00897title
Diakses 17 November 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/how-are-guava-leaves-beneficial-for-your-hair/
Diakses 17 November 2020
Miss Kyra. https://www.misskyra.com/lifestyle/improve-hair-health-with-guava-leaves/photostory/68814668.cms?picid=68814688
Diakses 17 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait