Manfaat Daun Jambu Biji untuk Rambut dan Kulit Kepala Serta Cara Menggunakannya


Manfaat daun jambu biji untuk rambut ternyata melimpah. Khasiat daun jambu biji untuk rambut dianggap dapat membersihkan kulit kepala, mempercepat pertumbuhan rambut, hingga mengatasi masalah rambut bercabang. Namun, Anda perlu tahu cara menggunakan daun jambu biji untuk rambut yang benar.

0,0
01 Dec 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada sejumlah manfaat daun jambu biji untuk rambut dan kulit kepalaDaun jambu biji dianggap bermanfaat untuk rambut dan kulit kepala
Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan mungkin sudah diketahui oleh banyak orang. Lantas, bagaimana dengan manfaat daun jambu biji untuk rambut dan kulit kepala? Sudahkah Anda mengenalinya?
Daun jambu biji mengandung sejumlah senyawa yang baik bagi kesehatan, yakni quercetin, katekin, vescalagin, asam galat, peltatoside, hyperoside, isoquercitrin, dan guaijaverin.Manfaat daun jambu untuk rambut dan kulit kepala berasal dari senyawa analgesik, antiradang, antimikroba, dan antioksidan yang mampu menyehatkan kulit kepala, termasuk mencegah ketombe. Selain itu, daun jambu biji mengandung vitamin B dan C yang bisa menyehatkan folikel sekaligus merangsang pertumbuhan rambut. Apa saja manfaat daun jambu biji untuk rambut? Simak uraian selengkapnya dalam artikel ini. 

Manfaat daun jambu biji untuk rambut

Ada banyak manfaat daun jambu biji untuk rambut dan kulit kepala, mulai dari membersihkan kulit kepala hingga mengatasi masalah rambut bercabang. Berikut uraiannya.

1. Membersihkan kulit kepala

Manfaat daun jambu biji untuk rambut adalah membersihkannya
Daun jambu biji bisa membersihkan tumpukan kotoran pada kulit kepala
Salah satu manfaat daun jambu biji untuk rambut adalah membersihkan kulit kepala secara menyeluruh.Daun jambu biji mampu menyingkirkan berbagai tumpukan kotoran dan minyak alami pada kulit kepala yang berpotensi menyumbat pori-pori. Tak hanya itu, daun jambu biji juga mampu mengatasi ketombePenggunaan ekstrak daun ini dianggap dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut secara keseluruhan.

2. Mengatasi rambut rontok

Manfaat daun jambu biji untuk rambut ternyata dapat mengatasi rambut rontok. Rambut rontok umumnya disebabkan oleh kulit kepala yang tidak sehat. Nah, khasiat daun jambu biji untuk rambut rontok berasal dari senyawa antiradang, antibakteri, dan antioksidan yang mampu menjaga kesehatan kulit kepala. Ketika kesehatan kulit kepala terjaga dengan baik, idealnya masalah kerontokan rambut bisa diatasi. 

3. Membuat rambut sehat dan berkilau

Manfaat daun jambu biji untuk rambut bisa membuatnya lebih berkilau
Rambut jadi lebih sehat dan berkilau berkat penggunaan daun jambu
Manfaat daun jambu biji untuk rambut berikutnya adalah menyehatkan rambut. Selain kesehatan kulit kepala yang terjaga, senyawa pada daun jambu biji juga dapat menutrisi setiap helaian rambut sehingga tampak sehat dan berkilau.

4. Mempercepat pertumbuhan rambut

Tidak hanya mengatasi kerontokan, manfaat daun jambu biji untuk rambut juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Sebuah laporan ilmiah mengungkapkan khasiat daun jambu biji untuk rambut ini berasal dari senyawa antibakteri dan antijamur yang mencegah risiko infeksi pada kulit kepala. Kandungan itulah yang dapat menyehatkan kulit kepala sehingga rambut lebih cepat tumbuh, sehat, dan kuat. 

5. Meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala

Sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa manfaat daun jambu biji mampu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Peningkatan sirkulasi darah di kulit kepala inilah yang dapat membuat aliran nutrisi pada kulit kepala dan rambut menjadi lebih optimal.

6. Melindungi dari sinar matahari

Manfaat daun jambu biji untuk rambut dapat melindunginya
Kandungan likopen pada daun jambu biji bisa melindungi helaian rambut
Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan rambut. Manfaat daun jambu biji untuk rambut yang berasal dari kandungan likopen di dalamnya dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan sinar matahari. Khasiat daun jambu biji untuk rambut juga berasal dari kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan untuk menetralkan radikal bebas sekaligus melindungi rambut dari kerusakan. 

7. Mengatasi rambut bercabang

Manfaat daun jambu biji untuk rambut lainnya adalah menutrisi dan menyehatkan rambut rusak, termasuk mengatasi rambut bercabang.Meski dianggap bermanfaat, sejumlah khasiat daun jambu biji untuk rambut dan kulit kepala di atas belum benar-benar terbukti secara ilmiah. Maka, masih dibutuhkan sejumlah penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifannya dalam menyehatkan rambut dan kulit kepala. 

Cara menggunakan daun jambu untuk rambut

Manfaat daun jambu biji untuk rambut bisa diperoleh dengan cara merebusnya
Rebus beberapa lembar daun jambu biji untuk dapat manfaatnya
Meski manfaat daun jambu untuk rambut dan kulit kepala di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna melihat efektivitasnya, sah-sah saja bila Anda ingin coba memperoleh khasiatnya. Untuk mendapatkan berbagai manfaatnya secara maksimal, pastikan Anda tahu cara menggunakan daun jambu untuk rambut yang tepat. Cara menggunakan daun jambu untuk rambut dan kulit kepala bisa dengan merebusnya, dijadikan sebagai masker, atau memakai air rendaman daun jambu biji. Berikut adalah sejumlah cara menggunakan daun jambu untuk rambut lengkap dengan cara membuatnya. 

1. Air rebusan daun jambu biji

Cara menggunakan daun jambu untuk rambut bisa dengan merebus beberapa helai daunnya. Air rebusan daun jambu biji dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.Cara membuat rebusan daun jambu biji adalah:
  • Rebus 1 liter air hingga mendidih.
  • Masukkan segenggam daun jambu biji bersih ke dalam air yang mendidih.
  • Biarkan selama 20 menit sebelum dimatikan.
  • Saring air rebusan dan diamkan sampai dingin.
Kemudian, terapkan cara menggunakan daun jambu untuk rambut dengan cara berikut. 
  • Cuci bersih rambut menggunakan sampo.
  • Diamkan rambut sampai hampir kering.
  • Ambil beberapa helai rambut, lalu basahi rambut, termasuk akar rambut dan kulit kepala, menggunakan air rebusan daun jambu biji. 
  • Pijat kulit kepala selama minimal 10 menit, dan tepuk-tepuk helaian rambut agar air rebusan daun jambu biji menyerap dengan baik ke dalamnya. 
  • Setelah hampir kering, pijatkan air rebusan daun jambu biji ke kulit kepala dan rambut selama 10 menit
  • Diamkan rambut yang sudah dibasahi air rebusan daun jambu biji selama 2 jam. Anda juga bisa membungkus rambut selama semalaman, bila perlu. 
  • Selanjutnya, bilas rambut sampai bersih menggunakan air suam-suam kuku (air hangat).

2. Masker rambut daun jambu biji

Cara membuat masker rambut dari daun jambu biji sangat mudah. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan:
  • Lumatkan daun jambu biji secukupnya
  • Campurkan daun jambu biji yang telah dihaluskan dengan beberapa sendok makan madu secukupnya.
  • Oleskan masker rambut dari daun jambu biji mulai dari akar hingga ujung rambut
  • Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.
Masker ini bermanfaat untuk menutrisi rambut kering, rusak, dan bercabang agar bisa kembali sehat.

3. Air rendaman daun jambu biji

Manfaat daun jambu untuk rambut yang diperoleh dari dari air rendaman daunnya ternyata dapat memperkuat akar rambut. Cara membuatnya, cukup rendam daun jambu biji dalam wadah berisi air selama beberapa jam. Lalu, bilas rambut menggunakan air rendaman daun jambu biji yang sudah disiapkan, saat hendak keramas. 

Hal yang perlu diketahui sebelum memperoleh manfaat daun jambu untuk rambut

Manfaat daun jambu untuk rambut memang tampak menarik untuk dicoba di rumah. Namun, penting diingat bahwa beberapa orang mungkin saja berisiko mengalami reaksi alergi terhadap penggunaan daun jambu biji untuk rambut. Maka dari itu, sebelum menggunakan daun jambu biji untuk rambut, coba cek pada area kulit siku bagian dalam terlebih dahulu untuk mengetahui reaksi yang ditimbulkan. Jika muncul reaksi alergi, seperti kulit gatal, kemerahan, sensasi seperti terbakar, hingga pembengkakan, jangan gunakan daun jambu untuk rambut. 

Catatan dari SehatQ

Khasiat daun jambu biji untuk rambut dan kulit kepala memang menarik untuk dicoba. Terlebih, cara membuatnya pun tidak sulit dilakukan. Kendati demikian, pemakaiannya perlu hati-hati. Tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu sebelum memperoleh manfaat daun jambu untuk rambut dan kulit kepala.Anda bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar khasiat daun jambu biji untuk rambut. Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
tanaman obatdaun jambu bijikesehatan rambutpertumbuhan rambut kepala
US National Library of Medicine - National Institutes of Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5412476/#sec2-ijms-18-00897title
Diakses pada 17 November 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/how-are-guava-leaves-beneficial-for-your-hair/
Diakses pada 17 November 2020
Miss Kyra. https://www.misskyra.com/lifestyle/improve-hair-health-with-guava-leaves/photostory/68814668.cms?picid=68814688
Diakses pada 17 November 2020
Purdue University. https://hort.purdue.edu/newcrop/morton/guava.html
Diakses pada 6 April 2021
Pharmacognosy Magazine. https://www.phcog.com/article.asp?issn=0973-1296;year=2010;volume=6;issue=23;spage=212;epage=218;aulast=Metwally
Diakses pada 6 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait