Ada berbagai makanan tidak sehat yang mungkin Anda gemari, seperti kentang goreng, kue manis, hingga jus buah kemasan
Teh susu dengan boba, yang saat ini menjamur, termasuk makanan bergula yang sama sekali tak sehat

Makanan enak memang dapat menjadi pelarian dan pengobat hati, entah saat Anda merasa gundah maupun stres. Namun sebagai pencinta kuliner, Anda pun mungkin juga hobi melahap makanan tidak sehat. Namun, rasa enak di lidah kadang tak selalu berbanding lurus untuk kebaikan tubuh Anda.

Banyak makanan tidak sehat di sekitar, yang mungkin tak Anda pikirkan dampak ke depan jika terlalu sering mengonsumsinya. Apa saja makanan tidak sehat tersebut?

6 Makanan tidak sehat yang dapat merusak tubuh

Sejak kecil, mungkin Anda sudah diwanti-wanti, minuman dan makanan bergula tinggi sangat tidak sehat untuk tubuh. Begitu pula dengan gorengan, dan makanan yang dipanggang. Serta, tahukah Anda, bahwa jus buah kemasan sebenarnya berpotensi menimbun penyakit karena gulanya?

Ini beberapa kelompok makanan tidak sehat, yang sebaiknya Anda kurangi dan hindari.

  • Minuman bergula

Berapa kali dalam seminggu, Anda memesan minuman teh susu boba yang saat ini menjadi tren? Walau memang menyegarkan dan enak, Anda harus bisa mengurangi konsumsi minuman tersebut dan minuman bergula lain. Sebab, asupan gula yang tinggi tentu saja tidak sehat.

Gula yang terlalu banyak masuk ke tubuh, dapat menyebabkan resistensi insulin dan penyakit perlemakan hati. Gula juga diasosiasikan dengan faktor risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Sebagai alternatif, Anda bisa meminum kopi, teh hijau, di samping juga rajin mengonsumsi air putih. Untuk memberi sedikit rasa, perasan air lemon bisa Anda tambahkan.

  • Roti putih

Walau sering Anda sajikan sebagai sarapan bagi, roti putih sebenarnya tergolong sebagai makanan tidak sehat jika kerap dikonsumsi. Roti ini terbuat dari karbohidrat rafinasi, serta rendah dengan serat dan nutrisi penting lain. Para ahli percaya, roti putih dapat menimbulkan kenaikan gula darah.

Anda bisa mengganti roti putih dengan roti gandum utuh, yang lebih menyehatkan.

  • Jus buah kemasan

Hanya karena terdapat kata buah di minuman ini, bukan berarti jus buah termasuk dalam minuman dan sehat. Jus buah kemasan mungkin mengandung vitamin. Namun sayang, produsen jus buah kemasan juga memasukkan gula yang tak sedikit. Sehingga, minuman ini juga tak sehat seperti minuman soda kemasan.

Untuk mendapatkan nutrisi dari buah-buahan, Anda lebih disarankan untuk membuat jus sendiri tanpa tambahan gula. Mengonsumsi langsung buah-buahan, juga sangat disarankan.

  • Chip kentang dan kentang goreng

Kentang memang memiliki nutrisi yang menyehatkan untuk tubuh. Namun, tidak begitu dengan kentang goreng dan keripik kentang, yang sering Anda beli dari gerai makanan cepat saji.

Kedua olahan kentang tersebut tinggi dengan kalori, sehingga sangat berkontribusi terhadap kenaikan berat badan Anda. Selain itu, kentang goreng juga tinggi dengan akrilamida, senyawa yang bersifat karsinogenik, atau dapat menimbulkan kanker.

Sebagai alternatif, Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi kentang, dengan cara merebusnya.

  • Gorengan, dan makanan lain yang digoreng dan dipanggang

Beberapa potong bakwan dan goreng pisang di sore hari, memang sangat sulit untuk ditolak. Namun makanan yang enak dan cocok di lidah, memang biasanya tak sehat, termasuk makanan yang digoreng dan dipanggang.

Makanan yang dimasak dengan cara di atas, seringkali padat kalori. Selain itu, mengolah makanan dengan cara tersebut juga dapat membentuk senyawa kimia berbahaya. Senyawa-senyawa yang dimasak dalam suhu tinggi, berisiko menimbulkan penyakit jantung serta kanker.

  • Kue dan makanan manis lainnya

Berbagai jenis kue, seperti kue kering, dapat menjadi makanan tak sehat apabila Anda berlebihan dalam mengonsumsinya. Terlebih kue manis yang diproduksi dalam kemasan, karena mengandung gula rafinasi, tepung terigu rafinasi, serta tambahan lemak.

Walau memang rasanya sangat lezat, namun seringkali kue-kue manis kemasan tak memiliki nutrisi yang diperlukan tubuh, mengandung kalori yang tinggi, serta bahan pengawet.

Alih-alih melahap kue dan makanan manis kemasan, Anda bisa menjadikan coklat hitam, buah segar, hingga yogurt Greek, sebagai camilan.

Catatan dari SehatQ

“Hidup untuk makan,” mungkin menjadi prinsip hidup Anda. Namun, jangan sampai mengonsumsi makanan lezat, yang sebenarnya tidak sehat, dan dapat menyumbang kerusakan di dalam tubuh. Makanan dan minuman bergula, makanan yang digoreng, hingga makanan dalam kemasan, harus Anda batasi konsumsinya.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/20-foods-to-avoid-like-the-plague

Diakses pada 24 September 2019

 

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/fruit-juice-is-just-as-bad-as-soda

Diakses pada 24 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed