9 Makanan Tidak Sehat yang Dapat Merusak Tubuh


Makanan tidak sehat adalah sebaiknya dikurangi atau dihindari. Beberapa jenis makanan berbahaya umumnya tinggi kalori, gula, dan garam.

0,0
24 Sep 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan tidak sehat contohnya mulai dari keripik kentang, makanan cepat saji, hingga minuman jus buah kemasanKeripik kentang dan teh susu dengan boba adalah beberapa makanan tidak sehat
Makanan tidak sehat kerap kali memanjakan lidah, bahkan menjadi pelarian dan pengobat hati, entah saat Anda merasa gundah maupun stres. Sayangnya, mengonsumsinya justru meningkatkan risiko berbagai penyakit.Maka dari itu, simak artikel ini untuk mengenali beberapa jenis contoh makanan dan minuman tidak sehat jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Ciri-ciri makanan tidak sehat

Dikutip dari The American Heart Association, ciri-ciri makanan berbahaya di antaranya adalah:
  • Makanan yang diproses terlalu banyak, tahap pemrosesan membuat bahan makanan kekurangan vitamin dan mineral
  • Makanan tinggi kalori tapi rendah nutrisi
  • Tinggi garam dan gula
  • Tinggi lemak jenuh dan lemak trans, biasanya akibat digoreng.
Lantas, apa yang terjadi bila makanan yang dikonsumsi tidak sehat?Secara umum, tubuh akan kekurangan gizi. Selain itu, karena biasanya makanan tidak sehat mengandung kalori yang tinggi, maka Anda akan berisiko mengalami obesitas setelah mengonsumsinya.Anda juga akan rentan mengalami penyakit jantung hingga diabetes karena makanan berbahaya mengandung gula dan garam yang sangat tinggi.

Contoh makanan tidak sehat yang dapat merusak tubuh

Makanan yang tidak sehat antara lain adalah makanan yang banyak mengandung gula, garam, lemak, dan pengawet.Tentu makanan yang tidak sehat untuk dikonsumsi sebaiknya Anda kurangi atau bahkan hindari. Inilah contoh makanan dan minuman berbahaya yang bisa Anda jauhi:

1. Chip kentang dan kentang goreng

Salah satu contoh jenis makanan yang tidak sehat adalah kentang goreng. Kandungan kentang memang menyehatkan untuk tubuh.Namun, tidak begitu dengan kentang goreng dan keripik kentang yang sering Anda beli dari gerai makanan cepat saji.Pasalnya, jajanan tidak sehat tersebut tinggi dengan kalori sehingga sangat berkontribusi terhadap kenaikan berat badan.Selain itu, kentang goreng juga tinggi dengan akrilamida, yakni suatu senyawa yang bersifat karsinogenik atau dapat menimbulkan kanker.Sebagai alternatif, Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi kentang dengan cara merebusnya.

2. Gorengan dan makanan lain yang digoreng dan dipanggang

Makanan tidak sehat seperti gorengan
Gorengan adalah contoh makanan tidak sehat untuk dikonsumsi
Beberapa potong bakwan dan goreng pisang di sore hari memang sangat sulit untuk ditolak.Namun, makanan yang digoreng dan dipanggang tetaplah makanan berbahaya. Makanan yang dimasak dengan cara di atas seringkali padat kalori. Gorengan mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.Selain itu, mengolah makanan dengan cara tersebut juga dapat membentuk senyawa kimia berbahaya.Senyawa-senyawa yang dimasak dalam suhu tinggi berisiko menimbulkan penyakit jantung serta kanker.

3. Daging olahan 

Daging olahan, seperti sosis, nugget, atau daging asap, adalah contoh makanan tidak sehat lainnya sehingga perlu Anda batasi konsumsinya.Sebab, makanan berbahaya ini dapat membahayakan kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Daging olahan sudah melalui berbagai macam proses sehingga kemungkinan membuat kandungan gizinya berkurang.Belum lagi makanan olahan sudah pasti menggunakan bahan pengawet agar dapat tahan lama.Pada beberapa penelitian, salah satunya yang diterbitkan dalam jurnal Circulation menyebutkan bahwa kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat ini bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes melitus.

4. Junk food atau makanan cepat saji

Contoh makanan tidak sehat adalah junk food
Contoh makanan tidak sehat adalah makanan cepat saji
Tak dapat dipungkiri bahwa junk food atau makanan cepat saji memang memiliki raza yang lezat.Istilah junk food berarti makanan yang rendah gizi yang tidak mencukupi untuk kebutuhan harian.Contoh makanan cepat saji yang tidak sehat adalah kentang goreng, pizza, burger, ayam goreng, dan lain-lain.Meski memiliki cita rasa yang lezat, makanan yang termasuk junk food mengandung kalori tinggi dan hanya memiliki sedikit kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.Jika terlalu sering mengonsumsi junk food, Anda berisiko mengalami berbagai macam penyakit, seperti obesitas, diabetes tipe 2, gangguan pencernaan, dan lain-lain. 

5. Roti putih

Sering disajikan sebagai menu sarapan pagi, roti putih sebenarnya tergolong sebagai contoh makanan yang berbahaya bagi kesehatan jika sering dikonsumsi. Mengapa demikian?Roti putih terbuat dari karbohidrat olahan yang rendah dengan serat dan nutrisi penting lain.Para ahli pun percaya roti putih dapat menyebabkan kenaikan gula darah.Sebagai solusinya, Anda bisa mengganti roti putih dengan roti gandum utuh yang lebih menyehatkan karena lebih tinggi kandungan seratnya.

6. Kue dan makanan manis lainnya

Berbagai jenis kue, seperti kue kering, dapat menjadi contoh makanan tidak sehat apabila Anda berlebihan dalam mengonsumsinya.Terlebih lagi kue manis yang diproduksi dalam kemasan karena ini merupakan makanan tinggi gula olahan, tepung terigu olahan, serta tambahan lemak. Hal ini bahkan meningkatkan kadar lemak trans dalam tubuh.Meski rasanya memang sangat lezat, seringkali kue-kue manis kemasan tak memiliki nutrisi yang diperlukan tubuh, mengandung kalori yang tinggi, serta bahan pengawet.Alih-alih melahap kue dan makanan manis kemasan, Anda bisa mengonsumsi coklat hitam, buah segar, hingga yogurt Greek, sebagai camilan yang lebih sehat.

7. Minuman yang mengandung gula

Makanan tidak sehat seperti soda
Minuman bersoda dapat menimbun penyakit karena gulanya
Walau memang menyegarkan, Anda harus bisa mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kadar gula, seperti teh susu boba atau minuman kemasan.Sebab, asupan kadar gula yang tinggi telah dikaitkan dengan beragam penyakit. Misalnya, gula yang terlalu banyak masuk ke tubuh dapat menyebabkan resistensi insulin dan penyakit perlemakan hati.Gula juga dikaitkan sebagai faktor risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.Maka, air putih tetap menjadi minuman utama untuk mengusir rasa haus.Bawalah botol minum saat bepergian untuk mengurangi keinginan membeli minuman manis.Sebagai alternatif, perasan air lemon bisa Anda tambahkan untuk menambah kesegaran pada air putih.

8. Jus buah kemasan

Kata "buah" di minuman ini tak membuatnya sehat. Jus buah kemasan mungkin mengandung vitamin.Namun, para pakar telah mengungkapkan, jus buah yang dikonsumsi di atas 150 ml sama tidak sehatnya dengan minuman soda.Sebab, jus buah cenderung tinggi kalori serta memiliki kandungan serat yang sedikit.Untuk mendapatkan nutrisi dari buah-buahan, Anda lebih disarankan untuk mengonsumsinya langsung, alih-alih membuatnya menjadi jus atau membeli jus buah kemasan.

9. Mi instan

Lagi-lagi, serupa makanan cepat saji, mi instan adalah salah satu jenis makanan tidak sehat. Sebab, mi instan juga rendah akan zat gizi yang dibutuhkan tubuh, seperti serat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, kalsium, magnesium, dan kalium.Selain itu, satu bungkus mi instan mengandung kalori yang cukup besar, yaitu 350 kkal. Bila tidak berhati-hati, asupan kalori harian akan meningkat drastis dan membuat Anda berisiko kegemukan.Sebagai makanan tidak sehat, mi instan juga mengandung garam yang tinggi dan meningkatkan risiko hipertensi, stroke, kanker perut, dan penyakit jantung lainnya.Kandungan garam yang terlalu tinggi menyebabkan liver dan ginjal bekerja terlalu keras untuk mengeluarkan kadar natrium berlebih sehingga akan berdampak buruk pada kedua organ tersebut.

Catatan dari SehatQ

“Hidup untuk makan,” mungkin menjadi prinsip hidup Anda. Namun, jangan sampai moto tersebut membuat Anda mengonsumsi berbagai contoh makanan tidak sehat di atas.Pasalnya, makanan tidak sehat di atas dapat merusak tubuh dan mengundang beragam penyakit.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar makanan berbahaya lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatmakanan tidak sehathidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/20-foods-to-avoid-like-the-plague
Diakses pada 24 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/fruit-juice-is-just-as-bad-as-soda
Diakses pada 24 September 2019
Circulation. https://www.ahajournals.org/doi/full/10.1161/CIRCULATIONAHA.109.924977?url_ver=Z39.88-2003&rfr_id=ori%3Arid%3Acrossref.org&rfr_dat=cr_pub%3Dpubmed&
Diakses pada 14 Juni 2020
The American Heart Association. https://www.heart.org/en/healthy-living/go-red-get-fit/unhealthy-foods
Diakses pada 10 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ramen-noodles
Diakses pada 10 Agustus 2021
Fatsecret. https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/indomie
Diakses pada 10 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait