Sedang Program Hamil? Ketahui Khasiat Vitamin E untuk Kesuburan

Mengonsumsi vitamin E untuk kesuburan tidak boleh melebihi kadar 1000 mg dalam seharinya
Untuk pasangan yang sedang program hamil, mengonsumsi vitamin E dapat membantu meningkatkan kesuburan

Anda dan pasangan sedang berusaha untuk memiliki momongan namun tersandung masalah kesuburan? Anda bisa mencoba mengonsumsi vitamin E untuk kesuburan sebagai langkah cermat mengatasinya. Pasalnya, asupan vitamin E secara teratur dapat meningkatkan peluang kehamilan. 

Vitamin E dan Fungsinya

Vitamin E dikenal sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menangkis radikal bebas yang dapat membuat tubuh rentan terhadap masalah kesehatan tertentu. Vitamin ini juga berperan dalam ekspresi gen dan komunikasi antar sel, yang merupakan fungsi penting untuk proses kehamilan yang sehat.

Sebagai salah satu nutrisi penting, vitamin E dipercaya dapat memberikan manfaat untuk melawan toksin atau racun. Senyawa seperti timah, benzena, karbon tetraklorida, bahkan merkuri yang biasa kita temui di berbagai produk, dapat dilawan oleh asupan vitamin E. Kondisi tubuh yang senantiasa terjaga dari penyakit dan toksin dapat memengaruhi keseimbangan hormon secara positif, termasuk hormon-hormon yang menentukan kesuburan seseorang. 

Vitamin E untuk kesuburan pria

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mengonsumsi vitamin E untuk kesuburan pada pria:

  • Meningkatkan pergerakan sperma

Motilitas sperma adalah kemampuan sperma untuk bergerak. Motilitas sperma yang baik merupakan salah satu faktor penting yang dapat menentukan kehamilan terjadi. Pasalnya, sperma harus melintasi jarak tertentu untuk membuahi sel telur. Suatu jurnal penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Reproductive Biomedicine menyebutkan bahwa konsumsi vitamin E pada pria dapat membantu meningkatkan kemampuan gerakan sperma.

  • Meningkatkan jumlah sperma

Setiap 1 ml air mani yang dikeluarkan pria mengandung sekitar 15 juta sperma. Apabila jumlahnya terlalu sedikit maka dapat menyebabkan sulit hamil.

Masih dalam jurnal yang sama, disebutkan pula bahwa asupan suplemen vitamin E dapat meningkatkan kadar konsentrasi sperma. Salah satu penyebab paling umum ketidaksuburan pada pria adalah jumlah sperma yang rendah. Penurunan jumlah sperma paling umum disebabkan oleh infeksi dan kerusakan sel akibat gaya hidup tidak sehat seperti merokok. Vitamin E sebagai nutrisi yang esensial dapat melindungi Anda dari risiko tersebut. 

  • Meningkatkan gairah seks

Penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh, Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E. Peningkatan hormon ini dapat meningkatkan stamina dan libido pria. 

  • Membantu proses bayi tabung

Sperma yang berkualitas sangat dibutuhkan dalam proses pembuahan bayi tabung. Berkat kemampuan vitamin E yang dapat meningkatkan kualitas sperma, tingkat pembuahan dalam program bayi tabung yang diteliti oleh suatu jurnal mengalami peningkatan hingga 29%.

Vitamin E untuk kesuburan wanita

Berbeda dari pria, vitamin E untuk kesuburan wanita dapat berefek sebagai berikut:

  • Dapat menebalkan lapisan rahim

Lapisan rahim atau uterus yang tipis dapat menjadi faktor penyebab utama ketidaksuburan pada wanita. Dengan mengonsumsi vitamin E sebanyak 600 mg per harinya dapat meningkatkan aliran pada endometrium sehingga memberikan nutrisi yang cukup untuk mempersiapkan kehamilan.

Sebuah penelitian yang mengamati efek konsumsi vitamin E pada wanita hamil juga melaporkan bahwa suplemen vitamin E dapat meningkatkan keberhasilan implantasi atau penempelan hasil pembuahan di dinding rahim.

  • Mengobati penyakit payudara fibrokistik 

Payudara fibrokistik adalah kondisi di mana payudara memiliki tumor jinak yang akan membengkak dan terasa nyeri selama menstruasi berlangsung. Sebuah studi mengemukakan bahwa konsumsi vitamin sebanyak 600 mg per harinya dapat menyebabkan berkurangnya nyeri payudara pada wanita selama siklus menstruasi. 

  • Mengobati sindrom ovarium polikistik (PCOS)

PCOS adalah suatu kondisi umum yang memengaruhi hampir satu dari setiap sepuluh wanita. Sindrom ini menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan memperlambat laju metabolisme. PCOS mengakibatkan wanita menjadi sulit untuk hamil. Pada sebuah penelitian disebutkan bahwa pemberian antioksidan termasuk vitamin E menghasilkan tingkat kehamilan yang signifikan pada pasien yang diamati pada penelitian tersebut. 

  • Melindungi kantung ketuban

Ternyata vitamin E  juga baik untuk ibu yang sudah hamil. Vitamin E dapat menjaga kantung ketuban agar tidak mudah rusak sehingga meningkatkan risiko pecah ketuban sebelum waktunya persalinan. Kantung ketuban berfungsi untuk menampung air ketuban yang dapat melindungi janin di dalam rahim. 

Berapakah dosis Vitamin E untuk kesuburan bila Anda sedang program hamil?

Dosis yang ideal untuk asupan vitamin E adalah sekitar 500 hingga 1000 mg per harinya. Vitamin E untuk kesuburan tidak boleh melebihi kadar 1000 mg dalam seharinya. Konsumsi yang berlebihan dapat merusak ginjal.   Namun, dosis ini bukan merupakan jumlah mutlak, Anda harus berkonsultasi dahulu dengan dokter agar dokter dapat menyesuaikan dosis sesuai dengan kondisi Anda. 

Sumber vitamin E

Sebelum mengonsumsi suplemen vitamin E, sebaiknya Anda meningkatkan konsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin E berikut ini:

  • Sayur-sayuran berdaun hijau

Jenis sayur seperti kangkung, kol, bayam atau kale kaya akan vitamin E dan asam folat untuk kesuburan.

  • Kacang-kacangan 

Almond, biji bunga matahari, atau wijen adalah sumber makanan yang sarat akan vitamin E.

  • Alpukat

Alpukat telah terbukti menjadi salah satu buah yang paling sehat karena rendah lemak jenuh dan karbohidrat sekaligus kaya akan vitamin E.

  • Tomat

Tomat mengandung kadar vitamin E, K, zat besi, folat, dan potassium yang tinggi.

  • Pepaya

Satu buah pepaya dapat memberi Anda hampir 17% dari asupan harian vitamin E. 

  • Zaitun 

Buah zaitun adalah sumber luar vitamin E yang baik. Zaitun dapat memberi Anda 20% asupan harian vitamin E

  • Kiwi

Buah kiwi dikenal karena sumber vitamin C yang tinggi, tapi ternyata buah ini juga merupakan sumber vitamin E. Kiwi dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan juga kesuburan. 

Catatan dari SehatQ

Vitamin E dikenal sebagai salah satu antioksidan yang dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Selain itu, mencukupi kebutuhan vitamin E harian akan memengaruhi keseimbangan hormon, termasuk hormon yang berkaitan dengan kesuburan. 

Mengonsumsi vitamin E sebaiknya berasal dari makanan sehat. Konsultasikan pula dengan dokter untuk memastikan perlu atau tidak mengonsumsi suplemen vitamin E.

Fertility and Sterility. https://www.fertstert.org/article/S0015-0282(08)04783-3/abstract
Diakses pada 6 Mei 2020

Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2405844019363054
Diakses pada 6 Mei 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28847198
Diakses pada 6 Mei 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/2185569
Diakses pada 6 Mei 2020

IJRCOG. https://www.ijrcog.org/index.php/ijrcog/article/view/4489
Diakses pada 6 Mei 2020

Europe PMC. https://europepmc.org/article/pmc/pmc2723730
Diakses pada 6 Mei 2020

Parents. https://www.parents.com/getting-pregnant/fertility/best-vitamins-and-minerals-to-aid-conception/
Diakses pada 6 Mei 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5203687/
Diakses pada 6 Mei 2020

PLOS One. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0206504
Diakses pada 6 Mei 2020

MDPI. https://www.mdpi.com/2076-3921/8/4/89/htm#B45-antioxidants-08-00089
Diakses pada 6 Mei 2020

Artikel Terkait