Sedang Merencanakan Kehamilan? Coba Konsumsi Buah untuk Kesuburan Ini

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada apel membuatnya termasuk dalam daftar buah untuk kesuburan
Apel merupakan sumber zat besi yang penting untuk pasangan yang sedang merencanakan kehamilan

Ada banyak daftar makanan penguat kandungan hingga pantangan makanan ibu hamil, namun bagaimana dengan yang sedang merencanakan kehamilan? Selain menjaga pola makan agar tetap bernutrisi, ada beberapa buah untuk kesuburan yang bisa meningkatkan kemungkinan hamil.

Sekilas memang terlihat sederhana bagaimana proses konsepsi terjadi. Setiap bulannya, perempuan akan memasuki masa subur. Apabila sperma berhasil membuahi sel telur pada periode itu, maka kehamilan pun terjadi.

Namun di balik proses yang terlihat sederhana itu, ada banyak hal yang penting diperhitungkan. Salah satunya, apa saja yang dikonsumsi baik suami dan istri saat merencanakan kehamilan.

Pola makan dan hormon

Pola makan pasangan yang sedang merencanakan kehamilan bisa berpengaruh pada level hormon, kualitas sirkulasi darah, optimal tidaknya otak mengirim sinyal ke seluruh tubuh, dan banyak lagi. Semua ini berperan dalam aspek kesuburan individu.

Contohnya, ketika hormon estrogen atau progesteron tidak seimbang, maka siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Ketika hal ini terjadi, menghitung masa subur juga jadi lebih rumit.

Buah untuk kesuburan

Selain makanan, beberapa buah untuk kesuburan di antaranya:

1. Blueberry

Buah berwarna biru gelap ini tak hanya merupakan sumber antioksidan, tapi juga tinggi vitamin C, folat, dan serat. Artinya, blueberry berkhasiat sebagai buah untuk kesuburan baik untuk laki-laki maupun perempuan. Terlebih di lingkungan yang penuh dengan radikal bebas, antioksidan membantu menjaga sel reproduktif dari penurunan fungsinya.

2. Alpukat

Kandungan lemak alpukat termasuk yang paling tinggi dan sangat baik untuk kesehatan sel telur. Selain itu, alpukat juga memenuhi kebutuhan lemak tunggal tak jenuh, jenis lemak baik yang diperlukan tubuh terutama sistem reproduksi. Mengolahnya pun mudah, misalnya dibuat menjadi jus, isian sandwich, salad, atau olesan selai. 

3. Apel

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada apel membuatnya termasuk dalam daftar buah untuk kesuburan. Tak hanya itu, apel juga merupakan sumber zat besi yang penting untuk pasangan yang sedang merencanakan kehamilan.

Jika belum cukup, buah apel juga baik untuk melancarkan sistem pencernaan sekaligus mencegah konstipasi. Bagi yang bermasalah dengan nafsu makan, apel bisa jadi solusi untuk mengembalikan nafsu makan jadi normal kembali.

4. Pear

Pear termasuk buah untuk kesuburan karena kandungan anti-peradangan yang tinggi. Selain itu, kandungan zat besi yang tinggi pada pear juga mencegah kerusakan sel telur. 

5. Stroberi

Masih soal antioksidan, stroberi juga termasuk buah untuk kesuburan yang memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C, betakaroten, dan antosianin. Buah berwarna merah ini juga berkhasiat dalam memastikan sel telur berkembang dengan sehat. Selama tidak ada reaksi alergi atau keluhan pencernaan, stroberi aman dikonsumsi setiap hari.

6. Plum

Kandungan potasium dalam plum juga membuatnya layak masuk dalam daftar buah untuk kesuburan. Potasium dapat mencegah cacat lahir di otak dan tulang belakang. Namun konsumsi plum perlu diperhatikan terutama bagi individu yang menderita diabetes atau risiko obesitas.

7. Peach

Buah untuk kesuburan berikutnya adalah peach yang kaya akan asam nikotinat, vitamin C, dan juga potasium. Kombinasi kandungan dalam buah peach ini membantu produksi folikel penghasil sel telur matang. Tak hanya itu, peach juga memperkuat tulang dan meningkatkan daya tahan tubuh.

8. Pisang

Potasium yang tinggi dalam pisang meningkatkan kesuburan baik pada laki-laki maupun perempuan. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan energi dan kekebalan tubuh serta memberikan suplai mineral dan nutrisi yang diperlukan.

Tak hanya itu, konsumsi pisang juga meningkatkan produksi serotonin yang merupakan hormon kebahagiaan. Buah untuk kesuburan yang satu ini juga bisa mengusir stres atau mood buruk yang bisa berpengaruh terhadap kemungkinan seseorang untuk hamil.

9. Jeruk bali

Kaya vitamin C sama seperti buah jeruk dan grapefruit, jeruk bali juga kaya akan potasium, kalsium, dan vitamin B. Kombinasi ini bisa membantu seseorang berhasil hamil dengan membuat ovulasi lebih teratur serta menciptakan lingkungan yang sehat untuk sel telur.

10. Semangka

Buah kaya air, semangka, juga bisa memberikan suplai glutathione. Ini adalah jenis antioksidan penting yang sangat penting bagi kualitas sel telur. Tak hanya itu, semangka juga bisa membantu tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari.

Selain buah untuk kesuburan, tentu pasangan yang sedang merencanakan kehamilan perlu menjalankan gaya hidup sehat. Dengan memberikan tubuh asupan nutrisi sesuai kebutuhan serta mengupayakan keseimbangan hormon, diharapkan dua garis merah di testpack jadi hadiah manis kemudian.

Parents. https://www.parents.com/getting-pregnant/fertility/what-to-eat-to-get-pregnant/
Diakses 25 Februari 2020

Motherly. https://www.mother.ly/lifestyle/7-best-foods-boost-fertility
Diakses 25 Februari 2020

The Bump. https://www.thebump.com/a/10-fertility-boosting-foods-to-help-you-get-pregnant
Diakses 25 Februari 2020

Artikel Terkait