Sedang Mencari Vitamin Rambut? Ini Kandungan yang Sebaiknya Anda Pilih

Vitamin rambut dapat membuat rambut terasa lebih halus, tebal, dan berkilau
Vitamin rambut mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut

Memiliki rambut yang tebal, halus, dan berkilau tentu menjadi keinginan banyak orang. Tak heran jika ada orang yang melakukan berbagai perawatan rambut agar terlihat semakin mempesona.

Salah satu bentuk dari perawatan rambut tersebut adalah menggunakan vitamin rambut secara rutin. Vitamin tersebut dipercaya dapat memberikan berbagai dampak positif pada rambut, mulai dari mengencangkan, meluruskan, hingga membuatnya berkilau. 

Pilihan kandungan vitamin rambut

Sama dengan bagian tubuh yang lain, rambut juga membutuhkan beragam nutrisi agar senantiasa sehat dan tumbuh dengan kuat. Rambut yang kurang nutrisi seringkali dikaitkan dengan kerontokan dan kerusakan rambut. Oleh sebab itu, beberapa vitamin ini muncul sebagai solusi untuk membentuk rambut yang sehat dan kuat. Beberapa kandungan vitamin rambut yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Vitamin A

Semua sel tubuh, termasuk rambut, membutuhkan vitamin A untuk menunjang pertumbuhannya. Selain itu, vitamin A juga dapat membantu kelenjar kulit menghasilkan zat berminyak (sebum) yang dapat melembapkan kulit kepala dan menjaga kesehatan rambut. 

Tak hanya dengan mengaplikasikan vitamin rambut yang mengandung vitamin A. Anda juga bisa mendapatkan vitamin A dari makanan yang Anda konsumsi. Beberapa makanan yang mengandung vitamin A, yakni ubi jalar, wortel, labu, bayam, kangkung, susu, telur, yogurt, dan minyak hati ikan kod. Meski baik bagi kesehatan, pastikan Anda tidak mengonsumsinya makanan tersebut secara berlebihan.

  • Vitamin B

Salah satu jenis vitamin B, yakni biotin, disebut sebagai salah satu vitamin yang sangat baik bagi pertumbuhan rambut. Tidak hanya biotin, vitamin B lainnya juga dapat membantu menghasilkan sel darah merah yang bertugas membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala serta folikel rambut. 

Vitamin rambut yang mengandung vitamin B dapat Anda gunakan untuk membuat rambut tumbuh dengan sehat dan kuat. Selain itu, beberapa makanan, seperti biji-bijian, kacang almond, daging, ikan, makanan laut, dan sayuran hijau, juga mengandung vitamin B yang dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut.

  • Vitamin C

Radikal bebas dapat menghambat pertumbuhan rambut dan menyebabkan kerusakan. Vitamin C muncul sebagai solusi karena mampu menjadi antioksidan kuat, yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Selain itu, vitamin ini juga dapat memproduksi protein yang disebut kolagen, yaitu bagian penting dari struktur rambut. Anda dapat memilih vitamin rambut yang mengandung vitamin C, agar rambut Anda tetap terjaga dan terlindungi. Anda juga bisa mendapatkan vitamin C dari makanan tertentu yang Anda konsumsi, seperti stroberi, paprika, jambu biji, dan buah jeruk.

  • Vitamin D

Sebuah tinjauan studi pada tahun 2019 menemukan beberapa keterkaitan antara kekurangan vitamin D dan alopecia areata (kerontokan rambut parah). Di samping itu, ada sedikit bukti yang menunjukkan jika vitamin D dapat mendorong pertumbuhan rambut kembali. 

Selain menggunakan vitamin rambut yang mengandung vitamin D, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari beberapa makanan yang Anda konsumsi, seperti ikan, jamur, biji-bijian, jus jeruk yang difortifikasi, dan susu rendah lemak. Paparan sinar matahari juga dapat membantu karena tubuh menghasilkan vitamin D. 

  • Vitamin E

Sama halnya dengan vitamin C, vitamin E juga merupakan antioksidan yang dapat mencegah stres oksidatif. Vitamin ini dapat membantu mengurangi kerontokan, mendorong pertumbuhannya, dan membuat rambut tetap sehat. 

Terdapat berbagai produk vitamin rambut yang mengandung vitamin E sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah. Di samping itu, beberapa asupan seperti almond, bayam, alpukat, dan biji bunga matahari juga mengandung vitamin E yang sama baiknya untuk menunjang kesehatan rambut.

Produk-produk vitamin rambut yang dijual di pasaran seringkali mengkombinasikan beberapa kandungan vitamin tersebut. Selain itu, kandungan nutrisi lain yang mungkin terdapat dalam vitamin rambut, yaitu zinc, keratin, zat besi, dan lainnya.

Ketika Anda mengaplikasikannya pada rambut, kandungan-kandungan tersebut dapat menutrisi rambut untuk menjadikannya lebih sehat, kuat, dan berkilau. Namun, pastikan produk vitamin rambut yang dipakai cocok untuk rambut Anda. 

Jika tidak cocok, bisa saja yang terjadi malah sebaliknya, yaitu kondisi rambut Anda malah menjadi kering, rapuh, rusak, atau rontok. Bila Anda menemui masalah tersebut, sebaiknya segera hentikan penggunaan vitamin rambut yang sedang digunakan dan segera konsultasikan ke dokter.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318403#1
Diakses pada 26 Februari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-vitamins-hair-growth#section7
Diakses pada 26 Februari 2020

Artikel Terkait